fbpx
BerandaVitamin & Suplemen3 Manfaat Minum Vitamin di Musim Hujan

Suhu udara yang lembab saat musim hujan menjadi saat yang tepat bagi virus dan bakteri untuk bekembang biak. Tidak hanya itu, pada musim ini tubuh menjadi lebih rentan terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuh menurun.

manfaat-minum-vitamin-di-musim-hujan

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan di musim ini. Kamu dapat melakukan berbagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan tidur yang cukup. Konsumsi vitamin yang tepat juga diperlukan sebagai tindakan perlindungan ekstra.

Apa itu vitamin?

Menurut MedlinePlus, vitamin adalah zat yang dibutuhkan tubuh kita untuk berkembang dan berfungsi secara normal. Ada banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap harinya, seperti vitamin A, C, D, E, dan B kompleks.

Vitamin-vitamin ini memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing di dalam tubuh. Terutama di musim hujan, mengonsumsi makanan ataupun suplemen dibutuhkan untuk bantu sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.

Manfaat minum vitamin di musim hujan

Vitamin dapat mendukung sistem kerja tubuh dalam berbagai cara, termasuk sistem kekebalan tubuh. Saat musim hujan, tubuh memerlukan ‘dukungan’ pada sistem kekebalan yang lebih besar, karena imun bekerja lebih ekstra untuk menjaga tubuh dari penyakit.

Berikut ini manfaat minum vitamin di musim hujan yang perlu kamu ketahui.

1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat minum vitamin di musim hujan yang paling besar tentunya adalah membantu jaga daya tahan tubuh. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa minum vitamin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu vitamin yang memiliki peran vital dalam sistem kekebalan tubuh adalah vitamin C.

Vitamin C membantu mendorong produksi sel darah putih yang dikenal sebagai limfosit dan fagosit, yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Selain memperbanyak sel, vitamin ini juga membantu sel darah putih untuk bekerja lebih efektif sekaligus melindunginya dari kerusakan molekul yang disebabkan oleh radikal bebas.

Selain vitamin C, vitamin E dan B6 juga dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi penyakit. Ketiga vitamin ini dapat ditemukan dalam makanan seperti buah jeruk, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

2. Mengurangi inflamasi

Inflamasi atau peradangan adalah respons kekebalan tubuh dalam jangka pendek terhadap trauma, penyakit, dan stres. Saat musim hujan, untuk menahan panas tubuh maka pembuluh darah akan mengecil. Hal ini menyebabkan sirkulasi tubuh terhambat.

Ketika sirkulasi tubuh terhambat, virus dan bakteri jadi lebih mudah berkembang biak, sehingga terjadilah inflamasi dalam bentuk flu atau batuk. Inflamasi ini dapat dicegah atau dikurangi dengan minum vitamin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat seperti vitamin D dan C.

Minum vitamin di musim hujan bermanfaat untuk mencegah atau mengurangi peradangan yang kamu alami tidak semakin parah. Vitamin D adalah nutrisi penting yang larut dalam lemak yang memainkan peran kunci dalam kesehatan kekebalan tubuh dan memiliki beberapa sifat anti-inflamasi yang kuat.

3. Mempercepat penyembuhan

Vitamin seperti vitamin A, C, D dan E diketahui dapat mempercepat proses penyembuhan karena kandungannya yang kaya akan antioksidan dan anti-inflamasi. Selain melindungi sel dari paparan radikal bebas, antioksidan yang banyak terkandung dalam vitamin juga dapat memperlambat penuaan sel.

Anjuran dosis konsumsi vitamin

Perlu diingat, walaupun vitamin memberikan banyak manfaat, kamu perlu mengikuti dosis yang dianjurkan agar tidak overdosis. Berikut ini anjuran dosis beberapa vitamin untuk daya tahan tubuh:

  • Vitamin C

Untuk orang dewasa, jumlah harian yang direkomendasikan untuk vitamin C adalah 65 hingga 90 mg sehari, dengan maksimum 2.000 mg sehari. Meskipun mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah besar tidak berbahaya, tetap konsumsi vitamin ini sesuai dosis untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan.

  • Vitamin D

Jumlah vitamin D harian yang direkomendasikan adalah 400 IU untuk anak usia 1 tahun, 600 IU untuk orang berusia 1 hingga 70 tahun, dan 800 IU untuk orang di atas 70 tahun. Namun, mengonsumsi terlalu banyak vitamin D dalam bentuk suplemen bisa berbahaya. Oleh karena itu pastikan untuk mengonsumsi vitamin D sesuai dengan anjuran dosis.

  • Vitamin A

Jumlah vitamin A harian yang direkomendasikan adalah 900 mikrogram (mcg) untuk pria dewasa dan 700 mcg untuk wanita dewasa. Namun, terlalu banyak mengonsumsi vitamin A bisa berbahaya. Jika kamu sedang hamil, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi vitamin A. Hal ini dikarenakan penggunaan vitamin A yang berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir.

  • Vitamin E

Jumlah vitamin E harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 15 mg sehari. Walaupun sangat jarang, mengonsumsi vitamin E dalam jumlah besar dapat menyebabkan sejumlah efek samping seperti mual dan muntah. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi vitamin ini.

Kamu dapat merasakan khasiat dari vitamin-vitamin ini dengan mengonsumsi suplemen dari Jovee. Salah satu suplemen untuk daya tahan tubuh yang bisa kamu dapatkan adalah Blackmores Multivitamin & Mineral (Rp 421.380). Mengandung berbagai macam vitamin & mineral yang dibutuhkan tubuh, konsumsi suplemen ini untuk menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan.

Itulah beberapa manfaat minum vitamin di musim hujan beserta jumlah dosis yang dianjurkan. Jaga kesehatan dan selalu sedia kebutuhan vitamin untuk jaga daya tahan tubuh.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022

4 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan

Gaya Hidup Sehat   18/04/2022
cara-menjaga-kesehatan-kulit

5 Cara Menjaga Kesehatan Kulit bagi Wanita Karir

Gaya Hidup Sehat   30/03/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022