fbpx
BerandaKesehatan Lainnya5 Penyebab Jerawat di Jidat dan Cara Mengatasinya

Munculnya jerawat bisa mengurangi kepercayaan diri pada sebagian orang. Jerawat atau acne merupakan salah satu masalah kulit paling umum yang terjadi akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Jerawat sendiri punya berbagai macam tipe, dan lebih sering muncul pada orang-orang yang punya tipe kulit berminyak.

penyebab-jerawat-di-jidat

Jerawat bisa muncul di banyak bagian tubuh. Salah satu area yang paling rentan muncul jerawat adalah jidat (area t-zone). Lalu, apa sih penyebab munculnya jerawat di jidat? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal jerawat

penyebab-jerawat-di-jidat

Pori-pori yang tersumbat oleh minyak, bakteri, sel kulit mati, dan kotoran akan menyebabkan munculnya jerawat. Jerawat merupakan masalah kulit paling umum, yang dapat menyerang siapa saja, baik tua maupun muda.

Meski jerawat bukanlah masalah kulit yang berbahaya, kemunculannya seringkali disertai rasa nyeri. Pada banyak kasus, jerawat juga menyebabkan bekas luka (hiperpigmentasi, keloid, icepick scars atau yang dikenal dengan bopeng). Ciri-ciri jerawat tergantung dari jenisnya, seperti dilansir dari Mayo Clinic.

  • Komedo putih (pori-pori tertutup)
  • Komedo hitam (pori-pori terbuka)
  • Jerawat pustula (memiliki nanah)
  • Jerawat kistik (benjolan berisi nanah di bawah kulit)
  • Jerawat nodul (benjolan besar, padat, nyeri di bawah kulit)

Nah, biasanya jerawat lebih rentan muncul pada tipe kulit berminyak, Jovians. Karena, pori-pori dan folikel rambut akan lebih mudah tersumbat akibat sebum berlebih. Saat jerawat tumbuh, dibutuhkan waktu beberapa hari hingga minggu untuk sembuh. Memencet atau memecah jerawat bisa menimbulkan luka, jadi hindari kebiasaan ini ya, Jovians.

Penyebab jerawat di jidat

penyebab-jerawat-di jidat

Penyebab utama munculnya jerawat dikarenakan adanya penyumbatan pori-pori oleh sebum, sel kulit mati, dan kotoran yang menumpuk. Karena penumpukan ini, bakteri akan berkembang dan menyebabkan infeksi.

Beberapa hal yang menyebabkan produksi sebum berlebih meliputi:

  • Hormon
  • Stres
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Penggunaan make-up berbahan dasar minyak
  • Konsumsi makanan tinggi gula

Untuk jerawat di jidat, beberapa hal ini dapat menjadi penyebab. Di antaranya:

1. Pubertas

Banyak orang yang mendapatkan jerawat selama masa pubertas. Lonjakan hormon pada masa pubertas meningkatkan produksi minyak, yang jadi penyebab jerawat. Jidat adalah salah satu area wajah paling umum yang sering muncul jerawat pada masa ini. Karena, di bagian ini terdapat banyak sekali kelenjar minyak.

2. Produk perawatan rambut

Rambutmu juga bisa jadi sumber penyebab jerawat di jidat. Jika kamu tidak rutin mencuci rambut, terlebih jika kamu punya tipe rambut berminyak, minyak di kulit kepala bisa mengenai jidat dan menyumbat pori-pori. Sumbatan minyak atau sebum di pori-pori atau folikel rambut akan memicu infeksi jerawat.

Selain itu, jerawat juga bisa muncul akibat produk perawatan rambut yang kamu gunakan. Ada banyak produk rambut yang menyebabkan jerawat, termasuk:

  • Pomade
  • Minyak rambut
  • Gel rambut

Produk-produk ini sering mengandung bahan-bahan seperti cocoa butter atau minyak kelapa. Bahan-bahan ini bisa membuat kulit jadi ekstra berminyak.

3. Pakaian atau make-up

Iritasi akibat bahan pakaian dan riasan make-up juga bisa menjadi penyebab jerawat di dahi. Kamu bisa alami jerawat saat menggunakan skincare atau make-up berbahan dasar minyak, atau jika kamu menggunakan topi atau ikat kepala yang mengiritasi kulit di area jidat.

4. Kebiasaan menyentuh wajah

Tangan merupakan tempat bersarangnya bakteri, virus, debu, dan kotoran. Sehingga, tangan dapat menjadi media penularan penyakit, salah satunya COVID-19. Sering menyentuh wajah bisa menyebabkan jerawat. Bakteri dan minyak di tangan dapat berpindah ke kulit wajah, yang berpotensi sebabkan jerawat.

5. Makanan tinggi gula dan produk susu

Susu sapi merupakan minuman rendah glikemik, dan beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi susu jenis ini dapat terkait dengan meningkatnya pertumbuhan jerawat. Meski susu cenderung punya kadar gula rendah, susu sapi mengandung komponen yang dapat meningkatkan hormon androgen. Tingginya kadar hormon inilah yang memicu produksi sebum berlebih.

Tak hanya susu sapi, makanan tinggi gula juga terbukti meningkatkan hormon androgen yang berpengaruh pada produksi sebum.

Baca juga: 7 Cara Mencegah dan Mengobati Jerawat

Cara mengatasi jerawat di jidat

penyebab-jerawat-di-jidat

Mengatasi jerawat di jidat bisa dimulai dengan perawatan kulit dan kebiasaan pola hidup yang baik. Bersihkan wajah dua kali sehari dengan produk sabun wajah yang lembut. Hal ini akan membantu mengangkat kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah. Berikut ini beberapa cara mengatasi jerawat yang bisa kamu coba di rumah.

1. Obat OTC

Kamu bisa menggunakan obat OTC (over-the-counter) untuk mengatasi jerawat di jidat. Obat salep jerawat yang mengandung salycid acid atau benzoyl peroxide bisa didapatkan di apotek terdekat, untuk mengatasi jerawat ringan sampai sedang. Sedangkan, pada jerawat derajat berat, kamu mungkin memerlukan antibiotik oles ataupun minum.

Perlu diperhatikan, gunakan obat sesuai dosis untuk meminimalisir efek samping. Ikuti aturan pakai dan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Kamu juga bisa gunakan skincare yang punya kandungan bahan di atas untuk bantu atasi jerawat, seperti Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc (Rp136.122).

2. Bahan alami

Bahan-bahan alami telah lama digunakan untuk membantu mengatasi jerawat ringan. Bahan-bahan ini termasuk:

  • Aloe vera
  • Ekstrak green tea
  • Tea tree oil

3. Pola makan sehat

Sejumlah makanan tertentu seperti susu dapat menyebabkan jerawat. Perbanyak konsumsi probiotik, yang membantu memperbaiki kondisi jerawat. Sejumlah sayur dan buah-buahan seperti wortel, alpukat, dan apel juga bisa membantu merawat jerawat.

Jangan menyentuh apalagi memencet jerawat. Tak hanya akan bertambah parah, jerawat juga dapat menyebar ke area kulit lainnya. Demikianlah penjelasan mengenai penyebab jerawat di jidat berikut cara mengatasinya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Baca juga: Apakah Vitamin C Dapat Mengobati Jerawat?

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

pakai-koyo-saat-hamil

Bolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Kesehatan Lainnya   29/08/2022
ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Seperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Kesehatan Lainnya   26/08/2022
sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   24/08/2022
mimisan-saat-hamil

Sering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   23/08/2022
toxic-relationship-adalah

Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Kesehatan Lainnya   22/08/2022