fbpx

9 Manfaat Makanan dengan Kandungan Serat Tinggi

by | Aug 27, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Serat banyak terdapat dalam makanan nabati. Berbeda dengan zat gizi protein, karbohidrat, dan lemak, serat tidak dapat dicerna ataupun diserap tubuh. Namun, serat akan mengikat air dan membantu melancarkan perncernaan. Tidak hanya itu, serat juga memiliki manfaat lain yang sangat banyak, terutama untuk kesehatan tubuh.

Sumber lemak yang paling bagus bagi tubuh yaitu berupa buah-buahan dan sayuran. Sementara kebutuhan serat bagi orang dewasa tidaklah sama yaitu hanya kisaran 25 sampai 35 gram. Dalam sehari orang dewasa harus memenuhi serat sebanyak 5 porsi. Untuk serat larut air dapat dikonsumsi sebanyak 30 gram per harinya. Hal ini bisa menurunkan kadar kolesterol yang jahat kisaran 18%.

 

Manfaat Makanan Berserat Tinggi

Diri seseorang yang tidak memenuhi kebutuhan serat dalam tubuhnya, maka disarankan untuk mengonsumsi serat agar kebutuhan tubuh benar-benar terpenuhi dengan baik. Namun perlu diingat bahwa untuk mengonsumsi serat tidak diperbolehkan jika dilakukan secara drastis. Hal ini justru bisa menjadikan diri Anda mengalami kram perut atau perut terasa begah.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari makanan yang berserat tinggi, diantaranya seperti berikut:

 

1. Mencegah Penyakit Jantung

Serat di dalam tubuh memang sangat dibutuhkan sebagai salah satu cara untuk mencegah serangan jantung. Makanan mempunyai kandungan serat tinggi memang sangat dianjurkan bagi diri seseorang supaya benar-benar memberikan banyak manfaat. Terutama bagi kesehatan. Penyakit jantung bisa saja dialami oleh siapapun, sehingga melakukan pencegahan dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi sangat dianjurkan.

 

2. Mengontrol Gula Darah

Mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat melakukan pengontrolan pada gula darah. Terutama bagi Anda yang seringkali mengonsumsi makanan manis-manis dan seringkali tidak bisa mengontrol kadar gula darah. Mengonsumsi makanan berserat bisa membantu tubuh agar lebih lambat ketika mengosongkan lambung. Dengan begitu penyerapan gula darah pada tubuh akan menjadi lebih lambat.

 

3. Dapat Mengatur Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berserat tinggi. Ternyata mengonsumsi makanan berserat tinggi bisa menjadikan tubuh terasa  lama kenyang. Untuk frekuensi dan jumlah makanan berserat lebih tinggi dibandingkan dengan kalori.

 

4. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Makanan berserat tinggi sangat cocok bagi diri seseorang yang sering kali mengalami gangguan pada sistem pencernaan seperti sembelit. Untuk makanan yang berserat tinggi dapat menyerap air, sehingga bisa menjadikan diri seseorang lebih lancar ketika buang air besar. Ada banyak jenis makanan berserat tinggi yang telah difermentasi pada usus besar. Sehingga menjadikan kondisi usus lebih sehat.

 

5. Dapat Mengurangi Kolesterol

Tubuh yang mempunyai kolesterol tinggi dapat berkurang dengan makanan yang berserat tinggi. Hal inilah maka diri seseorang mampu memiliki tekanan darah yang tetap normal. Sementara serat diproduksi mampu mengikat kolesterol yang sudah masuk kedalam tubuh melalui makanan. Dengan begitu makanan tersebut tidak diserap tubuh, akan tetapi dibuang dengan cara melalui sistem pencernaan pada saat buang air.

 

6. Menambah Usia

Makanan berserat tidak hanya membuat diri seseorang memiliki tubuh yang sehat dan bugar saja. Akan tetapi makanan berserat juga akan menjadikan diri seseorang lebih panjang umur. Hal ini dikarenakan makanan berserat mampu mengurangi adanya resiko penyakit kardiovaskuler maupun penyakit kanker. Sementara kedua jenis penyakit tersebut menjadi penyakit yang fatal, sehingga disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi secara rutin.

 

7. Melakukan Pencegahan Penyakit Diabetes

Kebanyakan penyakit diabetes memang akan menyerang pada usia lanjut. Namun ternyata diabetes bisa saja dialami oleh para kaum muda. Oleh karena itu Anda harus mengonsumsi makanan berserat supaya dapat melakukan pencegahan penyakit diabetes. Selain itu diet serat tinggi akan memperlambat bagian penyerapan gula pada kadar darah. Apabila seseorang rajin memenuhi kebutuhan makanan berserat maka akan berisiko kecil terhadap serangan penyakit diabetes tipe 2.

 

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Makanan berserat yang dikonsumsi oleh diri seseorang secara tidak langsung mampu mengenyahkan jamur maupun ragi-ragi yang terdapat pada tubuh. Terlebih lagi bagi diri seseorang yang mempunyai tubuh berjerawat maupun ruam kulit. Oleh karena itu Anda disarankan supaya benar-benar mengonsumsi makanan berserat tinggi secara rutin supaya kesehatan kulit tetap terjaga secara sempurna.

 

9. Dapat mengatasi penyakit wasir

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari diri seseorang yang secara rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi yaitu mampu menurunkan resiko adanya penyakit wasir. Dengan makanan berserat tinggi maka Anda tidak perlu mengejan secara keras ketika sedang buang air besar. Kesulitan dalam buang air besar memang hampir semua orang di mengalaminya.

Supaya Anda bisa merasakan manfaat yang didapatkan dari makanan berserat tinggi, maka disarankan untuk memenuhi batas minimal selama mengonsumsi serat. Batas minimum dari serat yang dikonsumsi yaitu kisaran 30 gram untuk pria berusia 50 tahun, dan untuk wanita sebanyak 25 gram saja.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Brands