fbpx
BerandaKesehatan KulitGliserin untuk Skincare, Apa Kegunaannya bagi Kulit?

Selain air dan pewangi, gliserin adalah salah satu bahan yang paling sering dimasukkan ke dalam formula skincare. Kegunaan gliserin pada skincare sebagai pelembab menjadikan kandungan ini banyak ditemukan di skincare pelembab dan lotion.

kandungan-gliserin

Namun, apakah kandungan gliserin pada skincare dinilai aman? Apa saja manfaat dan fungsinya bagi kulit? Di artikel berikut ini, Jovee akan kupas tuntas pembahasan mengenai gliserin. Yuk, simak sampai habis!

Apa Itu Gliserin?

Dilansir dari Healthline, gliserin atau gliserol adalah senyawa humektan alami yang berasal dari minyak nabati atau lemak hewani. Gliserin memiliki bentuk cairan bening yang tidak berwarna dan berbau, juga rasa yang manis.

Karena sifatnya yang menarik air ke lapisan kulit, gliserin sering dijadikan sebagai bahan pelembab. Kandungan gliserin pada skincare umumnya dipadukan dengan jenis bahan pelembab lainnya untuk mempertahankan kelembapan kulit yang optimal.

Bahkan, menurut studi tahun 2016, gliserin merupakan salah satu senyawa humektan paling efektif untuk meningkatkan kelembapan kulit dibandingkan senyawa humektan lainnya seperti hyaluronic acid dan glycolic acid.

“Gliserin bekerja sebagai humektan, yang menarik air ke lapisan atas kulit. Karena berat molekulnya yang rendah, senyawa ini akan terus menarik air ke lapisan kulit dermis yang lebih dalam, sehingga mampu menembus jauh ke dalam kulit”, jelas Rachel Polowyj, seorang peneliti kosmetik, seperti dilansir dari Byrdie.

Manfaat Gliserin bagi Kulit

Ada banyak manfaat gliserin bagi kulit, di antaranya:

  • Sebagai pelembab yang efektif

Banyak skincare yang memasukkan gliserin ke dalam formula skincare mengingat gliserin merupakan humektan yang efektif. Berkat cara kerjanya dalam menarik air ke lapisan kulit yang lebih dalam, gliserin cocok digunakan untuk membantu mengatasi gejala kulit kering, dehidrasi, dan pecah-pecah.

  • Membantu melindungi kulit dari bahan aktif yang mengiritasi

Kebanyakan bahan aktif dapat mengiritasi kulit, terlebih jika kamu memiliki kulit kering dan sensitif. Karena gliserin dapat membantu melembabkan, para ahli banyak merekomendasikan bahan ini untuk membantu mengatasi kekeringan akibat efek samping dari bahan aktif.

  • Kulit lembab yang lebih tahan lama

Tak hanya memberi kelembapan, gliserin juga mencegah kulit kehilangan kelembapannya. Gliserin ditujukan untuk mendukung penghalang kulit (skin barrier) dengan menutupi bagian luar. Sehingga, minyak alami serta kandungan air dalam kulit tidak cepat hilang dan kekeringan dapat dihindari.

  • Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Berbeda dengan tabir surya, gliserin melindungi kulit dari iritasi akibat sinar UV matahari. Selain itu, gliserol sendiri dapat mengurangi penyerapan bahan iritan masuk ke dalam lapisan kulit.

  • Membantu mempercepat proses penyembuhan luka

Berdasarkan studi tahun 2017, gliserin yang dioleskan pada kulit luka dapat membunuh bakteri dan kontaminan lainnya. Hidrasi kulit yang meningkat akibat kinerja gliserin juga meningkatkan produksi kolagen, yang berperan dalam penyembuhan luka.

Ingin dapatkan hasil yang lebih optimal? Gliserin dapat digunakan bersamaan dengan air mawar atau hyaluronic acid untuk kelembapan kulit yang optimal dan terjaga. Carilah skincare yang mengandung formula kombinasi gliserin dengan bahan pelembab lainnya jika kamu punya masalah kulit kering, iritasi, dan sensitif.

Apakah Gliserin untuk Skincare Dinilai Aman?

Saat ini belum diketahui efek samping dari kegunaan gliserin pada skincare, namun gliserin dapat memicu sejumlah reaksi alergi jika digunakan dalam dosis tinggi. Kamu mungkin dapat mengalami gejala reaksi seperti:

  • Kemerahan
  • Gatal
  • Ruam

Jika alami gejala dia atas segera hentikan penggunaan produk dan konsultasikan pada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Biasanya, kandungan gliserin digunakan bersamaan dengan bahan lainnya. Seperti perpaduan formula skincare, baik dalam bentuk sabun pencuci wajah, moisturizer, serum, hingga toner. Kalau kamu punya reaksi alergi terhadap gliserin, tak perlu cemas karena masih banyak kandungan pelembab lainnya yang bisa kamu gunakan.

Ceramide, niacinamide, dan hyaluronic acid adalah ‘teman’ gliserin yang bisa kamu pilih. Somethinc Supple Power Hyaluronic9+Onsen Essence Toner merupakan salah satu skincare yang mengandung hyaluronic acid dan niacinamide yang bisa kamu coba untuk membantu mengatasi kulit kering.

Itulah informasi lengkap mengenai gliserin. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

benzoyl-peroxide-acne

Baik untuk Jerawat, Apa Itu Benzoyl Peroxide Acne?

Kesehatan Kulit   01/12/2022
manfaat-sandalwod-untuk-kulit

Tak Hanya Kesehatan, Ini 5 Manfaat Sandalwood untuk Kulit

Kesehatan Kulit   29/11/2022
manfaat-cleansing-balm

Bersih Maksimal, Ini 4 Manfaat Cleansing Balm

Kesehatan Kulit   21/11/2022
hydroquinone-tretinoin

Tretinoin dan Retinol: Apa Perbedaan dan Fungsinya?

Kesehatan Kulit   18/11/2022
cara-mencegah-dark-spot

Dark Spot: Penyebab dan Cara Mengatasi

Kesehatan Kulit   14/11/2022