fbpx
BerandaGaya Hidup SehatBagaimana Caranya Membuat Anak Mau Memakai Masker?

Selama masa pandemi Covid-19, upaya pencegahan terbaik untuk anak adalah menjaganya tetap di rumah. Namun terkadang, orang tua dihadapkan dengan keadaan di mana mereka terpaksa membawa si kecil keluar rumah. Belum lagi, rencana pemerintah yang akan kembali melaksanakan kegiatan belajar di sekolah. Makanya, orang tua perlu membiasakan penggunaan masker pada anak untuk mencegah penularan penyakit.

Bagaimana Caranya Membuat Anak Mau Memakai Masker?

Sayangnya, anak-anak kerap tidak betah ketika menggunakan masker. Lantas, bagaimana caranya membuat si kecil mau pakai masker? Simak 5 tips di bawah ini.

1. Jelaskan tetapi jangan sampai menakutinya

Berapapun usianya, Anda perlu mengedukasi anak tentang pentingnya penggunaan masker di masa pandemi ini. Jelaskan dengan singkat dan bahasa yang sederhana sesuai usianya, tidak perlu terlalu detail, serta to-the-point.

Tekankan bahwa memakai masker akan melindungi mereka dan orang-orang di sekitarnya dari penularan penyakit. Jangan melebih-lebihkan, justru gunakan kesempatan ini untuk mengajarkan mereka konsep empati dan altruisme.

Jika setelah dijelaskan anak jadi merasa takut, jangan langsung memarahinya. Dengarkan dulu alasannya, kemudian tenangkan mereka dan yakinkan anak bahwa penggunaan masker adalah salah satu upaya untuk menjaga tubuh tetap sehat selama pandemi.

2. Ajak anak memilih maskernya sendiri

Saat membeli masker kain untuk anak, persilahkan ia untuk memilih motif masker untuk dirinya. Sama halnya ketika Anda membuat masker kain sendiri, libatkan anak dalam proses pembuatannya. Biarkan mereka memilih jenis kain dan menggambar motifnya.

Namun, bagaimana caranya kalau Anda sudah terlanjur membeli masker untuk anak? Anda bisa mengakalinya dengan mengajak anak mendekorasi masker tersebut, misalnya menulis namanya. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kepemilikan, yang akhirnya memunculkan kesadaran untuk memakai masker.

3. Latihan di rumah

Bagi sebagian anak, memakai masker merupakan pengalaman yang baru. Maka tidaklah heran kalau mereka mengeluh gatal, gerah, dan tidak bisa bernapas. Hal inilah yang membuat mereka tidak suka menggunakan masker.

Orang tua bisa menyiasatinya dengan melakukan latihan di rumah. Mintalah anak untuk memakai masker selama 30 menit. Ajarkan mereka tata cara memakai masker dengan baik dan aman. Ingatkan juga agar ia tidak menyentuh masker jika sudah digunakan. Setelah itu, tanyakan bagaimana rasanya memakai masker tersebut. Pastikan juga masker sudah menutupi hidung serta dagu anak dengan sempurna, jangan sampai terlalu besar ataupun kecil.

4. Jadilah contoh untuk anak

Anak-anak selalu meniru perilaku dan ucapan orang tua. Makanya, Anda perlu mencontohkan penggunaan masker yang benar pada anak. Biarkan ia melihat langsung kalau mereka bisa tetap beraktivitas dan bicara dengan nyaman saat memakai masker, asalkan bahan dan ukurannya pas.

“Membuat anak mau memakai masker memang bukan pekerjaan mudah. Usahakan kita menjadi contoh yang baik untuk anak. Bila perlu, pilihkan masker untuk anak yang memiliki corak favoritnya.” tambah dr. Falla Adinda, tim dokter Jovee.

5. Berikan hadiah

Apabila Anda masih merasa sulit membuat anak memakai masker, cobalah bujuk mereka dengan hadiah. Terkadang, anak-anak akan melakukan sesuatu ketika diiming-imingi dengan hadiah. Misalnya, Anda menantang mereka untuk beraktivitas di rumah dengan menggunakan masker selama 30 menit. Jika berhasil, mereka akan diperbolehkan makan es krim atau mendapat waktu tambahan nonton acara televisi favoritnya.

Permainan tantangan ini sebenarnya membuat proses adaptasi menjadi lebih menyenangkan, sekaligus menciptakan sistem yang positif bagi anak. Pilihlah hadiah atau reward yang disukai anak untuk membangun motivasinya.

Hal yang perlu diingat orang tua bahwa jangan pernah sesekali memaksa anak. Masker mungkin membuat anak jadi tidak nyaman sehingga mereka malas dan enggan memakainya. Kalau begini, orang tua hanya bisa terus membangun kesadaran anak dan menciptakan kebiasaan pentingnya memakai masker.

Selain itu, berikan juga vitamin daya tahan tubuh anak agar anak tak mudah terserang penyakit, terutama di masa pandemi. Blackmores Koala Kids Body Shield (Rp185.682) dapat jadi piihan tepat untuk jaga dayan tubuh, dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk imunitas anak. Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gejala-kanker-ovarium

Kanker Ovarium: Pahami Gejala dan Penyebabnya

Gaya Hidup Sehat   23/11/2022
infeksi-superbug

Infeksi Superbug: Bakteri Super yang Kebal Antibiotik

Gaya Hidup Sehat   16/11/2022
dampak-resistensi-antibiotik

Dampak Resistensi Antibiotik: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah

Gaya Hidup Sehat   15/11/2022
manfaat-deep-talk

Perkuat Hubungan, Ini 5 Manfaat Deep Talk

Gaya Hidup Sehat   08/11/2022
manfaat-meditasi-pernapasan

Kurangi Stres, Kenali Beragam Manfaat Meditasi Pernapasan

Gaya Hidup Sehat   07/11/2022