fbpx
BerandaVitamin & Suplemen6 Fungsi Omega 3 bagi Tubuh, Ternyata Bisa Mengurangi Stres

Omega-3 adalah salah satu asam lemak yang dibutuhkan tubuh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaatnya bagi kesehatan jantung, inflamasi, bahkan kesehatan mental. Berikut ini adalah 6 manfaat yang bisa Anda peroleh dari Omega 3, yaitu:

6 Fungsi Omega 3 bagi Tubuh, Ternyata Bisa Mengurangi Stres

1. Mengurangi risiko gangguan jantung dan stroke hingga kematian dini

Konsumsi asam lemak omega 3 dapat membantu menurunkan tekanan darah, memperlambat pembentukan plak di arteri, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Orang yang memiliki riwayat penyakit jantung dianjurkan untuk makan ikan 3 kali seminggu, atau mengonsumsi suplemen minyak ikan yang mengandung setidaknya 1 gram omega 3 setiap hari. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang jarang, bahkan tidak pernah, mengonsumsi makanan laut berpotensi meninggal akibat penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang mengonsumsinya paling tidak seminggu sekali.

2. Mampu meredakan nyeri saat menstruasi

Banyak sekali wanita yang mengalami dismenore atau keluhan kram pada perut saat haid. Hal ini disebabkan karena kontraksi otot uterus yang dipicu zat kimia bernama prostaglandin. Omega 3 yang dikenal bersifat anti-inflamasi mampu meringankan rasa nyeri saat Anda haid. Disamping itu, omega 3 pun bisa menyeimbangkan hormon yang naik-turun dan menstabilkan mood.

3. Meredakan radang sendi pada penderita arthritis

Rheumatoid arthritis atau rematik pada wanita cenderung memiliki gejala yang lebih parah dibandingkan pada pria. Beberapa penelitian menunjukkan minyak ikan dapat meringankan nyeri dan kaku sendi pada pasien dengan rheumatoid arthritis. Perlu ditekankan untuk selalu konsultasikan pada dokter Anda jika ingin mengonsumsi suplemen minyak ikan.

4. Melindungi Anda dari risiko osteoporosis

Wanita memiliki densitas tulang yang lebih rendah dibandingkan pria. Oleh karena itu, wanita lebih berisiko untuk menderita osteoporosis. Penelitian yang dipublikasikan pada British Journal of Nutrition tahun 2012 menuliskan bahwa omega 3 mampu menambah densitas mineral tulang. Supaya peningkatan densitas lebih optimal, disarankan pengonsumsian omega 3 dibarengi dengan suplemen kalsium.

5. Mampu menjaga mood supaya tetap senang

Konsumsi suplemen omega 3 dapat melawan stres dan depresi berat dalam bentuk minyak ikan. Kurangnya omega 3 (berupa asam lemak EPA dan DHA) dipercaya berkontribusi pada depresi. Menariknya, orang yang mengonsumsi makanan kaya omega 3 setiap hari, terbukti mengalami penurunan gejala, terlebih saat dikombinasikan dengan tidur yang cukup. Walaupun begitu, masih perlu diteliti jumlah dosis omega 3 yang optimal untuk melawan depresi dalam jangka panjang.

6. Mengurangi risiko kanker

Seorang ahli gizi di Rumah Sakit Ibu dan Anak KK (KKH) Singapura menyatakan bahwa peningkatan omega 3 dan omega 6 di tubuh yang didapat dari konsumsi ikan bisa mengurangi risiko seseorang untuk menderita kanker payudara dan rektal. Namun masih diperlukan studi lanjutan untuk memberikan bukti kuat adanya hubungan antara asupan omega-3 dengan penurunan risiko kanker.

Makanan yang kaya akan omega 3

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi omega 3 sendiri. Untuk memenuhi kebutuhan omega 3, diperlukan asupan makanan yang kaya asam lemak ini seperti suplemen minyak ikan. Selain minyak ikan, beberapa makanan berikut juga mengandung asam lemak omega 3 adalah:

  • Makanan laut, seperti ikan salmon, tuna, tongkol, sardin, kerang
  • Telur
  • Kacang-kacangan, seperti walnut dan kedelai
  • Minyak canola

Anda pun bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung minyak ikan atau tinggi DHA jika ingin menambah asupan omega 3. Blackmores Omega Daily – Jantung Sehat – 60 Kaplet (Rp321.843) adalah suplemen yang mengandung omega-3 Tetapi konsumsi suplemen ini harus selalu dikonsultasikan dengan dokter Anda karena penggunaan berlebihan bisa menyebabkan pengenceran darah dan memicu risiko perdarahan. Walau memiliki sejumlah manfaat sehat, konsumsi minyak ikan omega 3 lebih dari 3 gram per hari memiliki efek samping berupa diare, mual, serta nafas berbau tak sedap. Termasuk meningkatkan risiko perdarahan bila mengonsumsi suplemen dalam dosis tinggi. Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022
vitamin-untuk-daya-tahan-tubuh-saat-puasa

7 Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin & Suplemen   28/03/2022
vitamin-puasa

11 Rekomendasi Vitamin untuk Puasa agar Tetap Sehat & Kuat

Vitamin & Suplemen   24/03/2022