fbpx
Beranda › Makanan Sehat › Manfaat Kecipir untuk Kesehatan Tubuh

Kecipir merupakan jenis kacang tropis yang hidup di daerah yang panas dan lembab. Umumnya, manfaat kecipir digunakan sebagai bahan masakan. Umbi kecipir bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat.

manfaat-kecipir-untuk-kesehatan

Saat ini kecipir tidak sepopuler zaman dahulu. Jika zaman dahulu banyak sekali orang yang gemar mengonsumsi kecipir, sekarang bisa dikatakan tanaman kecipir ini sepi peminat. Padahal, ada beragam manfaat dari tumbuhan kecipir yang tidak hanya terbatas sebagai bahan masakan, tapi juga untuk kesehatan.

Manfaat Kecipir

Ada beberapa khasiat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi kecipir, di antaranya:

1. Memberikan Energi bagi Tubuh

Di dalam kecipir terdapat mineral penting bernama fosfor. Mineral ini berperan dalam meningkatkan energi di dalam tubuh manusia. Apabila kita mengonsumsi kecipir setelah menjalani aktivitas yang berat, energi yang terkuras bisa secara perlahan terisi kembali.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kecipir memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat berperan penting dalam melancarkan pencernaan manusia. Jika rutin melengkapi kebutuhan serat per harinya, seperti dengan mengonsumsi kecipir, pencernaan kita akan lebih lancar dan sehat.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain fosfor, kecipir juga menyimpan jenis mineral lainnya berupa kalsium. Seperti yang kita ketahui, kalsium memiliki fungsi utama dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Kecipir pun bisa membantu pemenuhan mineral ini agar kesehatan tulang kita tetap terjaga dan terhindar dari pengeroposan.

4. Mencegah Kulit Kendur

Kecipir juga mengandung vitamin C yang dikenal karena beragam manfaatnya. Salah satu manfaat tersebut adalah membantu kesehatan kulit dengan mengurangi kerutan-kerutan yang muncul. Hal ini berkaitan pula dari fungsi vitamin C yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen sebagai zat yang meremajakan kulit dan membuatnya tetap kencang.

5. Menghambat Penuaan

Manfaat kecipir yang kelima adalah menghambat penuaan. Manfaat ini masih berkaitan dengan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya, juga karena adanya vitamin A. Keduanya berperan penting dalam menghambat proses penuaan. Khasiat tersebut didapat dengan menggantikan sel-sel kulit mati atau sudah lama dengan sel-sel yang baru.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Fungsi lainnya dari vitamin A dan vitamin C adalah menjaga daya tahan tubuh. Hal tersebut berasal dari peran kedua vitamin tersebut dalam melindungi tubuh kita dari ancaman radikal bebas yang bisa menimbulkan risiko penyakit.

7. Meringankan Sesak Napas

Tahukah kamu kalau kecipir juga berkhasiat untuk memulihkan sesak napas? Ini dikarenakan mineral magnesium yang terkandung di dalam tanaman ini. Magnesium memiliki sifat bronkodilator. Sifat yang dimiliki kecipir ini memiliki kemampuan dalam mengendurkan otot-otot pada saluran pernapasan. Sehingga, sesak napas bisa teratasi.

Tips Mengonsumsi Kecipir

Ada beberapa bagian dari kecipir yang bisa dikonsumsi. Di antaranya adalah daun kecipir muda yang bisa dijadikan lalapan. Kamu bisa memakan daun kecipir muda secara langsung atau memasaknya sebentar saja.

Bunga dari kecipir juga bisa dikonsumsi. Bagian ini umumnya dimanfaatkan sebagai pelengkap nasi pecel. Selanjutnya adalah bagian umbi kecipir atau kacang kecipir. Komponen kecipir inilah yang paling sering digunakan sebagai bahan masakan. Kamu bisa menggunakan kacang kecipir untuk tumisan, salad, dan olahan sayur lainnya.

Dengan memanfaatkan beberapa bagian dari kecipir yang disebutkan, kamu akan merasakan beragam manfaat kecipir untuk kesehatan tubuhmu. Jika kamu belum terbiasa mengolah kecipir, kamu bisa mencari resepnya di internet. Ada banyak situs yang menyediakan resep makanan dengan bahan kecipir, jadi kamu tidak akan kesulitan mencari cara untuk mengolah kecipir.

Ingin meningkatkan daya tahan tubuh dengan komposisi herbal yang aman? Kamu bisa mendapatkannya dengan suplemen Sidomuncul Sari Daun Kelor (Rp81.750). Temukan juga vitamin dan suplemen herbal lainnya hanya di website jovee.id.

Jovee, Pusat Vitamin Personal terlengkap

Simak artikel seputar info makanan sehat lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin terlengkap. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store serta dapatkan suplemen personalmu di sini. Cari tahu pula tentang suplemen yang kamu butuhkan dengan berkonsultasi secara gratis dengan nutrisionis Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara membuat jus semangka

Cara Membuat Jus Semangka dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/12/2023
manfaat vanili cair

Aneka Manfaat Vanili Cair, Ekstrak, dan Biji Vanila

Makanan Sehat   12/12/2023
Manfaat Kombucha

Mengenal Beragam Manfaat Kombucha untuk Kesehatan

Makanan Sehat   10/12/2023
makanan tinggi protein

Daftar Makanan Tinggi Protein

Makanan Sehat   07/12/2023
efek samping chamomile tea

Kenali Manfaat dan Efek Samping Chamomile Tea

Makanan Sehat   06/12/2023