fbpx
BerandaGaya Hidup SehatIngin Menurunkan Berat Badan? Ini Cara Diet Sehat yang Benar dan Tidak Berbahaya

Diet merupakan salah satu cara yang kerap dilakukan oleh orang-orang untuk mengurangi berat badan. Diet pada umumnya lebih sering dilakukan kaum hawa karena secara alami tubuhnya menghasilkan lemak yang lebih banyak dibandingkan laki-laki. Selain itu, masalah kepercayaan diri juga sering menjadi penyebabnya. Banyak kasus orang-orang yang menjalankan diet ekstrem yang tidak sehat guna memiliki berat badan ideal secara cepat. Padahal, cara diet itu bisa membahayakan kesehatan. 

Ingin Menurunkan Berat Badan? Ini Cara Diet Sehat yang Benar dan Tidak Berbahaya

 

3 Contoh Diet Sehat dan Murah

Diet sebenarnya ditujukan untuk kesehatan. Kelebihan berat badan merupakan salah satu dari faktor munculnya berbagai penyakit berbahaya. Misalnya penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan sebagainya. Tidak cuma menurunkan berat badan dan mencegah masalah kesehatan, diet juga banyak dilakukan dengan penderita kondisi medis tertentu. Oleh sebab itu, sebelum Anda melakukan diet ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis diet yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Berikut ini ada sederet contoh diet yang sehat dan populer di masyarakat.

 

1. Diet rendah garam

Diet ini sebenarnya merupakan diet untuk menurunkan berat badan dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Garam atau sodium memang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan fungsinya. Tetapi, asupan sodium yang berlebihan malah bisa mengganggu kesehatan. 

Kelebihan sodium dapat mengarah kepada hipertensi dan masalah jantung yang lebih serius. Ketika Anda makan garam dalam jumlah yang banyak, pembuluh darah akan menyerap air lebih banyak pula. 

Hal tersebut berdampak pada peningkatan tekanan darah, bahkan memperparah gejala penyakit jantung. Misalnya, kenaikan berat badan, kembung, dan pembengkakan area tubuh tertentu. Pembengkakan tersebut adalah hasil dari melemahnya otot jantung dalam memompa darah.

Asupan sodium yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah, maksimal, 2,4 gram per hari (1 sendok teh). Sementara untuk anak-anak usia 4 – 10 tahun, cukup mengonsumsi 1 – 2 gram garam setiap hari.

Kurangilah penggunaan garam, bumbu-bumbu, saus, serta penyedap rasa pada masakan. Sebagai gantinya, Anda bisa memakai rempah-rempah. Makanlah juga buah dan sayuran rendah sodium, contohnya tomat, wortel, bayam, brokoli, seledri, selada, bawang bombay, apel, jeruk, jeruk nipis, dan pisang. 

 

2. Diet tinggi protein

Sesuai namanya, metode diet ini menganjurkan orang-orang untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Cara diet yang sehat tersebut juga dilakukan dengan membatasi konsumsi karbohidrat, seperti biji-bijian dan sereal. Diet tinggi protein sebenarnya tidak berbahaya jika dilakukan dalam jangka pendek namun bukan berarti diet ini benar-benar aman. 

Bahkan untuk penderita gagal ginjal, diet semacam ini justru dilarang. Jika Anda ingin melakukan diet ini ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk membantu Anda membuat rencana diet yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Untuk memastikan kebutuhan amino terpenuhi, Anda juga bisa coba konsumsi Universal Amino 1900. Universal amino 1900 adalah suplemen untuk membantu pembentukan otot. Berasal dari sumber amino  yang lengkap dan mudah diserap tubuh. Serta membantu penyerapan asam amino 4x lebih cepat dan efektif

 

3. Diet shake buah

Susu diet (diet shake) merupakan alternatif cara diet sehat dan murah yang rendah kalori. Diet shake banyak dilakukan terutama oleh masyarakat perkotaan. Bukan cuma lebih hemat waktu dan sangat praktis, diet shake juga mengandung berbagai nutrisi makro esensial yang diperlukan tubuh. Diet shake biasanya menggunakan buah dan sayur sehingga dapat meningkatkan asupan vitamin dan mineral harian.

Metode diet satu ini pun bisa mengubah komposisi tubuh termasuk memperbaiki organ yang radang serta stres oksidatif yang bisa memicu timbulnya penyakit berat. Diet shake sangat cocok diterapkan saat sarapan untuk mengontrol berat badan dalam jangka panjang.

 

Cara Diet yang Sehat dan Aman

Bila Anda ingin menurunkan berat badan, sebaiknya Anda fokus pada jumlah kalori yang Anda bakar. Pastikan pula Anda selalu memenuhi kebutuhan nutrisi selama diet agar tidak mudah sakit. 

Berhati-hatilah pada diet yang diklaim bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Untuk hasil terbaik sebaiknya Anda menurunkan berat badan secara bertahap. Berikut beberapa cara diet sehat dan cepat tanpa obat yang dianjurkan.

 

1. Memilih makanan yang sehat dan bergizi seimbang

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Perbanyaklah konsumsi makanan sehat dan segar seperti buah dan sayuran segar, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, susu dan produk makanan kaya pati resisten. 

Hindari makanan yang mengandung gula, garam dan minyak berlebih. Misalnya gorengan, minuman bersoda, dan keripik kentang kemasan. Bahkan, sebaiknya Anda mengurangi makanan kemasan,makanan siap saji serta makanan berlemak tinggi yang akan menghancurkan diet Anda.

 

2. Memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi

Sesehat apapun makanan yang Anda konsumsi, jika jumlahnya berlebihan tetap tidak baik bagi kesehatan. Perhatikan porsi makanan yang Anda makan agar sesuai dengan kebutuhan kalori harian. 

Cara diet sehat dan murah bukan berarti dilakukan dengan mengurangi porsi makanan hingga sesedikit mungkin. Melainkan lebih pada pengaturan kalori. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin hingga aktivitas yang dilakukan. 

Idealnya, piring Anda harus terdiri dari 4 bagian yaitu daging untuk protein, karbohidrat, dan sisanya untuk sayuran warna-warni. 

 

3. Mengatur jadwal makan dan tidak melewatkan makan

Melewatkan waktu makan adalah metode diet yang salah. Misalnya tidak sarapan. Banyak orang yang mengira tidak makan pagi bisa memangkas kalori sehingga menurunkan berat badan. Padahal, anggapan tersebut salah. Apabila tidak sarapan, Anda malah akan lapar seharian dan cenderung “balas dendam” saat makan siang. 

Anda tetap bisa makan 3 kali sehari asalkan porsinya diatur agar tidak berlebih. Kuncinya adalah hindari makanan yang berkalori tinggi dan berlemak tinggi. Usahakan menu sarapan Anda mengandung serat dan tinggi protein agar bisa kenyang lebih lama.

 

4. Kombinasikan dengan olahraga yang rutin

Menurunkan berat badan tidak akan lengkap tanpa olahraga rutin. Olahraga secara rutin merupakan upaya terbaik untuk membakar kalori yang masuk di tubuh. Idealnya, Anda perlu berolahraga minimal 30 menit tiap hari agar tubuh tetap sehat, bugar dan berat badan terkontrol.

 

5. Menghindari kebiasaan yang merugikan kesehatan

Selain mempraktikan diet sehat seperti diatas, Anda juga harus melengkapinya dengan menghindari kebiasan-kebiasaan buruk. Merokok, begadang, minum alkohol adalah kebiasaan yang harus dihindari agar tubuh Anda tetap sehat. 

Kalau Anda tetap melakukannya, kemungkinan berat badan Anda akan turun menjadi kecil. maka berat badan Anda mungkin berkurang tapi hal tersebut tidak menghilangkan resiko terkena penyakit kronis yang membahayakan kesehatan.

Demikianlah beberapa cara diet sehat dan cepat tanpa obat yang bisa Anda lakukan. Menurunkan berat badan bukan hanya tentang pola dan jenis makanan yang Anda konsumsi. Anda harus menerapkan gaya hidup sehat, termasuk memeriksakan diri ke dokter secara rutin.

Hal tersebut sangat penting dilakukan mengingat risiko penyakit bisa datang kapan saja dan tidak terduga. Dengan menerapkan pola diet sehat, Anda setidaknya meminimalisir potensi penyakit serius yang bisa membahayakan kesehatan Anda. 

Untuk memastikan kebutuhan nutrisi harian Anda tetap terpenuhi selama diet, coba konsumsi Vitazet. Vitazet adalah multivitamin dan mineral untuk membantu memelihara daya tahan tubuh. Dapat membantu proses metabolisme dan regenerasi sel serta membantu meningkatkan sistem imun tubuh dan memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

Makanan_Pemicu_Kanker

Waspadai Makanan Penyebab Kanker Yang Perlu Dihindari

Gaya Hidup Sehat   01/10/2021
Jerawat_Pasir

Kenali Cara Membasmi Jerawat Pasir yang Membandel

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021
Cara_Menenangkan_Pikiran

Ketahui Cara Menenangkan Pikiran secara Sederhana

Gaya Hidup Sehat   13/09/2021

Organ Pencernaan Manusia, Bagaimana Cara Memeliharanya?

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021
Varian Mu

Varian Mu, Varian COVID-19 Terbaru Yang Mengancam

Gaya Hidup Sehat   08/09/2021