fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat4 Jenis Olahraga untuk Membantu Mengurangi Stres

Olahraga merupakan salah satu cara paling baik untuk mengurangi stres. Apa alasannya? Ketika olahraga, tubuh Anda mengeluarkan senyawa kimia bernama endorfin, alias hormon bahagia atau pencegah stres. Aktivitas fisik juga membantu menjernihkan beban pikiran Anda, apalagi jika dilakukan bareng keluarga. Selain mencegah stres, olahraga bersama keluarga bisa memperbaiki dan menguatkan komunikasi, menghilangkan kebosanan dengan bertukar pikiran dan senda gurau, serta membangun kebiasaan sehat.

4 Jenis Olahraga Bersama Keluarga untuk Mengurangi Stres

 

Jenis olahraga yang bisa dilakukan bersama keluarga sekaligus mengurangi stres

Olahraga dibutuhkan untuk semua orang supaya tetap sehat dan menjaga kebugaran tubuh. Bukan saja untuk orang dewasa, melainkan juga anak-anak.

dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, mengatakan bahwa, “Kebutuhan anak untuk aktif secara fisik minimal 1 jam per hari, menurut American Academy of Pediatrics (AAP). Bisa dengan bentuk aktivitas lari atau sepeda cepat (vigorous-intensity activity). Satu jamnya ini sebenarnya tidak harus dilakukan sekaligus, tapi bisa dicicil dalam 1 hari,”

Beliau juga menambahkan, “Sedangkan kebutuhan orang dewasa sehat biasanya 150 menit moderate intensity aerobic activity, seperti jalan cepat dan berenang. Atau 75 menit vigorous intensity activity contohnya lari dan senam aerobik. Per minggu sebisa mungkin dibagi rata, misalnya latihan moderate intensity aerobic activity 30 menit per hari.”

Dikutip dari laman Mayo Clinic, ada beberapa penelitian yang menunjukkan efektivitas olahraga terhadap kesehatan fisik dan mental. Rutin olahraga dipercaya mampu memperbaiki mood Anda sehingga mencegah risiko stres dan cemas, bahkan depresi.

Berikut ada beberapa olahraga yang dapat meningkatkan stamina sekaligus mengusir stres, antara lain: 

 

1. Lari atau jalan cepat

Mengapa lari dapat mengurangi stres? Karena olahraga ini membuat pikiran Anda lebih jernih. Hal tersebut dilakukan dengan mempercepat denyut jantung sehingga aliran darah dan oksigen ke otak serta otot jadi lebih lancar.

Kemudian, tubuh akan melepaskan suatu zat bernama endocannabinoid yang diduga menenangkan pikiran serta perasaan Anda. Itulah sebabnya, ada istilah runner’s high, yaitu perasaan senang dan stres yang berkurang yang muncul setelah Anda lari. 

Nah, apabila ada anggota keluarga yang tidak kuat lari, Anda bisa menggantinya dengan jalan cepat. Disamping mudah dan murah, olahraga jalan santai atau jalan cepat dapat melemaskan otot-otot yang tegang, memperbaiki pernapasan, dan menenangkan sistem saraf. 

Saat jalan, Anda dan keluarga pun bisa sekaligus memanjakan mata sembari mengobrol. Quality time bersama keluarga ketika jalan dapat membantu mengelola stres.

 

2. Yoga

Sejak dulu, yoga dan meditasi telah digunakan sebagai alternatif untuk meredakan kecemasan depresi. Gerakan dan postur yoga yang lembut membuat tubuh lebih lentur dan mengurangi ketegangan otot. 

Latihan pernapasan dalam saat yoga juga dapat merelaksasi tubuh dengan dalam dapat mengurangi denyut jantung, tekanan darah, dan deru napas. Hal tersebut otomatis mengurangi stres. 

 

3. Menari

Menari akan meningkatkan kelincahan gerak tubuh. Jenis olahraga ini membuat otot-otot tubuh menegang dan relaksasi. Setiap gerakan pun akan meningkatkan detak jantung. Menari bersama keluarga akan membangun kekompakan satu sama lain. Contohnya, saat Anda dan anggota keluarga menyamakan ritme tarian. Dengan begitu, beban pikiran akan teralihkan sehingga otak menjadi lebih fresh.

 

4. Tenis

Tenis merupakan salah satu jenis olahraga permainan yang harus dimainkan secara berpasangan. Karena itulah, tenis bisa membantu mempererat hubungan Anda dan anggota keluarga. 

Olahraga ini membutuhkan gerak tubuh serta konsentrasi tinggi. Setiap Anda mendapatkan poin, akan timbul perasaan puas dan bangga sehingga berdampak pada penurunan tingkat stres yang Anda rasakan.Tenis juga dapat mengendalikan tekanan darah agar tetap dalam batas normal.

Itulah 4 contoh olahraga yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal, berolahraga-lah secara rutin, paling tidak 30 menit setiap hari. Anda bisa melakukan aktivitas fisik ini pada pagi ataupun sore hari.

Selain dengan berolahraga, mengatasi stres juga dapat dilakukan dengan konsumsi suplemen Blackmores Executive B 62 Kaplet – Mendukung Respon Stress (Rp 253.871).

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Mayo Clinic. 2017. Depression and anxiety: Exercise eases symptoms.

Everyday Health. (n.d.). Exercise and Stress Relief.

Kate H. (Everyday Health). 2017. 9 Exercises for Stress Relief.

Harvard Health Publishing. (n.d.). Yoga for anxiety and depression.

David JL. (Hopkins Medicine). (n.d.). The Truth Behind ‘Runner’s High’ and Other Mental Benefits of Running.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Makanan_Pemicu_Kanker

Waspadai Makanan Penyebab Kanker Yang Perlu Dihindari

Gaya Hidup Sehat   01/10/2021
Jerawat_Pasir

Kenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021
Cara_Menenangkan_Pikiran

Ketahui Cara Menenangkan Pikiran secara Sederhana

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021

Organ Pencernaan Manusia, Bagaimana Cara Memeliharanya?

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
Varian Mu

Varian Mu, Varian COVID-19 Terbaru Yang Mengancam

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021