fbpx

Vitamin C dan Khasiatnya bagi Kulit serta Rambut

by | Sep 9, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Vitamin C atau asam askorbat  sudah lama dikenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Mikronutrien tersebut merupakan molekul esensial bagi kesehatan kulit dan rambut karena kandungan zat antioksidan dan perannya dalam pembentukan kolagen. Makanya, Anda perlu memenuhi asupan hariannya agar kesehatan kulit serta rambut terjaga. Ada banyak sekali makanan, terutama sayur dan buah, yang mengandung vitamin C.

Walaupun penelitian terkait efeknya terhadap kulit masih terbatas, vitamin C diyakini memiliki efek positif terhadap sel-sel pada kulit. Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan kemampuan vitamin C dalam mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV.

 

Manfaat Vitamin C bagi Kulit

Kulit merupakan organ vital yang paling luas di tubuh. Fungsi utama kulit adalah melindungi jaringan dan organ-organ di dalam tubuh dari luka fisik seperti benturan, mikroorganisme penyakit, dan sinar UV. 

Kadar vitamin C normal tertinggi terdapat pada lapisan epidermis dan dermis kulit. Kadarnya akan terus menurun seiring bertambahnya usia. Paparan sinar UV atau polusi udara yang berlebihan pun bisa mengurangi kadar vitamin C di lapisan epidermis kulit.

Selain didapat dari makanan, asam askorbat juga bisa dikonsumsi dari suplemen dan dipakai langsung di kulit dalam bentuk serum atau krim. Serum atau krim vitamin ini bisa membantu pembentukan kolagen dan melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi. Lebih jelasnya, manfaat vitamin C bagi kulit adalah sebagai berikut: 

 

1. Membantu proses penyembuhan luka

Jika kulit seseorang terluka, vitamin C akan membantu meningkatkan kolagen dan mengurangi respon inflamasi di bagian lukanya tersebut. Vitamin C juga menstimulasi pertumbuhan sel-sel kulit. Zat antioksidan pada vitamin C pun membantu mengurangi kerusakan pada daerah luka akibat radikal bebas. 

Vitamin C juga berfungsi sebagai menjaga keutuhan kolagen dalam tubuh agar tidak teroksidasi. Kolagen sendi yang diproduksi oleh fibroblas ini penting dalam membentuk struktur kulit manusia. Kolagen juga berfungsi membentuk struktur penutup luka. 

Dengan memenuhi kebutuhan hariannya, kolagen dalam tubuh dapat terjaga maksimal dan proses penyembuhan luka menjadi optimal.

Bukan hanya pada orang sehat, penelitian terdahulu juga menemukan bahwa antioksidan pada vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan pada orang dengan luka bakar yang parah.

 

2. Membantu merawat kulit dari kerusakan sinar UV

Radikal bebas yang terbentuk akibat sinar ultraviolet terjadi karena interaksi oksigen dengan beberapa molekul di dalam kulit. Molekul ini kemudian masuk ke tubuh dan bereaksi dengan DNA dan mengakibatkan kerusakan sel. 

Zat antioksidan dari vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen dan meredakan kerusakan akibat sinar UV. Secara tidak langsung, asam askorbat pun menurunkan risiko kanker kulit di kemudian hari. Vitamin C yang dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau produk yang dipakai lewat kulit dapat membantu mempercepat penyembuhan.

 

3. Ikut memperbaiki tekstur kulit dan mencegah kulit kering

Kolagen yang diproduksi bertugas melindungi struktur pembuluh darah. Pembuluh darah halus di bawah kulit mengangkut oksigen dan nutrisi agar kulit tetap sehat. Tanpa nutrisi yang cukup, kulit akan menjadi kasar dan kering. Krim dengan kandungan vitamin C dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

Konsumsi makanan kaya vitamin C diyakini mampu mengurangi resiko kulit kering karena kemampuannya dalam mencegah hilangnya kadar air pada kulit. Vitamin C meningkatkan pembentukan elastin yang berfungsi untuk melindungi, memperbaiki, dan menebalkan sel-sel kulit.

Penebalan sel kulit ini akan membantu menahan kelembaban, meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan membuatnya lebih kenyal. 

Hal ini juga dikarenakan vitamin C yang berfungsi dalam menjaga ketahanan kolagen yang membuat struktur kulit menjadi lebih kuat dan elastis, sehingga memberikan efek kulit lebih kenyal dan cerah.

 

Perannya bagi Kesehatan Rambut

Produksi kolagen yang distimulasi oleh vitamin C juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Pada dasarnya, manfaat vitamin C pada rambut tidak jauh berbeda dengan kulit. Vitamin C mampu merangsang pertumbuhan rambut, mencegah ketombe akibat kulit kepala kering dan tumbuhnya uban di usia dini.

Vitamin C juga penting untuk mencegah kerusakan pada folikel rambut dan dipercaya mampu melindungi dari kerontokan yang menyebabkan kebotakan dini. Rendahnya asupan vitamin C ternyata bisa menjadi penyebab akar rambut menjadi rapuh dan terlihat kusam serta kering.

 

Beragam Buah Tinggi Vitamin C

Secara alami, kandungan vitamin C bisa didapatkan dari berbagai jenis sayuran maupun buah-buahan. Misalnya, jeruk, brokoli, cabai dan kentang. Karena vitamin ini larut dalam air, kelebihannya tentu tidak akan disimpan dalam tubuh. Itulah sebabnya, Anda harus selalu memenuhi kebutuhannya setiap hari.

Berikut ini adalah sejumlah buah yang kaya akan vitamin C, yaitu:

  • Jambu biji. Buah satu ini ternyata memiliki kandungan vitamin C paling tinggi. Bahkan lebih tinggi dibandingkan jeruk. Dalam 100 gram jambu biji mengandung 225 mg asam askorbat.
  • Stroberi, yang juga mempunyai vitamin C lebih banyak daripada jeruk. Seratur gram stroberi mengandung 33 kalori dan 60 mg vitamin C.
  • Nanas. Selain vitamin C-nya yang tinggi, buah ini juga kaya akan serat. Di dalam 100 gram nanas mengandung 50 kalori dan 50 mg vitamin C.
  • Kiwi. Salah satu sumber vitamin C yang baik untuk otot serta jantung adalah kiwi. Tidak cuma asam askorbat, kiwi pun memiliki mineral kalium dan magnesium. Satu buahnya mengandung 100 mg vitamin C.
  • Pepaya. Buah ini memiliki efek positif terhadap sistem pencernaan. Sebanyak 100 gram buah pepaya matang mengandung 60 mg vitamin C.

Banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat jika kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi. Selain dari makanan, asupan vitamin ini juga bisa didapatkan dari konsumsi suplemen sebagai pelengkap.

Perlu Anda ingat bahwa mengonsumsi suplemen yang terlalu banyak bisa menimbulkan efek samping yang bahaya, termasuk kematian. Karena itulah sebaiknya konsumsi suplemen dari Jovee. Suplemen yang direkomendasikan oleh Jovee memiliki dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak memicu masalah kesehatan.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Alexander JM. (Linus Pauling Institute) 2011. Vitamin C and Skin Health.

Nicha S. (Nutrition). 2019. 27 Amazing Benefits Of Vitamin C For Skin, Hair, And Health.

Tersedia di Jovee shop

BLACKMORES VITAMIN C 500MG – Daya Tahan Tubuh

Sale!

BLACKMORES BIO C – VITAMIN C 1000MG – Daya Tahan Tubuh

Sale!

BLACKMORES BIO C – VITAMIN C 1000MG – Daya Tahan Tubuh – 90 Tablet

Sale!

Brands