fbpx
BerandaSeks & AsmaraWaspadai Penyebab Sperma Encer dan Cara Mengatasinya

Sperma atau air mani adalah cairan yang keluar saat terjadi ejakulasi pada pria. Umumnya sperma memiliki tekstur yang kental dengan warna putih seperti susu dengan sedikit keabu-abuan. Kualitas sperma juga dapat ditentukan dengan tingkat kekentalan dari sperma. Beberapa aktivitas maupun makanan tertentu dapat menjadi penyebab sperma encer hingga berkurang kualitasnya.

Penyebab_Sperma_Encer

Kenali Kondisi Yang Menyebabkan Sperma Menjadi Encer

Sperma yang baru keluar dari penis akan memiliki tekstur yang kental namun dapat menjadi cair setelah 5 hingga 40 menit. Air mani dapat keluar dalam bentuk yang lebih encer disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah jumlah sperma yang keluar lebih sedikit dari jumlah normal. Berikut ini beberapa faktor lain penyebab encernya air mani pada pria:

  1. Sistem Reproduksi Belum Matang

Sperma yang encer umumnya muncul saat remaja, tepatnya saat pria berusia 11 hingga 15 tahun. Hal ini dikarenakan sistem reproduksi saat masa remaja belum sempurna sehingga sperma yang keluar masih encer. Hal tersebut dikaitkan dengan hormon seksual pada masa remaja yang belum maksimal.

  1. Terlalu Sering Ejakulasi

Melakukan hubungan seksual maupun masturbasi dapat menyebabkan ejakulasi, apabila terjadi terlalu sering dapat membuat sperma menjadi encer. Hal ini dikarenakan alat reproduksi pada pria membutuhkan waktu beberapa jam untuk kembali memproduksi sperma berkualitas, setelah air mani keluar saat ejakulasi pertama.

  1. Produksi Sperma Rendah

Normalnya, pria dapat mengeluarkan sekitar 15 juta sel sperma per mililiter air mani saat ejakulasi. Namun beberapa kondisi dapat menyebabkan jumlah sperma yang diproduksi menjadi rendah atau dalam istilah medis disebut sebagai oligospermia. Kondisi tersebut menyebabkan produksi sperma menjadi kurang maksimal saat ejakulasi.

Oligospermia dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya peradangan organ reproduksi, penyakit menular seksual, varikokel, ketidakseimbangan hormon, dan tumor.

  1. Kekurangan Zinc

Penyebab sperma encer juga dapat terjadi akibat kurangnya asupan zinc dalam tubuh. Mineral zinc memiliki fungsi untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel sperma, sehingga kurangnya asupan zinc dapat menyebabkan sperma menjadi encer karena produksi sperma berjalan tidak maksimal.

  1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, kebiasaan begadang, hingga kurangnya asupan makanan bernutrisi menyebabkan sperma menjadi encer. Gaya hidup tidak sehat dapat mempengaruhi ketidakseimbangan hormon sehingga produksi sperma menjadi berkurang.

Cara mengatasi Sperma Encer

Sperma yang encer sangat berkaitan dengan tingkat kesuburan pria, sebab tingkat kekentalan dari sperma dapat berpengaruh pada saat terjadi pembuahan. Sperma yang lebih kental dapat bertahan lama di dalam organ reproduksi wanita sehingga dapat meningkatkan peluang untuk terjadinya pembuahan yaitu bertemunya sel sperma dengan sel telur.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia, menambahkan “memiliki sperma encer bisa saja hal sementara dan bukan hal serius. Bila ada gangguan kesuburan sebaiknya konsultasikan ke dokter/dr andrologi untuk pemeriksaan lebih lanjut dan biasanya untuk mengetahui kualitas sperma diperlukan pemeriksaan analisa sperma.”

Sperma yang lebih kental memiliki pergerakan yang lebih lincah dibandingkan dengan sperma yang encer. Meski tingkat kekentalan dari sperma tidak selalu menjadi faktor masalah kesuburan namun tetap perlu untuk diperhatikan. Sperma yang encer dapat kembali ditingkatkan kekentalannya dengan menerapkan pola hidup sehat.

Penyebab sperma encer dapat dicegah dengan gaya hidup sehat, selain dapat menyehatkan tubuh juga dapat menjaga kualitas sperma tetap baik. Makanan bergizi dan bernutrisi tinggi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh termasuk dalam memproduksi sperma.

Ingin tahu info menarik seputar gaya hidup sehat? Simak selengkapnya di Jovee. Unduh juga aplikasi Jovee untuk mendapatkan rekomendasi suplemen personal secara instan. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan nutrisionis Jovee secara gratis. Dapatkan beragam vitamin, dari A hingga Z(inc) hanya di Jovee.

 

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

mengenali-ciri-masa-subur-pria

Mengenali Faktor Penyebab dan Ciri Masa Subur Pria

Seks & Asmara   06/09/2021
test-pack-yang-bagus

Kenali Ragam Produk Test Pack Guna Mengukur Kehamilan

Kesehatan Lainnya   20/04/2021
vitamale

Obat NF Vitamale: Manfaat, Aturan Penggunaan, dan Dosis

Seks & Asmara   16/04/2021
cara-berhubungan-intim-usia-kehamilan-9-bulan

Cara Bercinta Yang Aman Saat Hamil 9 Bulan

Seks & Asmara   16/03/2021
Natures-Plus-Ultra-Virile-Actin

Manfaat Natures Plus Ultra Virile-Actin Untuk Seksualitas Pria

Vitamin & Suplemen   25/02/2021