fbpx
BerandaKesehatan KulitBaik untuk Jerawat, Apa Itu Benzoyl Peroxide Acne?

Pernah mendengar benzoyl peroxide acne? Benzoyl peroxide acne terkenal sebagai bahan aktif yang efektif mengatasi jerawat. Tersedia dalam bentuk gel OTC (over the counter), sabun cuci muka, dan lainnya, bahan ini hadir dalam konsentrasi berbeda untuk perawatan jerawat.

benzoyl-peroxide-acne

Meski dinilai baik untuk merawat jerawat ringan hingga sedang, bagaimana cara kerja hingga aturan pakai benzoyl peroxide?

Mengenal Benzoyl Peroxide Acne

Benzoyl peroxide adalah obat luar yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Bahan ini merupakan bahan yang umum ditemukan dalam kandungan obat jerawat. Selain obat OTC, benzoyl peroxide juga dapat dikombinasi dengan bahan lainnya. Namun, kombinasi obat jerawat ini hanya bisa didapat melalui resep dokter.

Benzoyl peroxide merupakan bahan anti bakteri, yang dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat. Saat dioleskan ke kulit, benzoyl peroxide acne akan bekerja melawan Propionibacterium acnes, yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bahan ini juga membantu menurunkan produksi sebum, sehingga jerawat dapat dicegah.

Tak seperti perawatan jerawat lainnya, benzoyl peroxide tidak menyebabkan resistensi antibiotik. Bahan ini juga umum ditemukan dalam produk pemutih gigi, dengan konsentrasi yang lebih tinggi dengan fungsi mencerahkan.

Di pasaran, produk OTC benzoyl peroxide acne umumnya dijual dengan kandungan konsentrasi 2.5 persen, 5 persen, dan 10 persen.

Aturan Pakai Benzoyl Peroxide

Tergantung pada jenis produk dan tingkat konsentrasi yang terkandung, cara menggunakan benzoyl peroxide untuk jerawat dapat berbeda-beda. Aturan umum dari penggunaan bahan ini adalah dua hari sekali, sampai kulit terbiasa.

Hindari area mata, hidung, mulut, serta kulit yang terbuka dalam penggunaan benzoyl peroxide. Jika kulitmu sensitif, sebaiknya gunakan benzoyl peroxide dengan kadar yang lebih rendah.

Penting untuk mencuci tangan sebelum mengoleskan apa pun ke wajah. Tangan yang kotor hanya akan memperparah masalah kulit yang kamu alami. Perlu diperhatikan, penggunaan benzoyl peroxide acne juga membuat kulitmu jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Sehingga, pastikan untuk menggunakan obat ini di malam hari. Jangan lupa untuk gunakan tabir surya keesokan harinya, dengan SPF minimal 30 untuk mencegah efek sinar UV.

Apakah Ada Efek Samping?

Tentu setiap penggunaan kimia memiliki risiko efek samping. Meski dinilai aman untuk digunakan, benzoyl peroxide dapat menimbulkan efek samping seperti:

  • Kulit kering
  • Kemerahan
  • Pengelupasan kulit yang berlebihan
  • Reaksi alergi
  • Ruam
  • Iritasi
  • Gatal

Karena bahan ini bekerja dengan mengelupaskan kulit, jangan gunakan benzoyl peroxide jika kamu sedang mengalami sunburn.

Obat Jerawat Lainnya

Selain benzoyl peroxide, ada banyak bahan lainnya yang juga baik untuk membantu mengatasi jerawat. Salicylic acid adalah salah satu bahan yang paling sering dibandingkan dengan benzoyl peroxide. Kalau dua-duanya sama-sama efektif, mana yang sebaiknya dipilih untuk mengatasi jerawat?

Dilansir dari Healthline, kedua bahan ini bekerja pada jenis jerawat yang berbeda. Benzoyl peroxide acne lebih cocok pada jerawat meradang, sedangkan salicylic acid lebih cocok pada jerawat non inflamasi (komedo). Namun, kedua bahan ini sama-sama mengelupaskan kulit, sehingga dapat memicu reaksi alergi, kemerahan, dan iritasi.

Selain benzoyl peroxide dan salicylic acid, sejumlah kandungan ini juga dapat dipertimbangakan untuk membantu mengatasi jerawat:

  • Tea tree oil
  • Sulfur
  • Retinol
  • Azelaic acid

Produk OTC dan skincare memang dapat membantu penyembuhan jerawat, namun pola hidup dan asupan makanan yang sehat juga menjadi penentu. Sejumlah makanan tinggi minyak dan produk susu dapat meningkatkan risiko jerawat, jadi pastikan untuk mengontrol pola makan dan pilihlah bahan makanan yang sehat.

Bila perlu, jaga kesehatan kulit dari dalam dengan tambahan multivitamin seperti evening primrose dan minyak ikan seperti Blackmores Evening Primrose Oil + Fish Oil. Multivitamin serbaguna, tak hanya baik untuk kulit tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Demikianlah penjelasan mengenai benzoyl peroxide acne. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Macam-macam Penyakit Kulit di Area Paha yang Penting Diketahui

Kesehatan Kulit   27/01/2023

Kulit Wajah Menghitam, Tanda Penyakit Apa?

Kesehatan Kulit   27/01/2023

Penyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   26/01/2023

Macam-macam Penyakit Kulit di Area Paha yang Penting Diketahui

Kesehatan Kulit   25/01/2023

Jenis Penyakit Kulit di Kaki dan Penyebabnya, Wajib Kamu Ketahui!

Kesehatan Kulit   24/01/2023