fbpx
BerandaKesehatan KulitMengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Memiliki kulit yang sehat, cerah, dan bercahaya adalah dambaan setiap orang. Khususnya kaum perempuan. Demi mendapatkannya, banyak orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli berbagai produk skincare dan melakukan perawatan kecantikan. Namun, tak sedikit orang yang bercita-cita ingin memiliki kulit yang putih yang mengubah warna asli kulitnya dan menggunakan krim-krim kecantikan dengan bahan-bahan berbahaya atau yang berdosis tinggi. Salah satunya adalah krim dengan hydroquinone berdosis tinggi tanpa pengawasan dokter.

hydroquinone

Jangan sampai kesehatanmu menjadi taruhannya. Sebelum memutuskan menggunakan skincare yang mengandung hydroquinone, yuk ketahui terlebih dahulu apa itu hydroquinone dan apa efek samping hydroquinone yang dapat membahayakan kesehatan. Berikut ini Jovee merangkum infromasinya untuk kamu.

Apa itu Hydroquinone?

Hydroquinone adalah salah satu agen pencerah kulit yang dapat membantu merawat berbagai bentuk hiperpigmentasi.

Hydroquinone bekerja dengan membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi jumlah melanosit yang ada pada kulit. Melanosit memproduksi melanin yang menghasilkan warna kulit manusia.

Dalam berbagai kasus hiperpigmentasi, peningkatan jumlah melanin sangat terkait dengan peningkatan produksi melanosit. Dengan mengontrol jumlah melanosit ini, kulit dapat menjadi lebih kencang seiring waktu.

Diperlukan waktu rata-rata sekitar empat minggu agar racikan krim hydroquinone bisa bekerja dengan maksimal. Mungkin diperlukan waktu selama beberapa bulan dengan penggunaan yang konsisten hingga akhirnya kita bisa melihat hasil yang optimal.

Secara historis, ada beberapa pro-kontra tentang keamanan skincare yang mengandung hydroquinone. Di tahun 1982, FDA mengatakan bahwa hydroquinone adalah bahan yang aman dan efektif. Tetapi beberapa tahun kemudian, kekhawatiran tentang keamanan zat ini mendorong para penjual untuk menarik hydroquinone dari pasaran. FDA kemudian menemukan bahwa banyak produk yang dipermasalahkan mengandung kontaminan, seperti merkuri. Akhirnya FDA menetapkan bahwa kontaminan-kontaminan inilah yang menjadi penyebab efek samping yang dikeluhkan konsumen pada saat itu.

Fungsi Skincare yang Mengandung Hydroquinone

Seperti yang telah dijelaskan di atas, hydroquinone berfungsi sebagai agen pencerah kulit. Kandungan ini dapat membantu mengatasi kondisi kulit yang berhubungan dengan hiperpigmentasi, antara lain:

  • Bekas jerawat
  • Bintik-bintik di kulit akibat penuaan
  • Flek hitam pada wajah
  • Melasma
  • Tanda-tanda pasca peradangan dari psoriasis dan eksim

Meskipun hydroquinone dapat membantu memudarkan flek hitam pada wajah, zat ini tidak dapat membantu mengatasi permasalahan peradangan aktif pada kulit. Misalnya, hydroquinone dapat membantu menyamarkan bekas jerawat tetapi tidak akan berpengaruh pada kemerahan akibat jerawat yang aktif.

Efek Samping Hydroquinone

Hydroquinone umumnya dapat ditoleransi kulit dengan baik. Tetapi penting untuk memperhatikan beberapa pengecualian.

Jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif, kamu mungkin akan mendapati bahan ini menyebabkan kekeringan atau iritasi pada kulit. Namun kondisi ini biasanya berangsur-angsur membaik saat kulitmu telah menyesuaikan diri. Pemilik kulit normal atau berminyak cenderung mengalami efek samping ini.

Bahan ini cenderung bekerja lebih baik pada pemilik warna kulit yang cerah. Apabila kamu memiliki warna kulit sawo matang atau gelap, konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya. Hydroquinone sebenarnya dapat memperburuk hiperpigmentasi pada warna kulit yang lebih gelap.

Sampai saat ini, hydroquinone dianggap aman di Amerika Serikat. Belum ada bukti klinis hingga sekarang yang menyatakan hydroquinone berbahaya bagi manusia. Tetapi efek samping kecil masih mungkin terjadi, terutama untuk pemilik kulit sensitif.

Dalam kasus yang jarang terjadi, penggunaan krim hydroquinone dapat menyebabkan kondisi yang disebut dengan ochronosis. Ini ditandai dengan papula dan pigmentasi kulit berwarna hitam kebiruan. Kondisi ini dapat terjadi setelah penggunaan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama. Karena itulah, penggunaan krim hydroquinone tidak disarankan selama lebih dari lima bulan secara berturut-turut.

Sebagai alternatif hydroquinone, kamu bisa mencoba bahan alternatif yang alami dan lebih ringan. Ada beberapa bahan yang punya kemampuan untuk mencerahkan kulit secara lebih aman, misalnya retinol, vitamin C, kojic acid, ellagic, atau pun vitamin B3 yang lebih terkenal dengan nama niacinamide.

Pastikan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum memutuskan menggunakan krim pencerah kulit apapun. Apalagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Dokter spesialis kulit bisa memberikan saran bahan yang tepat serta cara penggunaannya.

Semoga informasi seputar hydroquinone ini bermanfaat ya.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

perawatan kulit ibu hamil

Tips Perawatan Kulit Ibu Hamil, Ketahui Apa Saja Bahan yang Aman Digunakan

Kesehatan Kulit   20/09/2023
treatment mengecilkan pori-pori wajah

Mengenal Treatment Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kesehatan Kulit   19/09/2023
kulit payudara gatal

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Payudara Gatal

Kesehatan Kulit   18/09/2023
perawatan kulit eksim

Tips Perawatan Kulit Eksim untuk Berbagai Kondisi dan Usia

Kesehatan Kulit   17/09/2023
jenis laser wajah

Mengenal Apa Saja Jenis Laser Wajah dan Fungsinya

Kesehatan Kulit   16/09/2023