fbpx

Manfaat Karbohidrat dan Jenis-jenisnya

by | Oct 18, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Karbohidrat adalah segolongan besar senyawa kimia yang paling banyak terdapat di bumi yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat memiliki manfaat utama sebagai sumber energi agar tubuh mampu menjalankan berbagai fungsinya, dan melakukan berbagai aktivitas setiap hari. 

Karbohidrat terbagi menjadi dua jenis, yaitu sederhana dan kompleks yang keduanya memiliki perbedaan dalam struktur kimiawinya. Secara umum, karbohidrat yang sederhana mengandung gula dasar yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Sedangkan karbohidrat kompleks memiliki rantai gula yang panjang sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna oleh tubuh. Sumber karbohidrat alami dapat Anda temukan di dalam biji-bijian, padi-padian, buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, dan susu. 

Jenis-jenis Karbohidrat

Karbohidrat terdiri dari tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Pati

Pati adalah jenis karbohidrat yang terdapat dalam makanan yang berasal dari tanaman, seperti biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan, dan makanan bertepung. Pati sendiri merupakan karbohidrat kompleks, sehingga tidak akan cepat dipecah dalam tubuh, seperti nasi/beras, roti, kentang, pasta, gandum, dan sejenisnya.

2. Serat

Serat juga terdapat dalam makanan yang berasal dari tanaman, seperti roti gandum, kacang-kacangan, dan sebagian sayuran yang bisa dimakan dengan kulitnya. Serat sendiri terbentuk atas selulosa. Bila hewan seperti sapi dan kambing memiliki enzim selulase untuk mengurai selulosa, ternyata manusia tidak memiliki kemampuan untuk mengurai serat atau selulosa dan akan dikeluarkan oleh tubuh. Hal ini yang membuat serat baik untuk melancarkan pencernaan kita.

3. Gula

Tidak semua karbohidrat merupakan gula, namun semua gula adalah karbohidrat. Gula bisa didapatkan secara alami dari berbagai makanan, diantaranya gula pada buah yang disebut dengan fruktosa, gula pada susu yang disebut dengan laktosa, dan gula pasir yang disebut dengan sukrosa. Gula mudah dicerna dalam tubuh dan dapat meningkatkan gula darah lebih mudah serta menghasilkan energi lebih cepat.

Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh

Ketika Anda mengonsumsi karbohidrat, maka tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa yang kemudian menjadi sumber energi bagi tubuh. Manfaat karbohidrat bagi tubuh sangatlah penting, yaitu sebagai berikut.

Sumber Energi: Manfaat Karbohidrat

Setelah mengonsumsi karbohidrat, nutrisi ini akan dicerna dan diubah menjadi glukosa. Kemudian, insulin membantu sel-sel tubuh untuk menyerap glukosa yang selanjutnya diubah menjadi energi, seperti untuk bernafas, bergerak, berjalan, berpikir, dan untuk melakukan aktivitas yang lainnya.

Memenuhi Kebutuhan Kalori

Untuk memenuhi kebutuhan kalori, Anda harus memperhatikan porsi makan agar tidak berlebihan hingga tubuh kelebihan kalori. Kalori yang berasal dari karbohidrat lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dari lemak dengan perbandingan yang sama. Konsumsi kalori tubuh akan semakin baik jika Anda mendapatkan karbohidrat dari makanan yang berserat tinggi, seperti beras merah, roti gandum dan kacang-kacangan. 

Mengurangi Risiko Penyakit: Manfaat Karbohidrat

Mengonsumsi karbohidrat juga dapat mengurangi risiko penyakit yaitu karbohidrat yang berasal dari kacang-kacangan dan sayuran. Serat pada karbohidrat dapat mengurangi risiko sembelit dan meningkatkan kesehatan usus. Penelitian membuktikan bahwa beberapa jenis serat yang didapatkan dari biji-bijian juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta menurunkan risiko obesitas dan diabetes.

Setiap orang membutuhkan karbohidrat dalam jumlah yang berbeda, bergantung pada usai, jenis kelami, aktivitas yang dilakukan, serta kondisi medis. Pada umumnya, orang dewasa yang sehat membutuhkan asupan karbohidrat sebanyak 220 hingga 300 gram per hari. Sedangkan untuk Anda yang ingin menjaga berat badan, asupan karbohidrat yang disarankan sekitar 50 hingga 150 gram per hari. 

Wanita yang berusia kurang dari 50 tahun membutuhkan 25 gram serat per hari, sedangkan jumlah serta yang dibutuhkan oleh wanita yang berusia lebih dari 50 tahun sekitar 21 gram per hari. Sementara itu, pria yang berusia kurang dari 50 tahun membutuhkan sebanyak 38 gram serat per hari dan pria yang berusia diatas 50 tahun membutuhkan 30 gram serat per hari.

Gula yang dihasilkan dari karbohidrat yang tidak digunakan lagi akan disimpan di dalam bentuk lemak tubuh.  Sehingga, mengonsumsi karbohidrat yang berlebih akan menimbun banyak lemak di tubuh Anda. Kondisi ini akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Maka dari itu, Kementerian Kesehatan menyarankan konsumsi gula total dalam sehari hanya dibatasi 4 sendok makan atau 50 gram bagi orang sehat.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
8 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Bawang Putih Mentah, Apa Saja?
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan
8 Kebiasaan Buruk yang Dapat Mempengaruhi Kesehatanmu
Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh
7 Khasiat Teh Bagi Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

Sebaliknya, kekurangan karbohidrat akan membuat tubuh lemas sehingga mengambil lemak untuk dijadikan sebagai energi. Proses perubahan lemak menjadi energi dapat menyebabkan terjadinya penumpukan unsur keton di dalam darah yang mengakibatkan Anda merasa pusing, lemas, dan mual. 

Itulah beberapa informasi mengenai karbohidrat. Semoga bermanfaat!Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Brands