fbpx
BerandaMakanan SehatSedang Dilanda Stres? Coba Konsumsi 10 Makanan Ini!

Semua orang pasti pernah dan akan merasakan stres. Cara masing-masing orang mengendalikannya tentu berbeda-beda. Mengelola stres merupakan hal penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Tingkat stres yang terlampau tinggi akan berdampak negatif terhadap kesehatan. Biasanya, orang yang sedang stres cenderung melampiaskannya dengan makan (stress-eating). Intip berbagai makanan sehat penghilang stres yang bisa Anda konsumsi di bawah ini.

Sedang Dilanda Stres? Coba Konsumsi 10 Makanan Ini!

Bagaimana bisa makanan meredakan stres?

Makanan bisa membantu menghilangkan stres dengan berbagai cara. Contohnya, semangkuk oatmeal hangat dapat meningkatkan kadar serotonin, hormon bahagia, dalam tubuh. Beberapa makanan lain bisa menurunkan kadar hormon stres kortisol dan adrenalin. Pola makan yang sehat dipercaya dapat membantu melawan dampak stres terhadap terhadap tubuh dengan menunjang sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Lantas, apa saja makanan-makanan ini?

Makanan dan minuman sehat penghilang stres

Sebetulnya, stress-eating itu sah-sah saja. Tetapi, bukan berarti Anda boleh sembarangan mengonsumsi jenis makanan. Simak 10 makanan dan minuman yang terbukti mampu menghilangkan stres di bawah ini.

1. Teh hijau

Berbeda dengan kopi, kandungan kafein di dalam teh hijau tidak menyebabkan rasa gelisah dan jantung berdebar.Ketenaran teh hijau di dunia kesehatan ini disebabkan oleh kandungan L-theanine di dalamnya. Selain meredakan stres, minuman ini diyakini mampu melindungi dari risiko beberapa jenis kanker dan meningkatkan fungsi otak.

L-theanine merupakan asam amino nonprotein dengan sifat penghilang stres yang kuat. Penelitian terhadap 40.000 responden yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa terdapat penurunan tingkat stres psikologis sebanyak 20% pada mereka yang mengonsumsi, setidaknya, 5 gelas teh hijau per hari. Hasil penelitian tersebut sudah memperhitungkan faktor usia, jenis kelamin, riwayat penyakit, massa indeks tubuh, konsumsi alkohol, merokok, dan pola makan.

2. Telur

Telur adalah salah satu sumber alami dari vitamin D. Vitamin ini dikenal dengan manfaatnya dalam menunjang dan meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah peradangan, mengontrol suasana hati, dan meredakan gejala depresi. Telur juga mengandung asetilkolin, yaitu zat kimia yang berfungsi untuk menghantarkan rangsangan saraf (neurotransmiter) di otak. Asetilkolin juga berperan dalam mengontrol mood serta mengelola tingkat stres.

3. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega 3 dan mineral magnesium yang baik untuk tubuh. Asam omega 3 ini berfungsi untuk memelihara kesehatan otak dan meredakan stres. Sementara itu, magnesium mampu mengontrol suasana hati dan menjaga fungsi serta kesehatan saraf. Satu hal yang perlu diingat bahwa alpukat terhitung sebagai sumber lemak. Jadi, aturlah porsinya sedemikian rupa.

4. Kerang

Segala jenis kerang memiliki kandungan asam amino yang cukup tinggi, termasuk taurin. Taurin yang ada pada kerang dapat membantu meningkatkan suasana hati. Tidak heran jika kerang dikenal dengan makanan penghilang stres. Tubuh membutuhkan taurin dan asam amino lainnya untuk menghasilkan neurotransmiter, seperti hormon dopamin, yang penting untuk mengatur respons stres.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa taurin mungkin memiliki efek antidepresan. Tidak hanya asam amino, kerang juga mengandung vitamin B12, zinc, tembaga, dan selenium, yang juga bisa membantu meningkatkan suasana hati sehingga otomatis akan mengurangi stres.

5. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin E. Vitamin yang bersifat larut dalam lemak ini bertindak sebagai antioksidan yang cukup kuat dan sangat penting untuk kesehatan mental.

6. Teh chamomile

Chamomile telah lama digunakan sebagai pengobatan herbal alami untuk meredakan kecemasan sejak zaman dulu. Tanaman chamomile sudah terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur, dengan membantu seseorang lebih relaks dan memicu rasa kantuk. Tidur yang cukup akan meningkatkan kerja dan fungsi sistem imun jadi lebih optimal.

7. Blueberry

Kelompok buah beri adalah buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Kandungan anthocyanin pada blueberry dan strawberry berfungsi dalam mempertajam fungsi kognitif otak dan melindungi organ jantung. Buah-buahan beri juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah agar tidak teroksidasi, serta membantu memelihara kesehatan juga fungsi pembuluh darah. Disamping mengandung antioksidan, semua buah keluarga beri juga kaya akan vitamin C yang mampu melawan stres.

8. Bayam dan sayuran berdaun hijau

Bayam ialah sumber mineral magnesium. Kekurangan asupan magnesium bisa memicu sakit kepala dan kelelahan, yang memperparah dampak stres. Sayuran berdaun hijau seperti bayam atau asparagus ini pun mengandung folat (vitamin B9), yang menghasilkan dopamin, senyawa kimia di otak yang merangsang rasa bahagia. Dopamin juga dapat membantu seseorang tetap relaks.

9. Ikan berlemak

Makanan penghilang stres lainnya adalah ikan. Konsumsi ikan, seperti makarel, herring, salmon, dan sarden mengandung asam lemak omega 3 serta vitamin D. Kandungan omega 3 di dalam ikan berlemak ini bersifat antiinflamasi yang dapat membantu melawan efek negatif dari hormon stres alias kortisol. Sebuah penelitian terhadap mahasiswa kedokteran menunjukkan bahwa konsumsi suplemen omega 3 setiap hari bisa menurunkan kecemasan sampai 20%.

10. Bawang putih

Bawang putih kaya akan sulfur yang bisa meningkatkan kadar antioksidan glutathione. Antioksidan yang ada di dalam bawang putih ini mampu mengurangi tingkat stres.

Itulah makanan dan minuman pereda stres yang bisa Anda konsumsi. Walaupun begitu, Anda tidak sepatutnya hanya mengandalkan makanan untuk menghilangkan stres. Kombinasikan pola makan sehat dengan olahraga rutin, tidur cukup, dan konsumsi air putih. Mengonsumsi suplemen pereda stress seperti Blakckmores Multi B Performance – Respon Stress (Rp267.703) yang dapat dibeli di Jovee.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gejala-kanker-ovarium

Kanker Ovarium: Pahami Gejala dan Penyebabnya

Gaya Hidup Sehat   23/11/2022
buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
infeksi-superbug

Infeksi Superbug: Bakteri Super yang Kebal Antibiotik

Gaya Hidup Sehat   16/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
dampak-resistensi-antibiotik

Dampak Resistensi Antibiotik: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah

Gaya Hidup Sehat   15/11/2022