fbpx

Bukan Hanya Pengembang Kue, Ini Manfaat Baking Soda

by | Oct 13, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Tahukah Anda, bubuk soda kue tidak hanya bisa dipakai sebagai bahan pengembang kue dan pembersih? Ya, baking soda juga berkhasiat untuk kesehatan serta kecantikan Anda. Kegunaan baking soda tersebut beragam mulai dari meredakan sakit perut dan gejala asam lambung, hingga menenangkan kulit yang iritasi serta psoriasis. Soda kue pun dapat dijadikan bahan perawatan rumahan dan diyakini bermanfaat untuk menghaluskan kulit, membuat rambut berkilau, dan sebagainya. Wah, bagaimana ya caranya? Yuk, simak informasi selengkapnya tentang manfaat dan kegunaan baking soda di artikel ini!

 

Perbedaan baking soda dan baking powder

Apa itu baking soda? Baking soda, atau bahasa Indonesia-nya soda kue, dikenal juga dengan nama natrium bikarbonat. Sebetulnya, baking soda adalah bahan pengembang kue. Tetapi, ternyata telah ditemukan juga bahwa soda kue ini bermanfaat bagi kesehatan. Meski begitu, banyak pula kegunaannya yang belum didasarkan bukti ilmiah kuat.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apa perbedaan baking soda dan baking powder? Bukankah keduanya sama-sama digunakan untuk mengembangkan adonan kue? Perbedaan keduanya terletak pada senyawa komposisinya.

Bubuk soda kue terbuat dari zat sodium (Na) bicarbonate. Ketika baking soda bercampur dengan zat asam seperti mentega, yogurt, gula merah, dan cuka, ia akan melepaskan gelembung gas karbon dioksida dan membantu kue mengembang. 

Sementara itu, baking powder terdiri dari senyawa sodium bicarbonate dan zat asam monocalcium phosphate serta sodium aluminum sulfate. 

Karena perbedaan senyawa komposisinya ini, kue yang menggunakan baking soda sebagai pengembang, sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama di luar, melainkan harus segera dimasak. 

Makanya, soda kue lebih cocok dipakai untuk resep kue-kue yang dimasak dengan cara dikukus dan dipanggang. Sebaliknya, baking powder lebih pas jika digunakan untuk resep biskuit dan kue kering.

 

Beragam manfaat baking soda sebagai pembersih

bahan-pengembang-kue

Setelah mengetahui apa itu baking soda dan perbedaannya dengan baking powder, kini saatnya Anda mengenali berbagai kegunaannya. 

Berkat sifat basa-nya yang cepat bereaksi terhadap zat asam di sekitarnya, soda kue sering digunakan untuk meredakan gejala asam lambung dan menghilangkan bau busuk. 

Melalui reaksi kimia yang sama dengan mengembangkan kue, baking soda dapat dengan efektif mengangkat kotoran membandel yang menempel pada permukaan benda-benda di rumah. Bahkan, baking soda juga disebut-sebut sebagai antiseptik alami yang praktis dan aman digunakan.

Selain itu, menurut laporan metaanalisis yang diterbitkan dalam Journal of Sports and Medicine, suplemen sodium bikarbonat (NaHCO3) dapat pula meningkatkan performa olahraga pada atlet. Tapi sejauh ini, bukti yang ada masih belum jelas karena beberapa penelitian menunjukkan hasil yang berbeda-beda.

Nah, lain halnya dengan kegunaan soda kue di bawah ini yang sudah terbukti. Apa saja, ya?

 

1. Membersihkan peralatan masak dan area dapur

Minyak dan noda makanan yang menempel pada peralatan dapur dan makan, terutama yang terbuat dari plastik, sangat sulit untuk dibersihkan. Soda kue yang bersifat basa dapat membantu melarutkan minyak dan lemak membandel tersebut. 

Campurkan 3 sendok teh baking soda dan satu sendok teh air, aduk rata hingga teksturnya menjadi pasta. Lalu, oleskan pasta pada alat masak dan wadah yang ingin Anda bersihkan menggunakan spons ataupun sikat. 

Agar hasilnya lebih maksimal, rendam peralatan tersebut dengan air panas semalaman sebelum Anda cuci seperti biasa.

Untuk menghilangkan bekas gosong pada alat masak berbahan stainless steel, cukup taburkan baking soda pada permukaan wajan, teflon, maupun panci. Kemudian isi dengan air dan didihkan. Diamkan semalaman sebelum mencucinya dengan bersih.

Soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan: 

  • Saluran air yang mampet, termasuk pada wastafel atau tempat cuci piring.
    Campurkan 24 sendok teh soda kue dan 118 mL cuka. Setelah itu, tuangkan larutan ke dalam lubang saluran. Tutup rapat lubang tersebut dan pastikan tidak ada sedikitpun udara yang masuk.
    Setelah didiamkan selama lima menit, siram air panas ke dalamnya. Dengan begini, berbagai kotoran, sisa makanan, serta lemak yang menempel di sepanjang saluran air akan luntur.
  • Permukaan meja dapur atau countertop, tempat sampah, microwave, dan oven.
    Taburkan soda kue pada permukaan benda-benda tersebut, lalu lap dengan kain basah. Jika noda sulit dibersihkan, tambahkan sedikit cuka lalu gosok sampai bersih. Guna menghilangkan aroma tidak sedap di tempat sampah, Anda dapat menuangkan setengah cangkir soda kue ke dalamnya.

Plus, baking soda pun dapat Anda pakai untuk menghilangkan noda di kerak dan jamur di lantai dapur maupun kamar mandi, kloset, serta saluran yang tersumbat.

 

2. Mencuci buah-buahan dan sayuran

Khususnya sayur dan buah yang berpestisida. Beberapa buah yang kulitnya bisa dimakan, contohnya apel, baking soda bisa dengan efektif menghilangkan residu pestisidanya. 

Dilansir dari laman UC Berkeley School of Public Health, U.S. Environmental Protection Agency telah menyetujui penggunaan 1 sendok teh soda kue dan 473 mL air untuk mencuci buah dan sayuran.

Rendam buah dan sayur Anda di dalam larutan baking soda tersebut untuk menghilangkan insektisida–dan senyawa kimia lain–pada kulitnya selama 15 menit. Anda juga bisa menggosoknya dengan tangan untuk hasil yang lebih maksimal.

Memang, sih, beberapa pestisida bisa masuk ke dalam buah serta sayuran, dan tidak dapat dihilangkan. Namun, mencucinya dengan baking soda, bisa membantu meminimalisir kemungkinan pajanan pestisida, apalagi pada anak-anak.

 

Manfaat baking soda untuk kesehatan dan kecantikan

Satu manfaat baking soda untuk wajah yang terkenal adalah menghilangkan jerawat. Namun sayangnya, memakai soda kue pada area kulit yang berjerawat malah bisa membuatnya iritasi. 

Tingkat basa-nya tinggi dapat menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga membuatnya mudah terpajan bakteri serta lebih sensitif terhadap sinar matahari. Sebagai gantinya, soda kue dapat Anda gunakan untuk berbagai hal berikut ini, yaitu:

 

3. Exfoliator kulit

Sinar matahari dan polusi di luar, membuat penumpukan kotoran pada kulit wajah, serta menjadikannya lebih kusam. Tenang saja, salah satu manfaat baking soda untuk wajah adalah mengangkat sel-sel kulit mati.

Cobalah membuat pasta dengan mencampurkan 3 sendok baking soda dengan satu sendok air untuk membuat kulit lebih cerah dan bersih. Kemudian oleskan ke wajah dan gosok dengan lembut. Campuran tersebut dapat diandalkan sebagai exfoliator alami. 

Ramuan soda kue ini tidak hanya bisa Anda gunakan pada kulit wajah, melainkan juga kulit badan. Tetapi, bagi pemilik kulit wajah sensitif, sebaiknya berhati-hati karena soda kue berisiko menimbulkan iritasi.

 

4. Kompres kulit kemerahan

Campuran air dan soda kue juga dapat dipakai untuk membantu meredakan kulit yang gatal dan merah setelah terbakar sinar matahari.

Buatlah campuran 4 sendok teh soda kue dan 1 liter air. Kompres area kulit yang kemerahan menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan ramuan soda kue tersebut guna mendinginkannya. 

 

5. Sampo anti lepek

Baking soda yang bersifat basa ini mampu untuk mengendalikan produksi minyak pada akar rambut. Bila ingin mencobanya sebagai scrub, Anda bisa campurkan dua sendok teh baking soda dengan sampo. Lalu cuci rambut seperti biasa. 

Selain itu, soda kue pun dapat dimanfaatkan sebagai dry shampoo. Cukup taburi sejumput baking soda ke kepala, kemudian sisirlah rambut Anda. Baking soda akan membantu menyerap minyak di kulit kepala dan menyamarkan bau tidak sedap.

 

6. Scrub kaki

Manfaat baking soda yang tidak kalah tenar adalah menghaluskan tumit dan telapak kaki. Setelah seharian memakai sepatu, Anda bisa merelaksasi sekaligus membersihkannya dengan air hangat yang dicampur tiga sendok makan soda kue dan beberapa potong lemon. 

Rendam kaki selama 10 – 15 menit. Setelah itu, Anda bisa menggosok jari-jari dan kukunya dengan pasta dari 3 sendok teh soda kue dan 1 sendok teh air.

 

7. Deodoran

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, manfaat baking soda satu ini tentunya sangat menguntungkan. Soda kue bisa menetralkan asam dan basa, dua zat yang dapat menyebabkan bau badan. Tidak seperti deodoran biasanya, soda kue tidak akan meninggalkan noda pada baju Anda.

 

8. Manicure dan pedicure

Guna membuat kuku lebih mengkilap, bersihkan kuku kaki dengan pasta baking soda yang dibuat dari 3 sendok teh soda kue dan 1 sendok teh air. Gosok kuku dengan sikat kecil yang telah dicelupkan ke pasta tersebut, lalu bilas dengan air hangat.

 

9. Pasta gigi

Mungkin, manfaat baking soda untuk gigi yang satu ini sudah sering Anda dengar. Soda kue dipercaya dapat memutihkan gigi. Anda hanya perlu menaburkan sedikit baking soda pada pasta gigi kemudian sikat gigi seperti biasa dan berkumur-kumur dengan air bersih. 

Manfaat baking soda untuk gigi ini juga dapat dilakukan langsung menggosok gigi dengan baking soda tersebut. Cara tersebut membantu menghilangkan noda-noda pada gigi dan membantu melawan bakteri di dalamnya.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Christina H. (Everyday Health). 2015. 6 Unexpected Ways to Use Baking Soda.

Hadzic, M., Eckstein, M. L., & Schugardt, M. 2019. The Impact of Sodium Bicarbonate on Performance in Response to Exercise Duration in Athletes: A Systematic Review. Journal of sports science & medicine. 18(2): 271–281.

UC Berkeley School of Public Health. 2019. Winner: A Baking Soda Wash for Fruits and Vegetables.

Erin H. (The Spruce). 2020. 8 Homemade Cleaners Made With Baking Soda.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional