fbpx
BerandaKesehatan KulitTak Hanya Kesehatan, Ini 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit

Cendana atau sandalwood telah lama digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Di Indonesia, sandalwood ini banyak ditemukan dalam bentuk minyak esensial (essential oil). Punya banyak manfaat bagi tubuh, sandalwood ternyata juga dapat menunjang kulit sehatmu loh! Apa saja manfaat sandalwood untuk kulit? Yuk, simak sampai akhir!

manfaat-sandalwod-untuk-kulit

Manfaat Sandalwood untuk Kulit

Dilansir dari Healthline, sandalwood memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kandungan antibakteri,antivirus, antiinflamasi, hingga antiseptik, menjadikan sandalwood dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti berikut.

1. Bekas luka

Minyak sandalwood dapat menutrisi kulit, meningkatkan elastisitas sel kulit, bahkan membantu mencerahkan warna kulit yang tidak merata. Dengan manfaat sandalwood ini, bekas luka dapat disamarkan. Menurut studi tahun 2018, sandalwood dan madu dibuktikan dapat mencegah atau meminimalisir jaringan parut atau bekas luka yang dalam.

2. Keriput dan tanda-tanda penuaan kulit

Garis halus tanda penuaan kulit mulai bermunculan? Manfaat sandalwood untuk kulit tidak hanya sekedar melembabkan dan memberi nutrisi. Sandalwood mengandung antioksidan, yang dapat mempertahankan struktur sel-sel kulit sehingga tetap elastis. Ditambah dengan kandungan antioksidan di dalamnya, sandalwood dapat membantu mencegah keriput dengan melawan efek radikal bebas.

3. Inflamasi, psoriasis, eksim, dan penyembuhan luka

Berkat kandungan antiinflamasi di dalamnya, minyak sandalwood dinilai dapat membantu mengobati eksim, psoriasis, dan infeksi kulit lainnya. Dalam studi tahun 2017, sandalwood yang dikombinasikan dengan kunyit bahkan dapat mengurangi ruam dan perubahan warna kulit setelah radiasi kemoterapi. Selain itu sifat antiseptik sandalwood juga berperan dalam perawatan dan penyembuhan luka.

4. Jerawat dan bekasnya

Sejak dahulu, pengobatan tradisional India telah menggunakan sandalwood untuk mengatasi jerawat dan infeksi jamur. Sebuah studi tahun 2012 juga menunjukkan bahwa sandalwood dapat mengurangi jumlah lesi pada 90 persen pasien berjerawat. Selain itu sandalwood juga memiliki efek anti mikroba yang dapat melawan bakteri di area kulit, serta virus dan jamur.

Inilah mengapa sandalwood dimasukkan ke dalam pengobatan Ayurveda, karena kualitasnya yang dapat menenangkan kulit akibat terbakar sinar matahari, jerawat, ruam, dan gigitan serangga.

5. Kulit kusam

Manfaat sandalwood untuk kulit yang lainnya adalah mencerahkan kulit. Menurut Ayurveda, pengobatan tradisional India, perubahan warna kulit yang signifikan dapat menjadi pertanda adanya kelebihan panas di dalam tubuh. Komponen yang terkandung dalam sandalwood adalah penghambat tirosinase, yang membuat produksi melanin berlebih. Inilah mengapa sandalwood juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kulit belang dan warna kulit yang tidak merata.

Apakah Sandalwood Aman Digunakan?

Umumnya, sandalwood dalam berbagai olahan aman digunakan. Namun, tetap perhatikan reaksi alergi yang mungkin timbul dari penggunaan sandalwood. Selain minyak esensial, sandalwood juga dapat ditemukan dalam bentuk bubuk, sabun, ataupun air semprotan.

Cara Menggunakan Sandalwood

Tergantung pada tipe olahan sandalwood yang digunakan, berikut ini cara menggunakan sandalwood sekaligus racikan sandalwood yang bisa kamu coba di rumah.

  • Sandalwood bubuk

Meski jarang ditemukan, sandalwood dalam bentuk ini dapat kamu campur dengan air mawar, yogurt, ataupun tea tree oil sebagai masker wajah.

  • Minyak esensial

Tipe olahan sandalwood yang satu ini merupakan yang paling laris dan paling mudah ditemukan. Baik digunakan sebagai campuran air diffuser ataupun dioleskan secara langsung, aroma sandalwood dapat memberikan relaksasi yang meningkatkan kualitas tidur.

  • Sabun sandalwood

Selain minyak esensial, juga ada sabun sandalwood loh Jovians! Gunakan selayaknya sabun mandi biasa. Umumnya, sabun sandalwood digunakan untuk membantu mengatasi sunburn.

  • Sandalwood semprotan

Jenis semprot seperti ini biasanya digunakan sebagai pewangi ruangan, maupun sebagai shooting face dan hair mist.

Meski bukti medis yang konkret masih belum banyak, sandalwood dinilai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Selain untuk tubuh, minyak esensial sandalwood juga banyak digunakan untuk memberi efek relaksasi dan membantu mengatasi insomnia.

Itulah 5 manfaat sandalwood untuk kulit. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023
senyum apple cheeks adalah

Mengenal Istilah Senyum Apple Cheeks Adalah dan Penjelasannya

Kesehatan Kulit   25/11/2023
Manfaat kulit semangka untuk wajah

Serba-serbi Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah, Unik Banget

Kesehatan Kulit   24/11/2023
Anti Aging Untuk Usia Berapa

Anti Aging Untuk Usia Berapa Ya? Yuk Kulik Di Sini

Kesehatan Kulit   22/11/2023
Kepanjangan dari SPF

Sunscreen 101: Kenali Lebih Dalam Kepanjangan dari SPF

Kesehatan Kulit   21/11/2023