fbpx
BerandaKesehatan KulitLawan Jerawat, Cobain Masker Yogurt untuk Wajah Yuk!

Tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, yogurt ternyata juga memberikan banyak manfaat untuk kulit loh Jovians! Baik saat dikonsumsi maupun diaplikasikan langsung, yogurt bisa membantu menjaga kelembapan dan kesehatan kulitmu.

masker-yogurt-untuk-wajah

Sudah pernah cobain masker yogurt belum? Manfaat yogurt untuk wajah juga bisa didapatkan melalui masker yogurt. Mudah dibuat dan ramah di kantong, yuk simak manfaat masker yogurt untuk wajah serta cara membuatnya di rumah!

Manfaat Masker Yogurt untuk Wajah

Sebagai masker wajah, sebaiknya gunakanlah yogurt tawar (plain) tanpa rasa. Namun, perlu diperhatikan juga jenis yogurt yang digunakan. Yogurt susu mengandung lebih banyak kalsium sehingga teksturnya lebih cair, sedangkan greek yogurt memiliki tekstur yang lebih kental sehingga lebih mudah dioleskan ke kulit. Berikut ini enam manfaat masker yogurt untuk wajah, di antaranya:

1. Menambah dan menjaga kelembapan kulit

Kaya akan vitamin B, yogurt memiliki kandungan riboflavin yang membantu melembabkan kulit sekaligus membuat kulit terlihat glowing loh Jovians! Riboflavin membantu sekresi lendir di kulit, sehingga dapat mencegah kekeringan. Kulit kering juga memicu produksi minyak berlebih, sehingga masker yogurt secara rutin baik untuk kebersihan dan kelembapan kulitmu.

2. Membantu mencerahkan kulit

Studi tahun 2011 mengatakan bahwa yogurt sebagai masker wajah memiliki potensi untuk membantu mencerahkan kulit. Terlebih lagi pada greek yogurt yang kaya akan protein, kandungannya membantu proses perbaikan sel kulit sehingga kulit tampak lebih bersinar dan terlihat awet muda. Selain itu, yogurt juga mengandung asam laktat dan AHA yang membantu melembapkan dan menghilangkan kulit-kulit mati.

3. Meningkatkan elastisitas kulit

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan berkurang. Sehingga, elastisitas kulit melemah yang timbulkan berbagai gejala penuaan dini seperti garis halus dan kerutan. Yogurt mengandung protein serta vitamin D yang tinggi. Hal ini membuat yogurt dapat membantu menjaga elastisitas kulit, dengan cara menambah kelembapan kulitmu.

4. Menjaga kulit dari efek paparan sinar UV matahari

Kamu habis beraktifitas di luar ruangan seharian? Gunakan masker yogurt untuk membantu menenangkan kulit dari sunburn dan melindungi sel kulit dari kerusakan. Probiotik di dalam yogurt akan memperbaiki penghalang kulit dan merangsang pembaruan sel, yang mencegah kulitmu alami dehidrasi.

5. Efek slow aging

Kulit yang lembab menandakan elastisitas kulit yang terjaga. Jika elastisitas kulit terawat dengan baik, tanda-tanda penuaan dapat diperlambat kemunculannya Jovians! Nah, masker yogurt memberikan kelembapan ekstra, sekaligus memberi nutrisi ekstra pada kulit. Dengan begitu, kulit menjadi lebih terawat dan tanda penuaan dini dapat dicegah.

6. Membantu merawat jerawat

Meskipun masker yogurt dapat digunakan pada seluruh tipe kulit, masker alami ini sangat cocok bagi kamu pemilik kulit berminyak dan berjerawat loh! Kandungan seng di dalam yogurt membantu mengontrol produksi minyak, dan juga membawa sifat antibakteri dan antijamur untuk melawan bakteri jerawat.

Cara Membuat Masker Yogurt

Cara membuat masker yogurt untuk wajah sangatlah mudah. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemukan, dan minim efek samping karena terbuat dari bahan alami. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat mencampur yogurt dengan bahan-bahan ini:

  • Madu. Telah banyak studi dan penelitian yang membahas mengenai manfaat madu untuk kulit. Berkat nutrisi yang dikandungnya, madu dapat membantu merawat eksim, kulit kering, hingga psoriasis.
  • Kunyit. Bahan dapur ini dikenal berkat sifat antiinflamasi yang dimilikinya, sehingga dapat digunakan untuk merawat kulit berjerawat dan meredakan gejala psoriasis.
  • Lidah buaya. Sifat menenangkan yang dimiliki tanaman ini membuatnya cocok untuk mengatasi gejala kemerahan, iritasi, dan sunburn. Selain itu perpaduan lidah buaya dan yogurt dapat menciptakan pelembab alami yang baik bagi kulit kering.

Yogurt dapat digunakan secara langsung ke wajah. Namun, mencampurkan yogurt dengan bahan tertentu dapat membantu mengatasi masalah kulit tertentu. Bingung takaran resep yogurt sebagai masker yang tepat? Kamu bisa cobain sejumlah resep yang Jovee kutip dari Healthline berikut.

Kulit berminyak/meradang

  • ½ cup yogurt
  • 1 sendok teh madu
  • ½ sendok teh bubuk kunyit

Kulit kering/iritasi

  • ¼ cup yogurt
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok makan gel lidah buaya

Bekas jerawat

  • 1 cup yogurt
  • Beberapa tetes jus lemon murni

Apakah Masker Yogurt untuk Wajah Aman?

Masker yogurt tidak aman digunakan jika kamu memiliki alergi susu sapi. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan uji alergi terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan-bahan alami secara langsung ke kulit.

Sebagai alternatif kamu dapat menggunakan bahan alami lain seperti kunyit, alpukat, oatmeal, lidah buaya, hingga green tea sebagai masker untuk wajah. Demikianlah manfaat dan cara pakai masker yogurt untuk wajah. Semoga bermanfaat ya!

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

manfaat sirih merah

Serba-Serbi Manfaat Sirih Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Kulit   29/11/2023
senyum apple cheeks adalah

Mengenal Istilah Senyum Apple Cheeks Adalah dan Penjelasannya

Kesehatan Kulit   25/11/2023
Manfaat kulit semangka untuk wajah

Serba-serbi Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah, Unik Banget

Kesehatan Kulit   24/11/2023
Anti Aging Untuk Usia Berapa

Anti Aging Untuk Usia Berapa Ya? Yuk Kulik Di Sini

Kesehatan Kulit   22/11/2023
Kepanjangan dari SPF

Sunscreen 101: Kenali Lebih Dalam Kepanjangan dari SPF

Kesehatan Kulit   21/11/2023