fbpx
BerandaGaya Hidup SehatMemahami Pentingnya Peran Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan pada manusia (human growth hormone/HGH) dihasilkan secara alami oleh kelenjar hipofisis anterior di otak. HGH yang dikenal juga dengan nama somatotropin merupakan asam amino rantai tunggal. Hormon ini lebih banyak diproduksi pada malam hari dibandingkan siang hari. Seperti namanya, para ahli awalnya percaya bahwa hormon pertumbuhan bertanggung jawab dalam proses tumbuh kembang normal di masa kanak-kanak. Tapi ternyata, penelitian menunjukkan hormon ini juga berperan dalam pengaturan fungsi metabolisme tubuh dan respons stres.

hormon-pertumbuhan-manusia

Apa sebenarnya fungsi hormon pertumbuhan manusia ini?

Menurut penelitian, kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh akan meningkat pada masa anak-anak dan mencapai puncaknya saat memasuki masa pubertas. Setelah itu, kadar hormon ini akan stabil di usia dewasa, lalu menurun ketika memasuki usia paruh baya.

Bukan cuma memastikan proses pertumbuhan dan perkembangan berjalan optimal, peran lain dari hormon pertumbuhan adalah:

  • Mengatur metabolisme karbohidrat dan lemak tubuh
  • Memelihara kesehatan dan fungsi otak, otot, tulang, serta keseimbangan cairan tubuh.
  • Memelihara kesehatan jantung dengan menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga aliran darah jadi lancar
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kadar hormon pertumbuhan yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit, akan menyebabkan masalah kesehatan. Kekurangan HGH bisa diatasi dengan pemberian hormon pertumbuhan dalam bentuk sintesisnya. Ya, hormon tersebut bisa disintesis atau dibuat oleh manusia.

Apa itu terapi growth hormone (GH)?

Dilansir dari laman Hormone.org, hormon pertumbuhan manusia sintetis digunakan untuk menangani masalah pertumbuhan tinggi badan pada anak-anak yang diakibatkan oleh:

  • Kekurangan hormon pertumbuhan alami
  • Kelainan genetik, seperti sindrom Turner dan Prader-Willi
  • Penyakit ginjal kronis
  • Terlahir dengan ukuran tubuh yang kecil atau prematur

Sementara pada orang dewasa, hormon pertumbuhan sintetis dapat digunakan untuk mengatasi:

  • Kekurangan hormon pertumbuhan, misalnya karena tumor hipofisis
  • Sindrom usus pendek atau short bowel syndrome, yaitu gangguan penyerapan nutrisi akibat penyakit usus atau operasi pengangkatan usus
  • Kondisi pengecilan otot yang disebabkan oleh HIV/AIDS

Risiko penggunaan GH sintesis

Banyak atlet di Amerika yang menggunakan HGH sintesis untuk meningkatkan performanya dan memperlambat penuaan. Bersama dengan steroid, atlet menyuntikkan HGH dengan tujuan membentuk otot, menambah kekuatan, serta mengurangi lemak tubuh. Beberapa atlet juga menggunakan insulin sintesis untuk meningkatkan efek hormon pertumbuhan. Hal ini tentu berbahaya karena bisa menurunkan gula darah dalam tubuh.

Risiko pemakaian hormon pertumbuhan tidak berhenti sampai disitu. Efek samping yang ditimbulkan GH sintesis dapat berupa nyeri otot dan sendi, penumpukan cairan serta pembengkakan pada sendi. Bila GH disuntikkan dengan jarum bekas orang lain, akan muncul risiko HIV, AIDS, dan hepatitis.

Penggunaan GH dalam jangka panjang pun berkontribusi terhadap penyakit jantung. Growth hormone sintesis hanya bisa didapatkan dengan resep dokter dan tersedia dalam bentuk suntikan. Produk hormon pertumbuhan sintesis ilegal mengandung zat-zat asing yang berpotensi membahayakan kesehatan. Misalnya saja, penyakit Creutzfeldt-Jakob yang menyerang otak.

Apa yang akan terjadi jika kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh tidak normal?

Segala sesuatu yang berlebihan, atau justru terlalu sedikit, memang tidak bagus. Sama seperti nutrisi dan hormon lainnya, kelebihan maupun kekurangan hormon pertumbuhan manusia dapat menyebabkan masalah kesehatan. Termasuk kelainan bentuk tubuh.

Kekurangan hormon pertumbuhan

Kasus kekurangan hormon pertumbuhan lebih sering terjadi pada anak-anak. Kondisi ini dapat mengakibatkan terhambatnya proses pertumbuhan, seperti:

  • Masa pubertas jadi tertunda
  • Perkembangan organ reproduksi ikut terhambat
  • Tinggi badannya di bawah rata-rata anak-anak lain

Penyebab kekurangan hormon pertumbuhan sebetulnya tidak diketahui dengan jelas. Nah, beberapa faktor yang bisa memengaruhi kondisi kekurangan hormon pertumbuhan manusia adalah:

  • Kelainan kongenital alias bawaan dari lahir
  • Kanker yang menghambat produksi HGH oleh kelenjar hipofisis
  • Cedera kepala berat yang merusak kerja kelenjar hipofisis
  • Efek samping terapi radiasi pada kepala

Kelebihan hormon pertumbuhan

Kadar hormon pertumbuhan dalam tubuh anak-anak yang terlalu tinggi dapat menyebabkan gigantisme. Kondisi tersebut merupakan, yaitu kondisi di mana ukuran tulang dan tubuh anak terlalu besar untuk usianya. Sedangkan dampaknya pada orang dewasa berupa akromegali, yang ditandai dengan ukuran tangan, kaki, dan wajah lebih besar dari ukuran normal.

Kelebihan hormon pertumbuhan ini seringkali disebabkan oleh tumor di kelenjar pituitari. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa kelebihan HGH dapat diakibatkan oleh oleh tumor di organ tubuh lain, contohnya pankreas, paru-paru, dan tumor otak.

Bagaimana caranya menjaga kadar HGH tetap normal?

Mengingat pentingnya peran hormon ini terhadap tumbuh kembang anak, Anda perlu menjaga kadarnya di dalam tubuh tetap normal. Beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Pilihlah jenis karbohidrat kompleks, misalnya kacang-kacangan, buah dan sayuran. Sebaliknya, batasi konsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan kue.
  • Kurangi asupan makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi.
  • Olahraga secara rutin, setidaknya 30 menit per hari dan 5 hari seminggu.
  • Hindari mengonsumsi makanan 2 – 3 jam sebelum tidur malam.
  • Cukupi waktu istirahat, sekitar 7 – 9 jam setiap hari.

“Pada orang dewasa, tingkat HGH yang rendah juga dapat menurunkan kualitas hidup, meningkatkan risiko penyakit, dan membuat kita mudah gemuk,” kata dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee. Dengan mengubah diet dan gaya hidup, kadar HGH dalam tubuh akan terjaga.

“Misalnya, mengurangi kelebihan lemak tubuh terutama di sekitar perut kita dapat mengoptimalkan tingkat HGH sekaligus meningkatkan kesehatan. Membatasi konsumsi karbohidrat sederhana atau olahan dan gula juga membantu mengoptimalkan kadar hormon pertumbuhan. Selain itu, berolahraga adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kadar HGH Anda secara signifikan.” tambah dr. Irma.

Kadar hormon pertumbuhan manusia yang seimbang memungkinkan anak untuk tumbuh dan berkembang dengan normal. Selain itu, hormon pertumbuhan juga akan menunjang proses metabolisme, perbaikan sel-sel tubuh, serta fungsi organ-organ tubuh berjalan dengan baik. Kekurangan hormon ini bisa diatasi dengan pemberian injeksi GH sintesis yang diresepkan dokter.

Untuk memenuhi nutrisi dan vitamin selama anak masih dalam masa pertumbuhan coba berikan Zamel Drop (Rp64.535). Zamel Drop 60 ml adalah vitamin yang digunakan untuk pencegahan dan pengobatan defisiensi vitamin / mineral pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Atau Anda bisa memberikan Wellness Gummy Kids (Rp374.000). Wellness Gummy Kids adalah multivitamin dan mineral untuk membantu memelihara daya tahan tubuh dan memastikan kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi untuk tumbuh kembang yang optimal.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

eosinofil-tinggi

Mengenal Eosinofil dan Fungsinya Bagi Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/06/2022
minyak-esensial

4 Tips Membeli Minyak Esensial

Kesehatan Lainnya   27/06/2022
dna-fragmentation-index

Mengenal DNA Fragmentation Index (DFI)

Kesehatan Lainnya   26/06/2022
bahaya-klorin-di-pembalut

Ketahui Bahaya Klorin pada Pembalut Wanita

Kesehatan Lainnya   25/06/2022
bahaya-lsd

Kenali Bahaya LSD, Narkotika Penyebab Halusinasi

Kesehatan Lainnya   24/06/2022