fbpx

Apa Saja Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental?

by | Oct 21, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Olahraga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan fisik. Tapi, belakangan ini diperoleh hasil studi terhadap manfaat dari olahraga bagi kesehatan mental. Jadi, selain tubuh lebih bugar dan ideal, dengan berolahraga seseorang akan mendapatkan manfaat kesehatan mental yang lebih baik. Memang, apa saja, sih, dampak olahraga terhadap kesehatan jiwa kita? Baca terus artikel ini sampai akhir, ya!

 

1. Memperbaiki Suasana Hati atau Mood

Soal perasaan memang tidak bisa dikontrol. Terkadang seseorang merasa bahagia, tapi beberapa saat kemudian bisa saja merasa gelisah atau bad mood karena suatu sebab. Nah, jika Anda termasuk salah satu orang yang sering merasa bad mood, lebih baik cobalah untuk berolahraga lebih rutin.

Bentuk olahraga ini pun bisa berupa gym atau sekedar berjalan cepat. Sebab, aktivitas fisik ini bisa memicu hormon endorfin pada otak supaya membuat seseorang merasa lebih bahagia dan rileks. Dengan berolahraga pula, akan memberikan kesempatan tubuh untuk melepas lelah dan meningkatkan kebugaran.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Tahukah Anda, ternyata aktivitas fisik yang teratur bisa membantu menjaga kesehatan mental lho! Rutinitas inilah yang nantinya akan membuat konsentrasi seseorang tetap tajam seiring bertambahnya usia. Bentuk konsentrasi ini bisa berupa berpikir secara kritis, belajar dengan fokus, dan menggunakan penilaian secara baik.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aktivitas aerobik dan penguatan otot akan membantu menguatkan konsentrasi seseorang. Lakukan aktivitas ini tiga sampai lima kali seminggu selama 30 menit, maka Anda akan rasakan pengaruhnya terhadap kesehatan mental Anda.

3. Mengurangi Tekanan Stres dan Depresi

Secara fisik, boleh jadi seseorang terlihat aktif, namun pikiran bisa terganggu oleh stress harian. Nah, dengan berolahraga akan membantu seseorang terhindar dari pikiran negatif. Saat olahraga, hormon kortisol atau hormon stress seseorang akan berkurang. Disaat yang bersamaan, tubuh memproduksi hormon endorfin yang menjaga tubuh dari stress ataupun depresi. Hormon endorfin juga membuat seseorang lebih rileks dan optimis.

4. Memperbaiki Kebiasaan Tidur Lebih Berkualitas

Apakah Anda merasa sering kesulitan tidur? Atau, tidur Anda tidak berkualitas? Jika iya, bisa jadi karena kurang berolahraga. Ya, olahraga adalah bentuk aktivitas fisik yang akan meningkatkan kualitas tidur seseorang. Bahkan, dengan olahraga akan membuat seseorang lebih cepat tidur dan memperdalam tidur.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat dari olahraga selanjutnya adalah membuat Anda makin PD. Apakah kaitan antara rajin berolahraga dengan kepercayaan diri? Hal ini dimungkinkan karena saat berolahraga, stamina dan kekuatan seseorang akan meningkat. Itulah yang akan meningkatkan citra diri seseorang. Semangat dan energi baru yang diperoleh ini akan membuat Anda lebih bersemangat dan berhasil dalam melakukan pekerjaan harian.

6. Meningkatkan Keterampilan Memimpin

Bagaimana bisa olahraga berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan memimpin seseorang? Ya, hal ini bisa terjadi dalam olahraga tim seperti sepak bola, baseball, dan basket. Berdasarkan hasil studi, seseorang yang terlibat dalam olahraga tim akan mendapatkan kesempatan untuk berlatih dan pengalaman menang kalah bersama. Nah, pengalaman ini cenderung mengarah pada sifat kepemimpinan yang kuat dari waktu ke waktu.

7. Lebih Mudah Bersosialisasi

Selain meningkatkan keterampilan memimpin, olahraga juga memberikan manfaat lain berupa kemampuan sosial. Jenis olahraga ini berupa permainan seperti voli, sepakbola, basket, atau lari estafet. Sebab, ketika bermain olahraga tim, Anda akan belajar untuk berinteraksi dengan orang lain, berkomunikasi, hingga berkolaborasi. Dengan demikian, kemampuan sosialisasi Anda akan terlatih dan kemudian terbiasa.

8. Mampu Menghadapi Kegagalan

Saat olahraga, bukan hanya fisik saja yang dilatih, melainkan rasa kompetisi dalam menghadapi kesuksesan maupun kegagalan. Anda pun akan belajar bagaimana mengatasi tekanan dari perlawanan tim lain dan tuntutan untuk selalu menampilkan permainan yang terbaik dalam kondisi apapun.

Itulah beberapa manfaat dari olahraga terhadap kesehatan jiwa Anda. Stres dan sejumlah masalah mood bisa diredakan dengan mengonsumsi nutrisi tertentu, lho. Misalnya saja, Anda mengalami gangguan pikiran (stress) dan kesulitan tidur, maka rekomendasi suplemen yang mungkin diberikan adalah B kompleks dan magnesium, vitamin D, dan omega serta vitamin E. Rekomendasi suplemen tersebut bisa berbeda-beda untuk masing-masing individu tergantung kondisi kesehatannya.

Kombinasi vitamin B kompleks dan magnesium ini mendukung sistem metabolisme sel, sistem imun, dan membantu mencegah defisiensi vitamin B. Sementara, vitamin D baik untuk kesehatan tulang, gigi, serta menurunkan risiko hipertensi. Kemudian, omega dan vitamin E baik untuk kesehatan jantung, membantu meredakan radang sendi, dan menjaga kadar trigliserida dalam tubuh.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Brands