fbpx

7 Cara Meningkatkan Dopamin, si Hormon Bahagia

by | Oct 14, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Hormon dopamin merupakan salah satu hormon kebahagiaan dan kesenangan diri. Dopamin adalah hormon yang membawa pesan senyawa kimia pada otak dan mempunyai banyak fungsi. Fungsi lain dari dopamin terlibat dengan motivasi, memori, dan mengatur gerakan tubuh.

Hal yang perlu Anda ketahui, bahwa ketika dopamin dilepaskan dalam skala besar, akan menciptakan perasaan senang dan penghargaan, yang mampu memotivasi Anda untuk mengulangi perilaku tertentu. Tetapi, ketika dopamin yang dilepaskan berbanding terbalik maka Anda akan kekurangan motivasi dan antusiasme untuk hal-hal yang bisa meningkatkan gairah orang-orang.

Menurut dr. Irma Lidia, kekurangan dopamin dapat menyebabkan orang kurang motivasi, tidak antusias, sulit berkonsentrasi, dan kurang sigap. Selain itu beberapa penyakit seperti ADHD, parkinson , depresi juga dikaitkan dengan kurangnya dopamin dalam tubuh. Sehingga sangat penting untuk memiliki kadar dopamin yang cukup. Ada beberapa cara alami dalam meningkatkan dopamin yang bisa Anda lakukan.

 

Cara Alami Meningkatkan Hormon Dopamin

Hormon dopamin pada umumnya akan diatur secara baik dalam sistem saraf, tetapi Anda bisa meningkatkan hormon dopamin secara alami. Inilah cara alami meningkatkan dopamin, diantaranya adalah:

 

1. Mengonsumsi makanan tinggi protein

Protein merupakan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh dengan bahan penyusun asam amino. Asam amino di dalam protein ada 23 macam, diantaranya mampu mensintesis. Di dalam asam amino terdapat tirosin, yang memiliki peranan untuk memproduksi hormon dopamin.

Enzim dalam tubuh Anda mampu mengubah tirosin menjadi dopamin, sehingga ketika kadar tirosin cukup memadai faktor ini penting untuk meningkatkan hormon dopamin. Bahkan, kadar tirosin dibuat dari asam amino yang lain yang dikenal sebagai phenylalanine. Anda bisa memakan daging kalkun, sapi, telur, kedelai, serta kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan protein.

Baca juga: Hati-Hati! Inilah Tandanya Anda Kekurangan Protein

 

2. Cukup tidur

Anda perlu tahu bahwa hormon dopamin yang dilepas membawa Anda untuk selalu waspada serta terjaga. Terdapat penelitian terhadap hewan percobaan, bahwa hormon dopamin yang dilepas membuat hewan tersebut bangun di pagi hari dan mulai menurun di malam hari menunjukkan waktu tidur.

Walaupun begitu, ketika Anda tidak cukup tidur maka ritme yang terjadi alami ini tidak bisa sesuai dengan keadaan.

Pada saat Anda terjaga setiap malam, maka hormon dopamin mulai menurun. Hormon menurun akan mempengaruhi sensitivitas reseptor yang menyebabkan menurunnya konsentrasi dan koordinasi tubuh memburuk.

National Sleep Foundation, menyarankan semua orang tidur 7-9 jam setiap malam untuk kesehatan yang optimal. Maka dari itu, perbaiki waktu tidur Anda agar hormon dopamin bisa bekerja maksimal di dalam tubuh dan tidak berkurang sensitivitasnya.

 

3. Rutin berolahraga

Olahraga wajib dilakukan untuk meningkatkan kadar endorfin serta meningkatkan mood. Ketika Anda melakukan kegiatan aerobik walau dalam jangka 10 menit, maka akan meningkatkan suasana hati. Sehingga olahraga, bisa meningkatkan kadar dopamin yang ada di otak.

Terdapat studi yang dilakukan, memberikan fakta bahwa melakukan 1 jam yoga dilakukan rutin 6 hari/ minggu maka akan memberikan dampak signifikan yaitu meningkatnya hormon dopamin.

Latihan aerobik juga memiliki manfaat bagi orang yang mengidap parkinson, yang mana mampu bermanfaat untuk mengatur gerakan tubuh.

 

4. Mendengarkan musik

Anda perlu tahu bahwa mendengarkan musik bisa menjadi cara menyenangkan untuk merangsang pelepasan dopamin otak. Studi several brain imaging, menemukan fakta bahwa mendengarkan musik akan meningkatkan kesenangan di otak, yang kondisinya kaya akan reseptor dopamin.

Bahkan hal kecil seperti mendengarkan musik, bisa membantu seseorang yang mengidap parkinson dan membantu meningkatkan kemampuan kontrol motorik.

Jadi, hal ini bisa disimpulkan bahwa mendengarkan musik instrumental favorit akan meningkatkan hormon dopamin.

 

5. Mendapatkan sinar matahari yang cukup

 

Seasonal affective disorder (SAD) merupakan kondisi yang mana seseorang merasa sedih maupun tertekan ketika musim dingin karena tidak terkena sinar matahari yang cukup.

Anda harus tahu, bahwa ketika paparan sinar matahari rendah akan menyebabkan penurunan tingkat neurotransmitter yang akan mempengaruhi suasana hati, termasuk hormon dopamin. Paparan sinar matahari bisa meningkatkan hormon dopamin.

Walaupun Anda tahu bahwa sinar matahari mampu mempengaruhi hormon dopamin dan mampu meningkatkan suasana hati, Anda harus tahu pedoman melakukan penjemuran di bawah matahari agar Anda mendapatkan sinar terbaik untuk tubuh.

 

6. Meditasi

Meditasi adalah tindakan yang dilakukan secara sadar untuk meningkatkan kualitas hati dan pikiran dengan menjernihkan pikiran Anda, fokus, dan membiarkan pikiran Anda melayang tanpa pikiran buruk.

Dalam penelitian terbaru, menghasilkan sebuah fakta yaitu kadar dopamin meningkat ketika melakukan meditasi. Suatu studi telah menunjukkan bahwa melakukan meditasi selama 1 jam bisa meningkatkan kadar dopamin di otak sebesar 64%.

 

7. Mengonsumsi suplemen

Anda harus tahu bahwa tubuh membutuhkan beberapa vitamin dan mineral untuk memproduksi hormon dopamin. Vitamin serta mineral yang dibutuhkan adalah zat besi, niasin, folat, serta vitamin B6. Pada saat vitamin atau mineral yang dibutuhkan oleh tubuh tidak terpenuhi maka produksi dopamin akan menurun.

Maka dari itu, suplemen bisa Anda pertimbangkan guna membantu memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral di dalam tubuh. Hal ini akan berpengaruh untuk produksi hormon dopamin. Mulai sekarang, Anda dapat melakukan 7 cara di atas untuk meningkatkan produksi dopamin.

Baca juga:

Mengenali Jenis-Jenis Hormon Bahagia di Dalam Tubuh

Sedang Dilanda Stres? Coba Konsumsi 10 Makanan Ini!

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional