fbpx

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Cepat

by | Oct 13, 2020 | Gaya Hidup Sehat | 0 comments

Bau mulut memang suka bikin tidak percaya diri. Apalagi, ketika sedang mengobrol dengan orang lain. Pada dasarnya, bau mulut ini dapat disebabkan karena kebersihannya tidak terjaga. Kalau gigi dan mulut tidak dibersihkan secara rutin, bakteri akan berkembang biak di dalamnya. Mikroorganisme tersebut lalu memecah sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Proses pemecahan inilah yang akan menghasilkan gas berbau tidak sedap. Tapi tenang saja, di bawah ini tim Jovee sudah jabarkan beberapa cara menghilangkan bau mulut, baik dengan bahan alami maupun obat.

 

Hal-hal yang dapat memicu bau mulut

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bakteri yang tumbuh di dalam mulut bisa menyebabkan bau mulut. Jika terus dibiarkan, bakteri tersebut akan berkembang biak, hingga akhirnya membentuk plak gigi. 

Nah, kalau sudah begitu, bau mulut yang muncul bisa lebih parah. Oleh karena itu, rutin membersihkan gigi menjadi sangat penting guna mencegah bau mulut dan menjaga kesehatannya.

Selain karena jarang menggosok gigi, kurangnya air liur karena mulut kering juga dapat memicu bau. Padahal, air liur berperan untuk membersihkan serpihan makanan dan benda asing di dalam mulut. 

Biasanya, bau mulut akibat produksi air liur yang sedikit ini terjadi saat Anda baru bangun tidur. Terutama jika Anda tidur dengan mulut terbuka. Disamping itu, bau mulut juga bisa muncul akibat:

  • Konsumsi makanan yang berbau menyengat, misalnya jengkol
  • Minum minuman beralkohol dan merokok
  • Gigi berlubang
  • Infeksi pada hidung, rongga sinus, mulut, maupun tenggorokan, contohnya amandel dan radang

Seringkali, mulut kering merupakan efek samping dari obat atau beberapa kondisi medis. Meskipun jarang, kondisi-kondisi medis berikut turut berkontribusi terhadap bau mulut kronis, antara lain:

  • Gangguan pencernaan, terutama lambung dan usus, seperti naiknya asam lambung
  • Penyakit ginjal dan gangguan hati
  • Diabetes 

Dijelaskan oleh dr. Denny Archiando, tim dokter Jovee, “Bau mulut banyak disebabkan oleh banyak faktor, dari makanan yang dikonsumsi, kebiasaan malas menyikat gigi, ataupun juga karena keadaan medis tertentu. Oleh karena itu, perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya, kemudian bisa diterapkan cara yang sesuai untuk menghilangkan bau mulut ini.”

 

Mengatasi bau mulut secara alami

bau-mulut-tanda-penyakit-apa

Permasalahan bau mulut ini bisa sangat memalukan bagi setiap orang yang mengalaminya. Bahkan, bau mulut sering menimbulkan rasa tidak percaya diri, cemas dan resah. Namun, sebetulnya bau mulut dapat Anda atasi sendiri dengan cara-cara sederhana di bawah ini, diantaranya:

 

1. Menggosok gigi secara rutin

Rutin membersihkan gigi merupakan langkah sederhana namun efektif untuk menghilangkan dan mencegah bau mulut. Sikatlah gigi setidaknya 2 kali sehari atau setiap sehabis makan.

Apakah Anda adalah orang yang gemar makan pete dan jengkol? Keduanya ini memiliki aroma yang kurang sedap. Salah satu cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan pete dengan cepat, ya, dengan menggosok gigi.

Jangan lupa untuk memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Bersihkan juga sela-sela gigi menggunakan benang gigi atau flossing. Benang gigi dapat membantu membersihkan sisa makanan yang tersangkut dan tidak terjangkau oleh bulu sikat.

Bila dilakukan rutin dengan cara yang tepat, flossing gigi dapat menjadi salah cara jitu untuk menghilangkan bau mulut. Hindari menggosok atau menarik benang terlalu keras karena hal tersebut justru bisa melukai gusi.

 

2. Menggunakan obat kumur

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk mengurangi semua bakteri penyebab bau mulut karena sda saja bagian-bagian yang tidak terjangkau oleh sikat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk berkumur dengan obat kumur atau mouthwash setelah sikat gigi.

Tujuannya tentu ialah untuk membersihkan sisa-sisa makanan, plak, serta bakteri di dalam mulut. Berkumur ini juga salah satu cara efektif yang bisa menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol.

Anda bisa memilih obat kumur yang mengandung bahan antiseptik alami, seperti eucalyptol, menthol, thymol, dan methyl salicylate. Bahan-bahan tersebut diekstrak dari tanaman yang umum dipakai sebagai obat tradisional dan telah terbukti membantu mengurangi hampir semua bakteri penyebab bau mulut.

 

3. Membersihkan lidah

Lidah Anda bisa menjadi tempat penumpukan bakteri penyebab bau mulut. Sikat gigi dan berkumur pakai mouthwash saja tidak cukup untuk membasmi plak dan bakteri di lidah. Kenapa begitu?

Mouthwash hanya akan meluruhkan lapisan terluar dari plak. Sementara bakteri di bawahnya masih tetap menempel di sela-sela permukaan lidah. Makanya, mulailah kebiasaan membersihkan lidah setelah menggosok gigi. 

Gosoklah lidah mulai dari pangkalnya paling dalam sampai bagian ujung secara lembut dan perlahan. Anda dapat menggunakan sikat gigi berbulu halus ataupun alat khusus penggosok lidah (scraper). 

Setelah itu, kumur-kumur dengan air bersih. Hindari menggosoknya terlalu keras karena dapat menyebabkan lidah terluka.

 

4. Memperbanyak minum air putih

Bau tidak sedap pada mulut yang disebabkan oleh mulut kering dapat diatasi dengan banyak minum air. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari. Banyak minum air putih tidak hanya mampu mengatasi bau mulut, tapi juga membantu memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh.

 

5. Makan permen karet

Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur dan mencegah mulut kering. Air liur berfungsi sebagai pembersih mulut alami yang bekerja dengan cara “membilas” sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut. Agar tidak malah menimbulkan kerusakan pada gigi, pilihlah permen karet yang bebas gula.

 

5. Menghindari konsumsi makanan dan minuman penyebab bau mulut

Beberapa makanan yang beraroma tajam, seperti bawang putih atau bawang bombai mentah, bisa meninggalkan bau tidak sedap di mulut. Begitu juga dengan kopi dan minuman beralkohol. Karenanya, jauhilah makanan dan minuman tersebut. Jika Anda terlanjur memakan atau meminumnya, segeralah berkumur atau menyikat gigi setelahnya.

 

6. Berhenti merokok

Bau mulut pada perokok dapat disebabkan oleh asap rokok dan bahan kimia di dalam rokok tersebut. Zat kimia ini memudahkan terjadinya peradangan dan infeksi pada gigi dan gusi. Ditambah lagi, merokok juga dapat menyebabkan mulut kering.

 

7. Menambal gigi

Menambal gigi menjadi cara efektif menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Tetapi, cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang ini tetap perlu diseimbangkan dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Rutinlah sikat gigi, berkumur dengan mouthwash dan flossing supaya gigi tidak berlubang lagi, serta menyebabkan bau mulut.

 

Cara menghilangkan bau mulut dengan bahan-bahan alami

Mulut yang segar dan bebas dari bau tidak sedap bisa didapatkan dengan cara yang sederhana di atas, asalkan dilakukan dengan konsisten. Anda bisa pula memanfaatkan bahan-bahan alami berikut ini untuk mengatasi bau mulut, antara lain:

 

1. Susu

Ketika Anda mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti bawang putih atau bawang merah, minumlah susu setelahnya. Penelitian telah membuktikan bahwa susu memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi makanan berbau menyengat.

Yogurt juga dapat membantu menghilangkan bau mulut karena kandungan probiotiknya yang dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

 

2. Makanan tinggi vitamin C

Mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin C juga dapat menjadi cara sehat serta praktis menghilangkan bau mulut tidak sedap.

Buah seperti seperti jeruk, stroberi, jambu, dan anggur diketahui dapat menghasilkan asam pada mulut. Begitu pula dengan sayur kubis, brokoli, dan kembang kol yang sama-sama tinggi vitamin C.

Asam yang dihasilkan buah dan sayuran ini dapat membantu mencegah bakteri jahat berkembang biak di dalam mulut.

Di sisi lain, vitamin C dibutuhkan untuk menguatkan sistem imun tubuh guna melawan bakteri penyebab penyakit. Termasuk, melawan bakteri penyebab bau mulut.

Baca juga:

Cegah Defisiensi Vitamin C dengan Konsumsi Buah dan Sayur Ini

Waspadai 8 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C

 

3. Teh hijau

Teh hijau telah lama diketahui mengandung zat yang bersifat antibakteri dan antioksidan, serta terbukti mampu mengurangi peradangan. Kabar baiknya, teh hijau ternyata juga ampuh menghilangkan bau mulut.

Untuk memperkaya cita rasa teh hijau, Anda bisa menambahkan daun mint yang dipercaya pula dapat mengatasi bau mulut secara efektif.

Baca juga: 10 Efek Teh Hijau bagi Kesehatan Tubuh

 

4. Soda kue

Faktanya, manfaat soda kue tidak hanya digunakan untuk membuat kue saja. Soda kue alias natrium bikarbonat juga dapat digunakan sebagai obat kumur alami untuk menghilangkan bau mulut.

Penelitian menunjukkan bahwa soda kue efektif membunuh bakteri penyebab bau mulut. Rutin berkumur dengan larutan soda kue juga dapat membantu membersihkan plak dan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi.

Cukup larutkan 2 sendok teh soda kue ke dalam segelas air hangat. Kumur-kumur selama 30 detik dan buang airnya. Lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

Obat bau mulut

Beberapa penyakit kronis dapat memicu timbulnya bau mulut. Misalnya saja GERD alias naiknya asam lambung. Pada kondisi ini, sebagian makanan yang sudah dicerna di lambung bisa naik kembali ke tenggorokan dan mulut. Inilah sebabnya mulut Anda menjadi bau.

Cara mengatasi bau mulut karena penyakit kronis ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan seperti antasida dan alginat. Keduanya mampu membantu meredakan asam lambung yang menjadi penyebab bau mulut Anda.

Sementara itu, bau mulut yang disebabkan oleh radang amandel (atau tonsilitis) bisa diatasi dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Larutan garam tersebut berfungsi untuk membersihkan bakteri dan lendir pada amandel yang membengkak. Alhasil, bau mulut pun bisa hilang.

Kesimpulannya, menghilangkan bau mulut sebenarnya akan tergantung dari penyebabnya. Sebagai contoh, cara mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh masalah kesehatan kronis seperti diabetes atau penyakit ginjal adalah dengan mengatasi penyakit tersebut.

Tetapi, kalau bau mulut Anda muncul akibat gigi berlubang, segeralah tambal gigi Anda di dokter gigi. Bila bau mulut belum juga hilang setelah beberapa minggu, kemungkinan ada masalah lain yang mendasarinya.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

NHS UK. 2019. Bad Breath (Halitosis): Treatment.

American Dental Association. (n.d.). Bad Breath: 6 Causes (and 7 Solutions).

Orenstein B.W. (Everyday Health). 2012. Foods that Mask Bad Breath.

Osborn C. (Healthline). 2018. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath.

Watson K. (Healthline). 2018. Health Benefits of Licorice Root.

Wong C. (Verywell Health). 2018. Home Remedies for Bad Breath.

Peter j. (WebMD). 2015. What You Can Do About Bad Breath.

WebMD. 2018. Dental Health and Bad Breath.

Mayo Clinic. 2018. Bad breath.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional