fbpx

Apakah Glucosamine Ampuh untuk Mengatasi Radang Sendi?

by | Jun 19, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Pernahkah Anda mengalami radang sendi? Osteoarthritis atau radang sendi adalah kelainan degeneratif kronis yang saat ini merupakan salah satu penyebab utama kecacatan dalam populasi lansia. Osteoarthritis merupakan bentuk artritis yang paling umum yang dapat menyerang tangan, pinggul, bahu, dan lutut. Pada osteoarthritis tulang rawan yang melindungi ujung-ujung tulang menjadi rusak dan menyebabkan rasa sakit dan bengkak. Perawatan obat dan non-obat dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan atau meredakan pembengkakan. 

Gejala Osteoarthritis

Terdapat beberapa gejala yang perlu Anda ketahui untuk mengenali osteoarthritis, antara lain:

  • Nyeri atau sakit pada sendi
  • Kekakuan sendi
  • Berkurangnya rentang gerak (atau fleksibilitas)
  • Pembengkakan

Meskipun jumlah penderita dan dampak yang dihasilkan osteoarthritis besar pada populasi dewasa, penyebab pasti penyakit ini masih belum diketahui. Selain itu, seperti kebanyakan penyakit kronis, terdapat beberapa faktor risiko yang disebutkan dapat memicu penyakit ini, baik secara biokimiawi maupun mekanis.

Namun tahukah Anda terdapat senyawa yang dapat digunakan untuk mengatasi radang sendi? Ya terdapat senyawa yang dapat mengatasi permasalah radang sendi, yaitu glucosamine. Apa sih glucosamine? Mengapa bisa mengatasi peradangan pada sendi? Yuk simak ulasan yang telah dibuat Tim Jovee berikut ini.

Glucosamine

Glucosamine adalah aminosakarida yang bertindak sebagai substrat untuk biosintesis rantai glikosaminoglikan dan digunakan dalam produksi aggrecan dan proteoglikan lainnya dari tulang rawan. Aminosakarida jenis ini adalah salah satu alternatif yang paling sering digunakan di seluruh dunia karena sifat kondroprotektifnya dan efek jangka panjangnya. 

Glucosamine telah menjadi andalan dalam manajemen terapi osteoarthritis karena efeknya dalam meredakan gejala, serta efektivitasnya yang relatif tidak berbahaya. Pada sebuah penelitian, juga menyebutkan bahwa zat ini telah menunjukkan efek positif dalam mengurangi gejala osteoarthritis. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Kapan Waktu yang Tepat Untuk Minum Air Putih?
Mengenal Kafein dan Manfaat Besar Ketika Mengonsumsinya
Bisakah Melakukan Diet Vegan yang Fleksibel dan Tetap Bermanfaat?
5 Fakta Mengenai Vitamin E
Manfaat magnesium, Defisiensi, dan Dosis Penggunaan
Niacinamide (Vitamin B3): Idola Baru Para Kaum Hawa

Efek Samping Konsumsi Glucosamine

Dalam mengonsumsi zat ini, Anda juga perlu berhati-hati terhadap efek sampingnya. Ya, glucosamine dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Efek samping yang paling umum adalah keluhan gangguan gastrointestinal, termasuk nyeri, diare, mual, dan pirosis. Pada beberapa kasus efek samping konsumsi zat ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi, termasuk angioedema, asma, dan fotosensitifitas.

Itulah beberapa informasi mengenai efek glucosamine dalam mengatasi radang sendi atau osteoarthritis. Dapatkan rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu dengan mengunduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store.

Referensi:

Glucosamine for Osteoarthritis: Biological Effects, Clinical Efficacy, and Safety on Glucose Metabolism

Role of glucosamine in the treatment for osteoarthritis

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional