fbpx
BerandaGaya Hidup SehatMenu Puasa untuk Bentuk Tubuh Ideal

Berpuasa identik dengan bulan Ramadan, bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia. Di bulan Ramadan, umat Islam diwajibkan untuk menahan lapar dan haus selama seharian penuh sampai berbuka puasa di saat matahari terbenam. Selain itu, bagi umat Islam, saat berpuasa adalah saat yang tepat untuk belajar mengelola emosi dan mendapatkan manfaat puasa untuk bentuk tubuh ideal.

Namun, puasa bukan hanya dapat dijalankan oleh umat Islam di bulan Ramadan saja, lho. Sebetulnya, agama-agama lain punya menyarankan untuk menjalankan puasa dengan caranya masing-masing karena puasa punya banyak manfaat untuk tubuh maupun jiwa kita.

Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan Tubuh

Meningkatkan kesehatan jantung

Dari berbagai penelitian yang dilakukan menemukan bahwa puasa baik untuk meningkatkan kesehatan jantung. Saat berpuasa kita mengubah pola makan yang secara otomatis juga mengubah pola hidup kita. Cara ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung terutama bagi orang yang sehat dengan cara menjaga berat bdan, tekanan darah, kadar LDL, dan trigliserida. Sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit jantung pada orang-orang berisiko.

Meningkatkan kontrol gula darah

Penelitian menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat bermanfaat bagi mereka yang berisiko terkena diabetes.

Faktanya, sebuah penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa intermittent fasting jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Hal ini memungkinkan tubuh mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh secara lebih efisien.

Tentunya potensi efek penurunan gula darah dari puasa ini dapat membantu gula darah kamu supaya tetap stabil.

Membantu melawan peradangan

Peradangan akut adalah proses kekebalan tubuh normal saat membantu melawan infeksi. Namun, peradangan yang kronis dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa peradangan kronis pada tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit yang berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, dan artritis reumatoid.

Dalam penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Puasa jangka pendek pun secara signifikan dapat menurunkan kadar protein C-reaktif yang merupakan penanda peradangan.

Studi kecil lainnya menemukan bahwa berlatih berpuasa intermiten selama 1 tahun lebih efektif dalam menurunkan tingkat peradangan dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung tertentu.

Puasa untuk bentuk badan ideal

Banyak orang yang berdiet untuk tujuan mengelola berat badan ideal.

Secara teoritis, dengan berpuasa kita menjauhkan diri dari semua makanan atau minuman tertentu. Akhirnya asupan kalori kita dalam sehari pun lebih terkendali. Inilah yang menyebabkan penurunan berat badan seiring berjalannya waktu.

Beberapa penelitian puasa untuk bentuk badan ideal juga menemukan bahwa berpuasa dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang dapat meningkatkan potensi penurunan berat badan.

Faktanya, puasa sepanjang hari dapat mengurangi berat badan hingga 9% dan secara signifikan menurunkan lemak tubuh selama 12-24 minggu.

Menu Buka Puasa yang Tepat untuk Bentuk Tubuh Ideal

Apabila kamu ingin menjalani puasa untuk bentuk tubuh ideal, penting untuk memperhatikan apa yang kamu makan saat berbuka puasa. Tak jarang orang yang merasa sudah menjalani puasa tetapi berat badannya justru naik. Hal ini disebabkan karena setelah menahan lapar dan haus seharian, orang cenderung kalap saat menyantap makanan dan minuman berbuka puasa dan membalas dendam dengan mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi, gorengan, atau makanan-minuman manis.

Menu buka puasa yang tepat untuk bentuk tubuh ideal pada dasarnya harus memenuhi syarat rendah kalori, tinggi serat, protein, vitamin, dan bernutrisi. Contohnya:

  • Makan 3 buah kurma dan minum segelas air putih
  • Seporsi nasi merah dan sate dada ayam dengan bumbu kacang secukupnya
  • Dada ayam panggang atau ikan panggang
  • Buah-buahan potong

Menu Sahur yang Bagus untuk Membentuk Tubuh

Tak jauh berbeda dengan menu berbuka puasa, menu sahur yang bagus untuk membentuk tubuh haruslah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi.

Berikut contoh menu sahur yang bagus untuk membentuk tubuh:

  • Jus sayur-buah
  • Ubi dan pisang kukus
  • Omelette telur dengan sedikit minyak
  • Nasi merah atau oatmeal
  • 2 buah telur rebus

Itulah beberapa menu puasa untuk bentuk tubuh ideal yang dapat kamu masak sendiri di rumah. Pastikan komposisi makanan kamu tetap seimbang selagi menjalankan puasa agar tidak kekurangan atau pun kelebihan energi yang justru berdampak buruk bagi kesehatan.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

ciri-ciri orang vegetarian

Seperti Apakah Ciri-ciri Orang Vegetarian?

Gaya Hidup Sehat   20/04/2023

Tips Menjaga Kulit Saat Berpuasa

Kesehatan Kulit   27/03/2023

Buah yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Gaya Hidup Sehat   27/02/2023

Bye Bye Acne, Ini Dia Rekomendasi Sabun untuk Jerawat Punggung

Kesehatan Kulit   31/01/2023
gejala-kanker-ovarium

Kanker Ovarium: Pahami Gejala dan Penyebabnya

Gaya Hidup Sehat   23/11/2022