5 Fakta Mengenai Vitamin E

by | Jun 18, 2020 | Vitamin | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S.Gz

Tubuh memerlukan nutrisi untuk tetap sehat, salah satunya dengan vitamin E. Vitamin E ditemukan secara alami dalam beberapa makanan, ditambahkan ke makanan (fortifikasi), dan tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Vitamin E adalah komponen utama yang larut dalam lemak dalam sistem pertahanan antioksidan sel dan secara eksklusif diperoleh dari makanan. 

Terdapat banyak manfaat baik yang dihasilkan dari konsumsi vitamin ini, apa aja sih? Yuk simak 5 fakta mengenai vitamin E yang telah Tim Jovee buat untuk kamu.

5 Fakta Vitamin E

Antioksidan

Vitamin ini memiliki banyak peran penting dalam tubuh karena aktivitas antioksidannya. Oksidasi telah dikaitkan dengan berbagai kemungkinan kondisi dan penyakit, termasuk kanker, penuaan, artritis, dan katarak, dan vitamin E telah terbukti efektif dalam mencegah kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Selain sebagai antioksidan, tubuh juga membutuhkan vitamin E untuk membantu menjaga daya tahan tubuh yang kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Vitamin E juga penting dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, vitamin ini juga membantu memperlebar pembuluh darah dan mencegah pembekuand arah di dalam pembuluh darah.

Mudah Ditemukan dalam Berbagai Makanan

Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukan vitamin ini. Vitamin ini tersedia dalam berbagai makanan, bahkan suplemen. Vitamin ini tersedia secara alami dalam minyak nabati (seperti gandum, bunga matahari, biji bunga matahari, jagung, dan minyak kedelai; kacang-kacangan (seperti almond, kacang tanah, dan hazelnut); sayuran hijau (seperti bayam dan brokoli); serta sereal yang diperkaya dengan vitamin E (difortifikasi), dan margarin.

Kekurangan Vitamin E

Kekurangan vitamin E adalah hal yang jarang terjadi dan gejala defisiensi secara jelas belum ditemukan pada orang sehat yang mendapatkan vitamin E meskipun sedikit dari makanan yang mereka konsumsi. Jika Anda kekurangan vitamin E, Anda dapat berisiko terhadap kelahiran bayi prematur dengan berat lahir sangat rendah (<1.500 gram).

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Jamu Untuk Daya Tahan Tubuh
Manfaat magnesium, Defisiensi, dan Dosis Penggunaan
Seluk Beluk Iodine dan Dampak Kekurangan Yodium
Jenis Makanan Mengandung Betakaroten Tinggi
Konsumsi makanan mengandung zat besi untuk Tubuh Lebih Sehat
Makanan Sehat untuk Anda yang Sedang Menjalankan Promil

Menimbulkan Efek Samping

Meskipun baik bagi kesehatan tubuh, vitamin ini dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi suplemen vitamin E dengan dosis tinggi (suplemen alfa-tokoferol) dapat meningkatkan risiko pendarahan di otak (stroke hemoragik). Tingginya kadar vitamin E juga dapat meningkatkan risiko cacat lahir, namun perlu penelitian lebih lanjut.

Itulah 5 fakta mengenai vitamin E yang perlu kamu ketahui. Konsumsi vitamin E sehari-sehari sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Berikut kebutuhan tubuh akan vitamin E sesuai kelompok usia.

  • 0-6 bulan: 4 mg/hari
  • 7-12 bulan: 5 mg/hari
  • 1-3 tahun: 6 mg/hari
  • 4-8 tahun: 7 mg/hari
  • 9-13 tahun: 11 mg/hari
  • 14 tahun ke atas: 15 mg/hari
  • Ibu hamil: 15 mg/hari
  • Ibu menyusui: 19 mg/hari

Unduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store, dan dapatkan solusi menemukan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh mu. 

Referensi:

Sultan Qabus University Medical Journal

Vitamin E

Vitamin E