fbpx
BerandaGaya Hidup Sehat7 Kewajiban yang Penting untuk Dipenuhi oleh Penderita Diabetes

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

penderita-diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit kronis yang banyak diderita di Indonesia. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula di dalam darah akibat ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi insulin atau sel-sel tubuh tidak menunjukkan respons terhadap insulin yang diproduksi. Penderita diabetes wajib menerapkan gaya hidup yang sehat demi menjaga kualitas hidupnya dan menurunkan risiko komplikasi.

Bagi para penyintas diabetes, tentu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil adalah poin terpenting yang harus dilakukan. Dokter juga biasanya akan memberikan kewajiban bagi para penderita untuk melakukan beberapa hal demi menjaga kondisi tubuh. Kali ini akan dibahas apa saja yang menjadi kewajiban bagi para pasien dengan kondisi diabetes.

Kewajiban bagi Penderita Diabetes

Setelah diketahui menderita penyakit diabetes maka penting sekali untuk menjaga kondisi tubuh. Mengikuti anjuran dokter sangat disarankan agar kondisi tubuh tetap terjaga dan terhindar dari komplikasi. Berikut adalah 7 hal yang wajib dilakukan oleh penyintas diabetes.

1. Menjaga Pola Makan

Penting sekali bagi pasien diabetes untuk menjaga pola makan sehari-hari. Kadar gula dalam darah sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Menghindari makanan yang manis sudah pasti harus dilakukan. Selain itu perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh.

2. Berolahraga

Penderita diabetes juga harus rutin melakukan aktivitas fisik. Berolahraga jelas sangat disarankan bagi para pasien dengan kondisi diabetes. Pilih olahraga yang ringan seperti senam, berenang, atau jalan kaki saja mengelilingi lingkungan rumah. 

Menurut dr. Irma Lidia, “Olahraga memperbaiki sensitivitas insulin, sehingga dapat memperbaiki kendali glukosa darah. Berolahraga secara teratur dapat membantu Anda mengelola kadar gula darah dan berat badan. Ini juga dapat membantu Anda mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, mengurangi faktor risiko kardiovaskular, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Karena itu usahakan untuk melakukan aktivitas aerobik intensitas sedang setidaknya 150 menit perminggu, yang dapat dibagi dalam beberapa sesi misalnya 5 kali 30 menit dalam seminggu. Bila sebelumnya tidak aktif berolahraga sebaiknya mulai perlahan. Dan ada sebaiknya dikonsultasikan dahulu ke dokter yang merawat untuk mengetahui jika ada kontraindikasi.”

3. Kontrol Secara Rutin

Wajib bagi penderita diabetes untuk melakukan kontrol kesehatan secara rutin ke dokter. Saat melakukan kontrol kesehatan ini pasien bisa memeriksa kadar gula dalam darah terbaru. Selain itu status kesehatan lain juga bisa diperiksa seperti tekanan darah dan kadar kolesterol. 

4. Menjaga Kebersihan Mulut

Pasien dengan kondisi diabetes memiliki air liur yang kadar gulanya lebih tinggi dari orang lain. Penting sekali bagi pasien diabetes untuk selalu menjaga kebersihan mulutnya. Caranya yakni dengan menyikat gigi secara rutin dan berkumur jika perlu.

5. Kelola Stres

Pengelolaan stres juga menjadi poin penting yang harus dilakukan oleh para pasien diabetes. Stres bisa mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh. Selain bisa meningkatkan kadar gula dalam darah, stres juga bisa meningkatkan tekanan darah dan berakibat fatal bagi pasien diabetes.

6. Hindari Merokok

Pasien diabetes sama sekali tidak diperbolehkan untuk merokok. Merokok jelas akan memberi dampak yang berbahaya bagi pasien diabetes khususnya diabetes tipe 2. Selain itu merokok juga bisa meningkatkan risiko komplikasi seperti stroke dan penyakit jantung. 

7. Konsumsi Obat

Penyakit kronis seperti diabetes merupakan jenis penyakit yang harus ditangani seumur hidup. Konsumsi obat rutin sudah jelas harus dilakukan oleh pasien diabetes. Jangan sampai melewatkan konsumsi obat rutin karena bisa berdampak buruk. 

Jenis Makanan Penderita Diabetes

Telah disebutkan sebelumnya bahwa menjaga pola makan sangat penting untuk dilakukan oleh penyintas diabetes. Pilih jenis makanan yang tepat agar kadar gula dalam darah tetap terjaga normal. Berikut adalah beberapa pilihan jenis makanan untuk penderita diabetes.

  • Brokoli
  • Nasi merah
  • Bayam
  • Oatmeal
  • Tomat
  • Daging tanpa lemak
  • Alpukat
  • Chia seed
  • Yogurt
  • Ikan berlemak

Cara pengolahan dan penyajian makanan juga harus diperhatikan dengan baik. Pastikan makanan tidak diolah dengan terlalu banyak minyak. Kontrol penggunaan pemanis tambahan atau lebih baik dihindari saja. Jika memerlukan pemanis, maka gunakan bahan pemanis yang dikhususkan bagi penyintas diabetes.

Lalu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh pasien diabetes? Berikut adalah beberapa pantangan makan untuk penderita diabetes.

  • Roti putih
  • Daging berlemak
  • Makanan dari tepung terigu
  • Makanan kaleng
  • Kulit ayam
  • Camilan dengan rasa-rasa

Pasien diabetes harus disiplin mematuhi anjuran dan pantangan makan ini. Kadar gula dalam darah sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh pasien. Jika ingin kadar gula dalam darah stabil maka harus benar-benar disiplin dalam menjaga pola makan ini.

Rutinitas Minum Obat bagi Penderita Diabetes

Sebelumnya telah disebutkan bahwa salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pasien diabetes adalah minum obat rutin. Dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan rutin untuk pasien diabetes agar kadar gula dalam darah bisa terkontrol dengan baik. Selain disiplin menjaga pola makan, kedisiplinan pasien dalam mengonsumsi obat juga sangat penting.

Konsumsi obat bagi penyintas diabetes harus dilakukan secara rutin tidak boleh terlewat setiap hari. Selain itu konsumsi obat harus dilakukan tepat waktu. Efek samping telat minum obat bagi penderita diabetes adalah kadar gula dalam darah meningkat tajam dan bisa memicu komplikasi. 

Itulah pembahasan singkat mengenai kewajiban yang harus dilakukan oleh penderita diabetes. Semua aturan yang diberikan oleh dokter harus diikuti secara disiplin. Status kesehatan pasien dengan penyakit kronis sangat dipengaruhi oleh kedisiplinan pasien itu sendiri. Jika tidak disiplin maka risiko komplikasi akan meningkat dan status kesehatan bisa menurun drastis yang artinya merugikan diri sendiri.

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee. 

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

aktivitas-olahraga-anak-selama-pandemi

6 Aktivitas Olahraga Anak selama Pandemi

Gaya Hidup Sehat   29/04/2021
tips-puasa-untuk-anak

6 Tips Puasa untuk Anak agar Semangat dan Tetap Sehat

Gaya Hidup Sehat   29/04/2021
penyebab-dan-cara-mengatasi-mata-merah-pada-anak

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah pada Anak

Gaya Hidup Sehat   29/04/2021
mental-illness

Mental Illness, Penyakit Mental yang Sering Disalahartikan

Gaya Hidup Sehat   26/04/2021
obat-alergi-makanan

Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Alergi Makanan

Gaya Hidup Sehat   26/04/2021