fbpx
BerandaKesehatan KulitMacam-macam Penyakit Kulit di Area Paha yang Penting Diketahui

Munculnya gatal di bagian tubuh kita seringkali dianggap sebagai gatal biasa. Namun, seringkali gatal yang menyiksa dan tak kunjung sembuh merupakan gejala dari suatu penyakit yang lebih serius dan membutuhkan perawatan serta pengobatan khusus. Tak terkecuali masalah kulit di daerah paha. Faktanya, terdapat macam-macam penyakit kulit di area paha yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Apabila saat ini kamu mengalaminya, berikut ini Jovee merangkum beberapa jenis penyakit kulit di area paha yang penting kamu ketahui:

Jenis Penyakit Kulit di Area Paha

Dermatitis atopik

Dermatitis atopik, atau juga dikenal sebagai eksim, menyebabkan kulit memerah, gatal, dan kering. Kondisi ini lebih umum ditemukan pada anak-anak meskipun tidak menutup kemungkinan bisa dialami berbagai usia.

Penyakit ini dapat bermula dari lipatan siku atau lutut, tetapi seringkali juga ditemui pada area tubuh yang lain, termasuk paha bagian dalam.

Gesekan

Paha bagian dalam sangat rentan terhadap lecet karena dapat bergesekan satu sama lain. Selain itu paha bagian dalam juga rentan teriritasi oleh pakaian maupun pakaian dalam. Aktivitas fisik yang tinggi, seperti berlari juga dapat menyebabkan lecet pada paha bagian dalam.

Lecet yang diakibatkan karena gesekan ditandai dengan kulit yang memerah dan melepuh. Gejala ini dapat hilang setelah penyebabnya ditangani. Pastikan untuk segera mengobati lecet tersebut, sehingga terhindar dari infeksi kulit lainnya.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak menyebabkan ruam muncul setelah kulit terpapar bahan iritan (dermatits kontak iritan) atau alergen (dermatitis kontak alergi). Bisa muncul di bagian tubuh mana pun, dermatitis kontak umumnya muncul di area lipatan kulit maupun yang lebih sensitif, seperti paha dalam.

Dermatitis kontak iritan dapat disebabkan oleh berbagai zat, termasuk pemutih, deterjen, wewangian, atau pun sabun mandi.

Biang keringat

Biang keringat adalah salah satu penyebab penyakit kulit di area paha yang cukup umum. Biang keringat juga dikenal sebagai miliaria. Penyakit ini terjadi ketika pori-pori tersumbat dan keringat terjebak di dalamnya. Akibatnya kulit terasa gatal dan teriritasi.

Biang keringat biasanya muncul sebagai benjolan kecil di kulit yang dapat muncul di area tubuh mana pun. Mulai dari punggung, dada, selangkangan, hingga paha bagian dalam. Gejalanya biasanya hilang setelah kulit mendingin dan lebih tenang. Meskipun begitu ruam ini tidak berbahaya.

Hidradenitis suppurativa

Hidradenitis supuratif (HS) adalah ruam langka yang muncul sebagai komedo atau benjolan seperti jerawat di bawah kulit. Benjolan ini dapat pecah dan mengeluarkan nanah. Kondisi ini terjadi saat kulit bergesekan dengan kulit, sehingga dapat terjadi di paha bagian dalam, selangkangan, dan sering terjadi pada ketiak.

Penyebab HS tidak diketahui, tetapi paling sering terjadi pada orang yang:

  • memiliki berat badan berlebih atau obesitas.
  • merokok.
  • mengalami depresi, kecemasan, atau keduanya.
  • menderita diabetes, sindrom metabolik, atau keduanya.
  • Memiliki penyumbatan kelenjar keringat, sindrom yang menggabungkan HS dengan acne conglobata dan membedah selulitis kulit kepala.
  • memiliki karsinoma sel skuamosa di daerah yang terkena.

HS mempengaruhi perempuan tiga kali lebih banyak daripada pria, dan biasanya muncul pada masa pubertas dan menopause, menurut American Academy of Dermatology.

Jock itch

Jock itch adalah gatal-gatal yang seringkali dialami para atlet. Namun, sebenarnya penyakit ini tidak hanya menyerang para atlet melainkan siapapun bisa berisiko menderita penyakit ini.

Penyebab penyakit kulit di area paha jock itch ini karena jamur yang sama dengan yang menyebabkan kutu air. Gejalanya antara lain adalah gatal di selangkangan, rasa terbakar di area yang gatal, ruam bersisik pada alat kelamin, paha bagian dalam, dan bokong.

Ruam ini sangat menular, terutama melalui kontak langsung atau dengan berbagi handuk atau barang pribadi lainnya.

Herpes genital

Herpes genital adalah penyakit yang termasuk dalam infeksi menular seksual. Lebih dari 1 dari setiap 6 orang di Amerika yang berusia 14 hingga 49 tahun menderita herpes genital. Tidak ada obat untuk kondisi ini, dan banyak orang dengan virus tersebut tidak memiliki gejala, meskipun mereka masih dapat menularkan infeksi menular seksual ke orang lain.

Gejala herpes genital berupa benjolan merah atau lecet yang gatal dan nyeri di alat kelamin, bokong, dan paha bagian dalam.

Sifilis sekunder

Sifilis mudah diobati pada tahap awal, tetapi dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak diobati. Sifilis juga merupakan penyakit infeksi menular seksual, yang perlu sangat diperhatikan dan dapat menular ke janin pada ibu hamil terinfeksi.

Gejala awalnya berupa luka yang bersih dan tidak nyeri di sekitar alat kelamin atau anus. Pada tahap kedua, dikenal sebagai sifilis sekunder, gejalanya meliputi demam dan ruam kulit yang dapat muncul di bagian tubuh manapun, termasuk paha bagian dalam.

Obat Penyakit Kulit di Area Paha dan Perawatannya

Perawatan dan obat yang disarankan dokter tergantung dari penyebab ruam dan gatal itu sendiri. Tidak semua ruam dan gatal memerlukan tindakan dokter karena ada yang dapat hilang dengan sendirinya.

Ada beberapa obat penyakit kulit di area paha dan perawatannya, antara lain antibiotik untuk beberapa kasus penyakit menular seksual dan infeksi lainnya, antijamur untuk membantu mengatasi gatal pada paha dalam dan selangkangan, dan antihistamin untuk membantu mengurangi rasa gatal.

Itulah macam-macam penyakit kulit di area paha yang penting untuk diketahui. Konsultasikan dengan dokter apabila rasa gatal yang kamu alami tidak kunjung sembuh dan disertai dengan perkembangan gejala lainnya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Usia Berapa Anak Boleh Dikenalkan Skincare?

Kesehatan Kulit   31/03/2023

Jaga Nutrisi Tubuh, Inilah Daftar Buah yang Bagus untuk Puasa

Kesehatan Kulit   29/03/2023

Cara Mengatasi Kulit Kering saat Puasa

Kesehatan Kulit   28/03/2023

Tips Menjaga Kulit Saat Berpuasa

Kesehatan Kulit   27/03/2023

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit

Kesehatan Kulit   26/03/2023