fbpx
Beranda › Kesehatan Lainnya › Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya

Jerawat adalah hal yang sangat sering terjadi, terutama jika kamu memiliki riwayat jerawat hormonal. Munculnya jerawat mungkin membuat kamu merasa tidak nyaman, karena selain terasa sakit dan mengganggu, jerawat juga dapat membuat kamu tidak percaya diri. Salah satu area wajah yang paling sering timbul jerawat adalah dagu. Beberapa orang percaya munculnya jerawat di dagu menandakan suatu masalah kesehatan yang serius. Lantas, apa penyebab jerawat di dagu?

penyebab-jerawat-di-dagu

Menurut Mayo Clinic, jerawat adalah suatu masalah kulit yang muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Tergantung pada tingkat keparahannya, jerawat dapat menyebabkan stres dan bekas luka pada kulit.

Tidak ada perbedaan antara jerawat di dagu dengan jerawat di bagian tubuh lainnya. Jerawat dapat muncul saat minyak menjebak sel kulit mati atau kotoran lain dalam satu atau lebih pori-pori pada kulit. Jerawat termasuk dalam masalah kulit ringan dan biasanya tidak berbahaya.

Penyebab Jerawat di Dagu

Penyebab jerawat di dagu bervariasi, tetapi biasanya jerawat yang muncul disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon pada tubuh. Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab jerawat di dagu:

1. Ketidakseimbangan Hormon

Amy Kassouf, seorang dermatologi, dikutip dari Cleveland Clinic, menjelaskan bahwa area rahang dan dagu pada wajah cukup sensitif terhadap perubahan hormon. Pada wanita, jerawat di dagu mungkin akan lebih sering muncul selama siklus menstruasi. Dibandingkan dengan jerawat di area T-zone, jerawat di dagu biasanya cenderung lebih dalam, besar, dan meradang.

Jerawat di dagu dan rahang yang disebabkan oleh fluktuasi hormon terjadi akibat kelebihan hormon androgen, hormon yang merangsang kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih sehingga menyumbat pori-pori. Di sisi lain, beberapa peneliti percaya bahwa kesehatan usus juga mempengaruhi jerawat karena dapat mengubah kadar hormon.

2. Rosacea

Dalam beberapa kasus, bisa saja jerawat yang muncul di dagu bukanlah jerawat, melainkan rosacea. Rosacea adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan kulit kemerahan dan titik-titik merah pada wajah yang menyerupai jerawat. Kondisi kulit ini sering muncul di antara usia 30 dan 50 tahun. Selain itu, wanita juga diketahui cenderung lebih berisiko mengalami rosacea daripada pria. Menurut Healthline, ciri-ciri rosacea yang menyerupai jerawat adalah:

  • Munculnya jerawat ‘palsu’ dengan warna kulit yang sangat merah
  • Kulit menjadi berminyak dan sensitif
  • Pembuluh darah pecah yang terlihat
  • Kulit mengelupas

Hingga saat ini, penyebab pasti dari rosacea belum dapat dipastikan. Jika kamu mengalami gejala di atas, kamu dapat lakukan konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan dan obat yang tepat.

3. Sering Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah sebetulnya bukanlah hal utama yang menjadi penyebab dari munculnya jerawat di dagu. Namun, kamu pasti sudah tahu bahwa tangan adalah sarang kuman dan bakteri. Losion atau krim di tangan kamu juga dapat mengiritasi kulit wajah, yang menyebabkan reaksi alergi dan jerawat.

Sebaiknya, biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Selain menghindari munculnya jerawat, kamu juga bisa menghindari penyebaran virus dan penyakit.

4. Skin care yang Terlalu Keras atau Tidak Cocok

Skin care yang mengandung bahan aktif seperti retinol, AHA, BHA, dan salicylic acid dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Jika kamu terlalu banyak menggunakan atau sensitif terhadap skin care dengan bahan-bahan ini, kulit wajah dapat mengalami iritasi dan memunculkan jerawat sebagai reaksi.

Selain produk skin care, produk perawatan rambut dan make up juga dapat memicu timbulnya jerawat di dagu. Oleh sebab itu, pastikan untuk membersihkan alat make up dan wajah dengan baik.

5. Obat Kontrasepsi

Seperti yang telah dijelaskan di atas, munculnya jerawat di dagu artinya telah terjadi penyumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Berhenti mengonsumsi obat kontrasepsi atau pil KB menekan hormon testosteron dalam tubuh, sehingga ketika kamu berhenti mengonsumsinya, lonjakan pada hormon androgen dapat terjadi dan menyebabkan munculnya jerawat.

Selain 5 hal di atas, penyebab utama munculnya jerawat yang lain adalah:

– Banyaknya kulit mati yang menyumbat pori-pori kelenjar pilosebasea.

– Produksi minyak jerawat (sebum) yang berlebihan.

– Pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes

Pengobatan dan Perawatan pada Jerawat

Tergantung pada tingkat keparahannya, ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah dan mengobati jerawat. Berikut tips untuk mengobati dan mencegah jerawat di dagu yang dapat kamu lakukan:

1. Bersihkan wajah dengan baik

Perawatan jerawat dapat dimulai dengan wajah yang bersih. Cuci wajah dengan lembut dua kali sehari menggunakan pembersih wajah yang lembut. Hindari penggunaan scrub wajah untuk sementara waktu agar jerawat tidak bertambah parah.

Selain menjaga kulit wajah tetap bersih, hindari juga menyentuh atau memencet jerawat karena akan menyebabkan iritasi pada jerawat semakin buruk.

2. Gunakan produk perawatan berbahan dasar air

Hindari penggunaan produk make up, perawatan kulit, dan perawatan rambut yang berbahan dasar minyak. Sebaiknya kamu menggunakan produk yang memiliki label non-komedogenik, berbahan dasar air, bebas minyak, atau ‘tidak menyumbat pori-pori’.

3. Periksakan Diri ke Dokter Kulit

Jika kamu sudah merasa tidak nyaman dengan jerawat yang terus muncul, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter kulit untuk dapatkan obat dan penanganan yang tepat. Beberapa dokter kulit mungkin akan meresepkan antibiotik atau menyarankan prosedur laser wajah untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Itulah sejumlah penyebab jerawat di dagu dan cara mengatasinya. Selain cara-cara di atas, kamu juga dapat menjaga kesehatan kulit dan mengatasi jerawat dari dalam dengan mengonsumsi suplemen kulit seperti Frozen Collagen 2 in 1 (Rp86.100) yang dapat dibeli di Jovee. Noera Collagen adalah minuman kolagen yang mengandung glutathione dengan antioksidan tinggi, sehingga dapat membantu mengatasi jerawat.

Temukan juga suplemen kulit lainnya seperti Blackmores Evening Primrose Oil, Wellness Natural Vitamin E, dan Noera Collagen Drink hanya di Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store dan ikuti kuisnya untuk dapatkan rekomendasi suplemen personalmu. Dapatkan beragam vitamin, dari A hingga Z(inc) hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hatha yoga untuk kecantikan

Manfaat Hatha Yoga untuk Kecantikan dan Kesehatan Perempuan

Kesehatan Lainnya   18/12/2023
cara cepat hamil setelah menikah

Cara Cepat Hamil Setelah Menikah

Kesehatan Lainnya   14/12/2023

Penyebab Menguap dan Fakta-fakta yang Menarik Diketahui

Kesehatan Lainnya   11/12/2023
manfaat daun binahong merah untuk wajah

Mengenal Manfaat Daun Binahong Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/11/2023
efek bleaching rambut

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Efek Bleaching Rambut

Kesehatan Lainnya   26/11/2023