fbpx
BerandaKesehatan Lainnya6 Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa

Ketika berpuasa, banyak dari kita yang mengalami masalah pada gigi dan mulut. Konsumsi makanan manis secara berlebihan (terutama ketika berbuka puasa), merokok, kurang konsumsi air putih, dan ritme membersihkan gigi dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi gigi dan mulut saat puasa. Biasanya masalah yang timbul adalah bau mulut yang tidak sedap dan sariawan, hingga masalah gigi berlubang.

6 TIPS MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT SAAT PUASA

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa? Yuk simak 6 tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Saat Puasa

Saat puasa, terkadang mulut akan memunculkan bau tidak sedap yang cukup mengganggu. Ada beberapa cara mengatasi hal ini, yang sekaligus menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Ketika berpuasa, terkadang kita sering mengalami dehidrasi. Biasanya dehidrasi terjadi akibat kurangnya konsumsi air putih sebelum berpuasa atau setelah berbuka puasa. Dehidrasi dapat menyebabkan bau mulut atau halitosis, sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi air putih yang cukup saat berpuasa. Selain itu, hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein dan garam berlebih agar tidak terjadi dehidrasi ketika berpuasa.

2. Sikat Gigi dan Flossing

Sikat gigi adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Minimal sikat gigi dilakukan dua kali sehari. Saat ramadhan, sebaiknya sikat gigi dilakukan saat sebelum tidur dan setelah sahur. Menurut jurnal Natural Science, Biology, and Medicine kebersihan mulut merupakan salah satu langkah untuk menghindari bau mulut (halitosis).

Setelah menyikat gigi, jangan lupa untuk flossing sekali sehari ya Jovians. Flossing dapat menghilangkan plak dan bakteri dari sela-sela gigi, yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Ini juga dapat membantu mencegah bau mulut dengan menghilangkan kotoran dan makanan yang terperangkap di antara gigi.

3. Hindari Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Manis

Terlalu banyak konsumsi makanan manis dapat merusak gigi dan sulit dibersihkan ketika sikat gigi. Timbulnya lubang pada gigi dapat menyebabkan bau dan membuat gigi merasa nyeri. Di sisi lain, mengonsumsi gula dapat memicu radang gusi. Inilah sebabnya mengapa anak kecil dilarang terlalu banyak makan camilan manis, Jovians. Begitu pula saat puasa, hindari jajanan manis saat berbuka akan bantu menghindari kamu dari masalah penyakit gigi.

4. Hindari Perilaku Merokok

Tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa berikutnya adalah menghindari rokok. Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk pada gigi dan mulut seperti bau mulut, penyakit periodontal, perubahan warna gigi, dan peningkatan penimbunan plak gigi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, orang yang merokok memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit gigi dan mulut.

5. Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur akan membantu kamu dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan kalsium dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dari infeksi. Asupan kalsium dan vitamin C juga bisa kamu dapatkan melalui suplemen tambahan, seperti Bio Calci 72 (Rp68.950).

6. Gunakan Obat Kumur

Menggunakan obat kumur bisa jadi cara agar tidak bau mulut saat puasa. Selain membuat mulut terasa lebih segar, kandungan anti bakteri yang terdapat dalam obat kumur juga membantu mengontrol plak dan mencegah radang gusi.

7. Jangan Lupa Sikat Lidahmu

Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah bisa menjadi sarang bagi bakteri yang menyebabkan bau mulut. Untuk menghilangkannya, sikat lidahmu dengan penyikat lidah atau dengan sikat gigi yang lembut.

Penyikat lidah dirancang khusus untuk berikan tekanan yang merata di seluruh permukaan area lidah. Tekanan ini akan mengikis bakteri, sisa makanan, dan sel-sel mati dari lidah yang tidak bisa dilakukan oleh sikat gigi. Dengan rutin menyikat lidah, kamu bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa sekaligus mencegah bau mulut.

8. Periksakan Gigi dan Mulut Secara Berkala Ke Dokter Gigi

Memeriksakan diri secara berkala ke dokter gigi dapat membantu kamu merawat kesehatan gigi dan mulut. Hal ini karena jika terdapat penyakit pada gigi dan mulut kamu, akan lebih mudah untuk mengetahuinya dan segera mendapat penanganan lebih lanjut.

Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen INTERLAC PRO D TABLET HISAP – Tablet Probiotik Untuk Kesehatan Rongga Mulut dan Tenggorokan (Rp406.000) untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Itulah 8 tips menjaga kesehatan gigi dan mulut saat puasa. Periksakan kesehatan gigi dan mulut secara berkala untuk menghindari masalah kesehatan gigi dan mulut yang tidak terdeteksi.

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022
bahaya-klorin-di-pembalut

Ketahui Bahaya Klorin pada Pembalut Wanita

Kesehatan Lainnya   25/06/2022
bahaya-lsd

Kenali Bahaya LSD, Narkotika Penyebab Halusinasi

Kesehatan Lainnya   24/06/2022