fbpx
BerandaVitamin & SuplemenCegah Defisiensi Vitamin C dengan Konsumsi Buah dan Sayur Ini

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh tubuh. Beruntungnya, ada banyak sekali sayuran dan buah tinggi vitamin C yang sangat mudah diperoleh. Tapi kenyataannya, beberapa orang masih saja mengalami kasus kekurangan vitamin C. Bahkan, pada kasus yang parah, defisiensi vitamin ini menimbulkan kondisi scurvy.

Cegah Defisiensi Vitamin C dengan Konsumsi Buah dan Sayur Ini

 

Tanda dan gejala kekurangan vitamin C

Berikut ini adalah ciri-ciri yang mungkin akan muncul ketika tubuh Anda kekurangan vitamin C, yakni:

  • Kulit kasar dan tidak rata
  • Muncul bintik merah pada kulit
  • Kuku berbentuk menyerupai sendok
  • Kulit mudah memar
  • Luka pulih lebih lama
  • Gusi berdarah, sariawan, dan gigi copot
  • Tulang terasa lemah
  • Berat badan naik
  • Perubahan mood secara tiba-tiba
  • Sendi terasa sakit

 

Sumber makanan yang kaya akan vitamin C

Tentu saja, defisiensi vitamin C tidak boleh dibiarkan. Terlebih, vitamin C berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan penyerapan zat besi. Manfaat vitamin C tersebut membuat Anda tidak akan mudah terserang penyakit, termasuk anemia. 

Nah, supaya kebutuhan hariannya tetap terpenuhi, berikut ini ada beberapa buah vitamin C yang bisa Anda konsumsi untuk diri sendiri maupun keluarga.

 

1. Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Dalam 157 gram pepaya, sebanyak 95,6 mg diantaranya merupakan vitamin C. Jadi, jika buah pepaya ini dihaluskan dan dimasukkan dalam sebuah cangkir, kandungan vitamin C-nya mencapai 140 mg. Tidak hanya baik bagi orang dewasa, kandungan vitamin C dan asam folat dalam pepaya sangat dibutuhkan oleh anak-anak.

 

2. Jeruk 

Siapa yang tak suka dengan buah manis dan kaya vitamin C satu ini. Ya, buah jeruk sangat identik sebagai salah satu sumber vitamin C terbaik. Meski demikian, jeruk bukanlah satu-satu buah dengan kandungan vitamin C tertinggi. Jika diperkirakan, dalam setengah buah jeruk berukuran sedang atau setara 65 gram, kandungan vitamin C di dalamnya sebanyak 30 mg.

 

3. Brokoli 

Tidak semua orang menyukai sayuran. Padahal, sayur-sayuran kaya akan vitamin yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin C. Meski demikian, bukan berarti Anda harus menghindar dan menolak mengonsumsi sayuran. Bagaimanapun juga, kesehatan tubuh jauh lebih penting daripada jenis makanan apa yang dikonsumsi. Ditambah lagi, aneka sayuran bisa diolah sedemikian rupa sehingga menarik nafsu makan setiap orang.

Brokoli merupakan salah satu sayuran tinggi vitamin C yang bagus untuk tubuh. Dalam secangkir brokoli atau setara satu porsi, mengandung vitamin C sebanyak 132 gram. Namun, perhatikan pengolahannya. Usahakan untuk merebus tidak terlalu lama supaya nutrisi didalamnya tidak hilang dan manfaatnya bisa Anda peroleh.

 

4. Paprika

Paprika sering dijadikan sebagai pelengkap makanan meskipun rasanya tidak terlalu disukai anak-anak. Namun, tahukah Anda jika sayuran satu ini kaya akan vitamin C? Ya, dalam paprika merah yang telah diiris dalam ukuran secangkir, kandungan vitamin C sebanyak 190,3 mg. Sementara, kandungan vitamin C pada paprika hijau sekitar 119,8 mg. Nah, biar sayuran ini bisa disantap oleh anak-anak maupun Anda yang kurang menyukai paprika, bisa jadikan sebagai topping makanan favorit, seperti pizza.

 

5. Kiwi

Siapakah yang gemar mengonsumsi buah kiwi? Sadarkah Anda bahwa kandungan vitamin C buah kiwi ini jauh lebih tinggi daripada buah jeruk? Bisa dikatakan, dalam satu buah kiwi, terdapat 84 gram vitamin C. Apalagi, kandungan antioksidan dalam vitamin C membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas. 

Tidak hanya kaya vitamin C, buah kiwi juga mengandung vitamin A, E, dan K yang diperlukan tubuh. Ditambah lagi, komposisi mineral yang terdiri dari kalium, mangan, zat besi, dan magnesium. Untuk perkembangan otak, buah kiwi juga sangat bagus karena kaya akan asam lemak omega 3. Super lengkap bukan nutrisi yang dimiliki buah kiwi?

 

6. Stroberi

Buah berwarna merah nan lezat ini termasuk dalam keluarga beri-berian yang kaya akan vitamin C. Jika dihitung, setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung vitamin C sebanyak 52 mg. Jika dibandingkan dengan buah jeruk, memang kadarnya sedikit lebih kecil. Akan tetapi, buah stroberi ini juga terdapat zat antosianin dan asam elagik. 

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah kanker dan penyakit saraf pada anak. Nutrisi lain yang terdapat pada buah stroberi yaitu antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, fluor, zat besi, dan yodium.

 

7. Jambu Biji

Jambu biji atau kerap disebut jambu klutuk ini rupanya merupakan buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi. Memiliki rasa manis, jambu biji bisa dimakan secara langsung atau dijus terlebih dulu. Diperkirakan, dalam sebuah jambu biji, 200 mg lebih adalah vitamin C.

Jadi, bisa dikatakan bahwa vitamin C jambu biji lebih besar daripada buah jeruk. Ditambah lagi, jambu klutuk kaya akan serat. Satu buah jambu klutuk mampu mencukupi 12% kebutuhan serat manusia. Bagi Anda yang menderita diare atau sembelit, jambu biji adalah obat yang ampuh untuk mengatasinya.

Bukan cuma 6 buah dan sayuran di atas saja, nanas, mangga, blewah, kale, kol atau kubis, lemon, serta tomat pun merupakan sumber vitamin C yang bagus untuk Anda. Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan akan vitamin C juga dapat dipenuhi dengan konsumsi suplemen makanan seperti Vitalong C – 30 Kapsul (Rp 62.800). Tentunya, manfaat vitamin C yang beragam bisa Anda peroleh jika kebutuhan hariannya terpenuhi.

Kekurangan vitamin C dapat mengganggu sejumlah fungsi tubuh, termasuk sistem imun. Makanya, penuhilah asupan vitamin C Anda, baik dari makanan ataupun suplemen. Tetapi ingat, jika ingin mengonsumsi suplemen, konsultasikan dulu dengan dokter dan ahli gizi.

Dapatkan vitamin C terbaik hanya di Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Kolagen Alami

Vitamin & Suplemen   18/10/2021
suplemen kuku

Suplemen Kuku

Vitamin & Suplemen   15/10/2021

Suplemen Rambut

Vitamin & Suplemen   15/10/2021
Waktu_Terbaik_Minum_Vitamin_C

Cerdas Memilih Waktu Terbaik Minum Vitamin C

Vitamin & Suplemen   07/10/2021
Kekurangan_Vitamin_B

Waspadai Kekurangan Vitamin B Bagi Tubuh

Vitamin & Suplemen   30/09/2021