fbpx
BerandaVitamin & Suplemen6 Manfaat Suplemen Zinc untuk Kesehatan

Zinc merupakan jenis mineral yang begitu penting untuk tubuh manusia. Setidaknya ada 300 enzim dari tubuh yang begitu membutuhkan senyawa tersebut untuk dapat berfungsi secara optimal. Inilah sebabnya zinc atau mineral tersebut begitu penting dan Anda diharuskan untuk memenuhi kebutuhan tiap harinya guna mendapatkan manfaat zinc bagi tubuh secara optimal.

manfaat zinc bagi tubuh

Kebutuhan tubuh manusia akan zinc memang tidak bisa diabaikan. Namun, ada beberapa kondisi dimana tubuh kekurangan mineral tersebut. Guna mengatasi kekurangan ini, mengkonsumsi suplemen zinc merupakan salah satu solusinya. Lantas apa saja manfaat zinc bagi tubuh? Berikut ulasannya.

Baca juga: Peran dan Fungsi Zinc Bagi Kesehatan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Aktifitas yang padat serta kurangnya istirahat sering kali membuat tubuh lebih mudah terserah penyakit. Itu sebabnya meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Salah satu manfaat dari zinc adalah dapat meningkatkan sistem imun. Bahkan jika Anda kekurangan mineral ini, sistem kekebalan tubuh dapat melemah.

Beberapa studi juga telah menunjukan bahwa ternyata memenuhi kebutuhan asupan zink hingga 80 sampai 92 mg setiap harinya dapat mengurangi risiko pilek, bahkan risiko tersebut turun hingga 33 persen,. Bukan hanya itu, suplemen zinc bahkan diketahui dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi serta dapat meningkatkan respon sistem imun bagi lansia.

Mempercepat penyembuhan luka

Bukan hanya sekedar penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ternyata zinc sendiri pun memiliki peran dalam sintesis kolagen serta memiliki peran terhadap respon peradangan. Sehingga, tidak aneh rasanya jika mineral tersebut seringkali digunakan oleh dokter untuk membantu mempercepat proses penyembuhan atau mengobati ulkus kulit, luka bakar, maupun jenis luka kulit yang lainnya.

Tidak sembarangan, manfaat ini telah dikemukakan dalam penelitian yang melibatkan sebanyak 60 orang dengan masalah luka pada kakinya yang disebabkan diabetes. Penderita tersebut kemudian mengkonsumsi zinc dengan dosis 200 mg setiap harinya. Hasilnya adalah ukuran luka yang ada menjadi berkurang dengan signifikan dibandingkan dengan pasien yang menggunakan placebo.

Menurunkan risiko penyakit terkait usia

Manfaat selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan penuaan, contohnya adalah pneumonia, infeksi hingga degenerasi makula. Sejumlah studi bahkan mengemukakan bahwa kalangan lansia yang rutin mengkonsumsi suplemen zinc mengalami kemampuan kognitif yang meningkat. Bukan danya itu, respon tubuh terhadap vaksinasi dari influenza lebih baik, dan risiko pneumonia pun menjadi menurun.

Ada beberapa riset pula yang menunjukan jika orang di atas usia 60 tahun atau tergolong lansia yang mengkonsumsi zinc dengan dosis 45 mh perharinya dapat mengalami tingkat infeksi yang menurun hingga 66 persen. Sedangkan, ada pula studi dengan skala besar yang menunjukan hasil, jika mengkonsumsi 80 mg zinc dengan disertai suplemen antioksidan dapat mengurangi risiko terjadinya degenerasi makula tahap lanjut.

Mengobati jerawat

Manfaat zinc lainnya adalah mengobati jerawat. Siapa pula yang tidak risih dengan jerawat? Jerawat adalah masalah yang sangat mengganggu, hal ini terjadi jika pori-pori kulit mengalami penyumbatan. Minyak serta sel kulit mati adalah penyebab paling umum munculnya sumbatan pada pori-pori. Alhasil, bakteri pun akan berdiam pada bagian pori-pori yang tersumbat tersebut sehingga dapat menimbulkan peradangan.

Namun, siapa sangka jika ternyata zinc menjadi cara ampuh untuk mengatasi masalah yang sering kali muncul di bagian wajah tersebut. Dalam sejumlah penelitian menunjukan jika ternyata obat yang memiliki kandungan zinc dapat mengatasi masalah jerawat dengan efektif. Hal ini dikarenakan zinc berperan dalam mengurangi peradangan. Selain itu, zinc juga dapat menghambat tumbuhnya bakteri yang menjadi sebab utama jerawat itu sendiri, apalagi zinc pun mampu untuk menekan aktivitas kelenjar minyak.

Mengurangi peradangan

Stress oksidatif ternyata dapat menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan yang kronis. Mulai dari menyebabkan gangguan pada jantung, kemampuan kognitif, hingga dapat menyebabkan kanker. Untuk membuat stress oksidatif menjadi berkurang, ternyata salah satu caranya adalah dengan menggunakan suplemen zinc.

Ada sebuah riset yang melibatkan 40 orang lansia, dimana para peserta tersebut mengkonsumsi zinc dengan dosis 45 mg setiap harinya. Hasil dari penelitian ini ternyata mampu menurunkan peradangan yang lebih tinggi dibanding dengan peserta penelitian yang menggunakan placebo. Itu artinya, zinc dapat digunakan untuk membantu guna mengurangi stress oksidatif itu sendiri.

Meningkatkan kualitas sperma

Kurangnya kadar zinc pada tubuh seringkali dikaitkan dengan masalah rendahnya kualitas sperma, meningkatnya risiko terjadinya infertilitas pada pria maupun rendahnya hormon testosterone. Beberapa studi juga menunjukan hasil jika ternyata suplemen zinc bisa meningkatkan jumlah sperma pada pria maupun meningkatkan kadar testosterone dalam tubuh. Bukan hanya itu, suplemen zinc juga dapat menangani masalah kadar testosteron yang menurun akibat olahraga yang berlebihan, mengatasi disfungsi ereksi, serta pembengkakan prostat.

Meskipun begitu, manfaat zinc bagi tubuh harus tetap dikaji dalam penelitian yang lebih dalam guna membuktikan adanya hubungan kesuburan dengan mengkonsumsi zinc. Kamu dapat rasakan khasiat dari zincs dengan mengonsumsi suplemen Vitalong C Plus ZInc (Rp54.995) yang dapat dibeli di Jovee.

Ingin mulai gaya hidup sehat? Penuhi kebutuhan zinc dan unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

amunizer-adalah

Amunizer, Suplemen Herbal Peningkat Sistem Imun

Vitamin & Suplemen   10/08/2022
vitamin-anak-yang-mengandung-zinc

Pentingnya Vitamin C dan Zinc untuk Anak

Vitamin & Suplemen   11/07/2022
blackmores untuk kulit

Ini 6 Kandungan Blackmores untuk Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Vitamin & Suplemen   20/05/2022
vitamin-caviplex

Mengenal Vitamin Caviplex: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Vitamin & Suplemen   04/05/2022
info-pengiriman-2022

Info Pengiriman Pesanan Selama Lebaran 2022

Vitamin & Suplemen   29/04/2022