9 Manfaat dan Sumber Makanan Vitamin A

oleh | Jul 17, 2020 | Vitamin | 0 Komentar

Terkenal dengan kemampuannya memelihara kesehatan mata, vitamin A juga dibutuhkan tubuh untuk fungsi sistem imun, reproduksi, dan komunikasi antar sel. Manfaat vitamin A lainnya adalah menunjang pertumbuhan dan pembelahan sel, menjaga fungsi jantung, paru-paru, serta ginjal. Sumber terbaik asupan vitamin A bisa didapat dari makanan sehari-hari.

9 Alasan Pentingnya Mengonsumsi Vitamin A

Tidak hanya untuk mata saja, berbagai senyawa yang terkandung dalam vitamin A juga memiliki manfaat lain bagi tubuh, diantaranya adalah:

1. Memperlambat dan mencegah rabun senja

Vitamin A dibutuhkan untuk mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal saraf yang akan dikirim ke otak. Beta karoten yang terdapat di dalam vitamin A mampu memperlambat terjadinya degenerasi mata dan mencegah rabun senja dengan memelihara fungsi pigmen rhodopsin di retina.

2. Membantu merawat kulit

Manfaat lain dari vitamin ini adalah memelihara kesehatan dan membantu pertumbuhan rambut serta kulit. Vitamin ini membantu menjaga kelembaban kulit serta rambut dengan membantu produksi sebum atau minyak.

Di dunia dermatologi, retinoid dikenal sebagai salah satu kandungan yang biasa diresepkan oleh dokter untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti jerawat. Untuk penggunaannya sendiri, obat retinoid ini bisa dioleskan langsung ke kulit yang bermasalah atau diminum.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Secara alami tubuh memiliki sistem imunitas yang dapat melawan berbagai serangan penyakit yang datang. Vitamin A membantu merangsang respons sistem imun serta terlibat dalam pembentukan sel-sel imun, termasuk sel B dan T yang berperan sebagai pelindung tubuh dari serangan mikroorganisme penyebab penyakit. 

Vitamin A juga memainkan peran penting dalam produksi dan fungsi sel darah putih yang membantu melawan patogen penyakit di dalam darah. Makanya, kekurangan vitamin A bisa membuat tubuh seseorang menjadi rentan sakit dan proses penyembuhannya lambat.

4. Menunjang tumbuh kembang sel

Peran vitamin A yang tak kalah vitalnya adalah membantu memelihara kesehatan organ-oran penting seperti jantung, paru-paru, serta otak dengan mengoptimalkan proses pertumbuhan dan pembelahan sel-nya. 

Vitamin A juga berfungsi menjaga bentuk sel. Makanya kekurangan vitamin A bisa menyebabkan bentuk sel epitel jadi pipih dan tidak terbentuk dengan baik.

5. Menunjang tumbuh kembang janin

Konsumsi vitamin A secara rutin sangat disarankan untuk para ibu hamil. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan vitamin A mampu memperkuat berbagai jaringan tubuh pada janin seperti otot, jantung, otak, dan lainnya.

Vitamin A juga esensial bagi sistem reproduksi pria dan wanita karena perannya dalam perkembangan sperma serta sel telur. 

6. Menurunkan risiko kanker

Pada beberapa penelitian diketahui bahwa mengonsumsi vitamin A secara rutin dari sayur-sayuran bisa menurunkan risiko kanker. Karena zat antioksidan yang terkandung di dalamnya, buah dan sayur tinggi karotenoid mampu melindungi tubuh dari risiko penyakit kanker tertentu.

7. Membantu mencegah diabetes

Konsumsi makanan tinggi beta karoten bisa membantu menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung karena, lagi-lagi, kandungan antioksidan di dalamnya. Karotenoid dapat merusak rantai radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif bagi tubuh. Stres oksidatif ini dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, termasuk diabetes.

8. Mengobati campak

Kekurangan asupan vitamin A bisa memicu beberapa jenis penyakit, salah satunya adalah campak. Manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi suplemen vitamin A pada penderita campak dimaksudkan untuk mempercepat proses penyembuhannya. Hal ini disebabkan karena peran vitamin A dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Bahkan Sapna Patel dan Michael Vajdy mengatakan, dalam penelitiannya, di negara-negara dengan kasus campak serta malaria yang tinggi, pengobatan dengan vitamin A pada anak-anak bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit ini.

9. Mendukung kesehatan tulang

Walaupun nutrisi utama dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang adalah vitamin D, namun vitamin A juga sangat dibutuhkan agar proses pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang memiliki kadar vitamin A yang rendah akan memiliki risiko patah tulang yang cukup besar.

Sumber utama vitamin A

Vitamin A termasuk dalam asupan nutrisi mikro, yaitu nutrisi yang diperlukan tubuh dan harus dipenuhi walaupun dalam jumlah sedikit. Dua bentuk vitamin A yang terdapat pada makanan sehari-hari yaitu: (1) retinol dan retinyl ester yang merupakan bentuk aktif dari vitamin A dan berasal dari produk hewani; (2) provitamin A karotenoid yang berasal dari produk tanaman dan nabati. 

Diantara 3 bentuk provitamin A karotenoid lain, beta karoten yang paling penting bagi tubuh. Beta karoten akan diubah menjadi bentuk aktif vitamin A sebelum bersama-sama diubah lagi menjadi retinal dan asam retinoat supaya bisa menjalani perannya dalam fungsi biologis tubuh. Lain halnya dengan lycopene, lutein, dan zeaxanthin, yang tidak diubah ke vitamin A. 

Sumber makanan vitamin A yang bisa ditemukan pada produk hewani, yaitu:

  • Susu dan produk olahannya, seperti keju
  • Ikan, termasuk salmon, trout, makarel
  • Daging-dagingan, terutama organ hatinya
  • Kuning telur
  • Margarin
  • Minyak ikan kod

Sedangkan makanan yang mengandung beta karoten yaitu:

  • Buah-buahan berwarna oranye tua seperti apel, pisang, mangga, dan pepaya
  • Sayur-sayuran hijau tua seperti kangkung, bayam, dan rumput laut
  • Sayur berwarna oranye cerah seperti wortel, paprika, ubi merah
  • Kacang-kacangan

 

Untuk memelihara kesehatan dan keseimbangan tubuh, kebutuhan vitamin A harus dipenuhi melalui konsumsi makanan sehari-hari. Asupan vitamin A juga bisa diperoleh dari suplemen tambahan. Namun, konsumsi suplemen harus didiskusikan dengan dokter atau nutrisionis lebih dulu.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu.

Gunakan kode promo BOBOCWJV di aplikasi Jovee dan dapatkan diskon 10% untuk setiap pembelian produk Jovee. Berlaku dari 25 Juli 2020 – 31 Agustus 2020.

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

  1. Medical News Today (2018). Everything you need to know about vitamin A. 
  2. Sapna Patel & Michael Vajdy. (2015). Induction of cellular and molecular immunomodulatory pathways by vitamin A and Flavonoids. Expert Opin Biol Ther. 2015; 15(10): 1411–1428.
  3. NIH. (2020). Vitamin A.
  4. Healthline. (2018). 6 Health Benefits of Vitamin A, Backed by Science.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional