fbpx
BerandaUncategorizedBlackmores Natural E

Vitamin E telah dikenal dapat membantu menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem imun dan melawan radikal bebas. Manfaat vitamin E dapat ditemukan di minyak zaitun, telur, buah dan sayur. Salah satu vitamin yang kaya akan vitamin E adalah Blackmores Natural E 250IU (Rp155.720).

Lalu, apa saja manfaat dan potensi vitamin E yang terkandung dalam Blackmores Natural E bagi kesehatan? Mari simak ulasan kandungan Blackmores Natural E berikut ini.

Apa itu vitamin E?

Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang esensial untuk tubuh anda. Vitamin E sebagai nutrisi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan penglihatan, reproduksi, kulit, sel-sel darah, hingga otak kita. Selain itu, vitamin E juga mempunyai aktivitas antioksidan.

Antioksidan merupakan suatu senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas, dimana radikal bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, kanker, peradangan sendi, dan lainnya. Karena vitamin ini adalah vitamin yang fat-soluble atau larut dalam lemak, anda bisa memperoleh vitamin E dari berbagai sumber alami yang mengandung lemak, seperti daging, produk olahan susu/dairy (susu, keju, cream, butter, yogurt, dll.), buah-buahan, sayur-mayur, telur, makanan fortifikasi, dan minyak sayur (minyak kelapa, minyak olive, minyak canola, dll.).

Selain melalui makanan yang dikonsumsi, vitamin E juga dapat Anda peroleh dari suplemen oral seperti Blackmores Natural E. Kegunaan blackmores natural E disebutkan dapat membantu mencukupi asupan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat dan kegunaan vitamin E

Vitamin memiliki banyak fungsi positif terhadap tubuh bila dikonsumsi dalam dosis yang sesuai. Menurut NHS, kebutuhan vitamin E yang dibutuhkan manusia agar muncul manfaat dan kegunaannya tidak boleh melebihi dosis 540 mg (800 IU), namun kebutuhan vitamin E dapat berbeda-beda tergantung kondisi tubuh setiap orang. Berbagai studi menunjukkan hasil yang signifikan berkaitan dengan manfaat dan kegunaan vitamin E terhadap kesehatan tubuh. Sebagai contoh dari suplemen vitamin E, manfaat Blackmores Natural E dapat Anda rasakan apabila mengkonsumsi vitamin ini secara teratur.

Beberapa contoh manfaat vitamin E yang dapat Anda dapatkan, misalnya:

  • Efek protektif terhadap radikal bebas

Radikal bebas adalah suatu molekul di dalam tubuh yang berisiko merusak sel-sel anda. Saat ini radikal bebas banyak dikaitkan dengan kondisi atau penyakit seperti kanker, proses penuaan, artritis/peradangan sendi, dan katarak. Disebutkan bahwa vitamin E menunjukkan efek protektif terhadap sel-sel tubuh dari potensi kerusakan oleh radikal bebas, baik dengan cara mengikat radikal bebas ataupun mengubah tatanan molekul radikal bebas menjadi sesuatu yang tidak berbahaya.

  • Proteksi membran sel

Membran sel adalah lapisan terluar sel tubuh yang memiliki banyak fungsi. Vitamin E dapat meningkatkan kerapatan membran sel sehingga memberikan stabilitas sel yang lebih baik. Selain itu, vitamin E juga mendukung terjadinya reparasi dan regenerasi membran sel karena perannya sebagai antioksidan.

  • Regulasi trombosit

Vitamin E pada dinding pembuluh darah mempunyai efek menghambat terjadinya penumpukan/agregasi trombosit. Apabila gambaran pembuluh darah tampak seperti pipa, maka agregasi trombosit menyerupai sumbatan di pipa tersebut. Peran vitamin E dalam mencegah terbentuknya sumbatan akan menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah

Potensi vitamin E terhadap kesehatan

Potensi vitamin E terhadap kesehatan kemudian diteliti pengaruhnya terhadap berbagai kondisi tubuh dan penyakit. Beberapa penyakit dan kondisi tubuh yang terbantu oleh manfaat vitamin E menurut studi:

  • Defisiensi vitamin E

Seseorang yang mengalami defisiensi vitamin E umumnya memiliki gejala yang berkaitan dengan kerusakan saraf dan otot seperti kehilangan sensasi di tangan dan kaki, kontrol gerakan tubuh yang berkurang, kelemahan otot, penglihatan yang bermasalah, serta menurunnya fungsi imun.

  • Premenstrual syndrome (PMS) dan kram perut saat menstruasi

Konsumsi vitamin E diteliti dapat menurunkan gejala yang diperoleh sebelum menstruasi. Selain itu, vitamin E juga berguna untuk membantu meringankan gejala perdarahan serta kram perut saat menstruasi.

  • Alzheimer disease

Alzheimer disease adalah penyakit yang mempengaruhi fungsi memori dan dapat menyebabkan seseorang mengalami kehilangan memori serta gangguan kognitif yang serius. Penggunaan vitamin E tidak menurunkan risiko seseorang mengalami alzheimer, tetapi penggunaan vitamin E dengan obat anti-Alzheimer ditemukan dapat mengurangi progresivitas penyakit.

  • Gangguan sel darah

Beberapa gangguan sel darah yang disebabkan oleh kondisi genetik (seperti talasemia dan defisiensi G6PD) mendapatkan keuntungan dari konsumsi vitamin E. Namun, tetap perlu dilakukan konsultasi Dokter yang bertanggungjawab dalam menangani penyakit tersebut.

Selain hal-hal diatas, vitamin E juga diteliti memiliki efek protektif yang berguna dalam pencegahan beberapa penyakit hingga komplikasinya. Hal ini berkaitan dengan perannya sebagai antioksidan sehingga ia mampu menghambat proses peradangan serta agregasi trombosit, dan sebaliknya meningkatkan imunitas tubuh. Perlu diperhatikan bahwa fungsi preventif ini masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, dan bukan menjadikan vitamin E sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit.

  • Penyakit jantung

Kombinasi dari proses peradangan berulang dan oksidasi kolesterol jahat (LDL) berujung pada komplikasi di sistem jantung dan pembuluh darah. Beberapa studi tentang vitamin E menunjukkan peningkatan fungsi kardiovaskular melalui aktivitas sintesis nitric oxide yang berguna untuk relaksasi pembuluh darah. Hal tersebut memberikan fungsi protektif dinding pembuluh darah yang memungkinkan pencegahan sumbatan agregasi trombosit dan kolesterol. Namun, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk lebih memahami potensi vitamin E dalam mencegah terjadinya penyakit jantung.

  • Kanker

Vitamin E sebagai antioksidan memungkinkan proteksi terhadap sel kanker. Studi vitamin E terhadap sel kanker dikatakan mampu mencegah mutasi protein gen p53 (cikal bakal kanker) dan stimulasi tumor suppressor gene. Artinya, vitamin E berpotensi mencegah bertumbuh dan berkembangnya sel kanker. Selain itu, vitamin E juga mampu menangkap radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi DNA dan transformasi keganasan dalam sel. Meskipun demikian, peran vitamin E terhadap kanker masih perlu diteliti lebih lanjut lagi karena beberapa penelitian pada manusia belum memberikan manfaat yang signifikan.

Seperti jenis vitamin yang lainnya, vitamin E memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Untuk itu, Anda sebaiknya memastikan bahwa asupan vitamin E Anda telah mencukupi rekomendasi harian yang diperlukan tubuh. Jika Anda masih bingung, Anda dapat melakukan konsultasi kepada Dokter agar mendapatkan saran konsumsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Konsultasi gratis dengan dokter umum dan beli obat rutin. Download aplikasi Lifepack di Play Store dan App Store, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antri. Asli, Lengkap, Mudah.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Akibat_Kekurangan_Vitamin _K

Apa Akibat Kekurangan Vitamin K?

Uncategorized   20/09/2021