fbpx
BerandaKesehatan KulitJangan Dibuang! Ini 7 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan

Ampas teh mungkin terdengar seperti sesuatu yang tidak berguna, tapi ternyata ampas teh punya banyak manfaat untuk kecantikan loh Jovians! Ampas teh dapat meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi kerutan, dan meningkatkan penampilan kulit secara keseluruhan. Berkat kandungannya yang kaya antioksidan dan vitamin E, ada banyak manfaat ampas teh yang bisa kita manfaatkan untuk kulit.

manfaat-ampas-teh-untuk-kecantikan

Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan

Mudah dilakukan dan ramah di kantong, yuk simak manfaat ampas teh untuk kecantikan berikut cara menggunakannya di bawah ini!

1. Mengurangi mata bengkak

Terlalu lama melihat laya rmonitor dan kurang tidur dapat menyebabkan kantong mata bengkak dan gelap. Saat hal ini terjadi, kamu bisa memanfaatkan ampas teh untuk mengurangi pembengkakan loh Jovians!

Cara menggunakan ampas teh untuk kulit mata juga sangat mudah, cukup masukkan bekas kantong teh ke dalam kulkas selama 10 hingga 20 menit. Setelah cukup dingin, tempelkan pada pada selama kurang lebih 30 menit.

Hal ini didukung oleh sebuah artikel tahun 2010 yang terbit dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, kafein dalam teh hijau dapat menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi pembengkakan.

Peringatan: karena kulit di area mata cukup sensitif, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan bersihkan wajah sebelum melakukan kompres ini. Lepaskan lensa kontak dan hindari cairan apa pun dari ampas teh masuk ke dalam mata untuk menghindari iritasi.

2. Membantu mengatasi jerawat

Ampas teh juga dapat membantu mengurangi peradangan jerawat loh! Terutama pada teh hijau, studi tahun 2016 menunjukkan teh hijau tinggi akan antioksidan, memiliki sifat antiinflamasi, sekaligus sebagai antibakteri yang baik dalam perawatan kulit berminyak dan berjerawat.

Ampas teh dapat membantu mengurangi produksi sebum berlebih, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Cara menggunakannya juga mudah, cukup oleskan dan diamkan ampas teh pada jerawat selama 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Mengatasi bibir pecah-pecah

Bibir yang kering dan mengelupas dapat terasa sakit dan mengganggu. Kamu bisa gunakan ampas teh untuk menambah hidrasi bibirmu. Ambil kantung teh dan rendam dalam air hangat, lalu diamkan di bibir selama beberapa menit untuk mengurangi rasa perih dan menambah hidrasi bibir.

4. Menenangkan kulit

Kulitmu terbakar akibat sengatan sinar matahari? Gunakan ampas teh yang telah didinginkan di kulkas untuk bantu menenangkan kulit. Ampas teh mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang membantu melawan stres oksidatif, yang menjadikannya bahan yang baik untuk meredakan kulit yang meradang.

5. Manfaatkan sebagai scrub

Perawatan kulit tidak perlu mahal dengan ampas teh. Scrub badan kamu baru saja habis? Keringkan ampas teh dan scrub alami ini siap digunakan kapan saja. Berkat kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya, kulitmu akan terasa lebih lembut dan halus. Selain itu, teh juga memiliki manfaat untuk meningkatkan pembentukkan kolagen pada kulit wajah.

6. Bantu mengurangi bau kaki

Masalah bau kaki memang sangat mengganggu. Bau kaki disebabkan oleh jamur kuku Candida, yang dapat bereproduksi berlebih saat kaki dalam kondisi lembab. Untuk mengurangi bau tidak sedap ini, kamu dapat mengkompres jari kaki dengan ampas teh yang masih basah.

7. Dapat digunakan sebagai masker wajah

Nah, bagaimana cara menggunakan ampas teh untuk kecantikan? Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membuat masker wajah dari ampas teh. Cukup mencampurkan beberapa sendok makan ampas teh dengan sedikit air hingga terbentuk pasta, lalu aplikasikan ke wajah. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Masker ini dapat digunakan sekitar dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Penelitian tentang manfaat ampas teh untuk kecantikan masih terus dilakukan, tapi sudah ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa ampas teh memang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan.

Perlu diperhatikan, segala perawatan alami tentu memiliki potensi timbulkan efek samping seperti iritasi dan reaksi alergi. Oleh sebab itu, pastikan untuk uji alergi terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan alami apa pun secara langsung ke kulit.

Demikianlah manfaat ampas teh untuk kecantikan yang bisa kamu coba di rumah. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
treatment mengecilkan pori-pori wajah

Mengenal Treatment Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kesehatan Kulit   19/09/2023
kulit payudara gatal

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Payudara Gatal

Kesehatan Kulit   18/09/2023
perawatan kulit eksim

Tips Perawatan Kulit Eksim untuk Berbagai Kondisi dan Usia

Kesehatan Kulit   17/09/2023
jenis laser wajah

Mengenal Apa Saja Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Kesehatan Kulit   16/09/2023