fbpx
BerandaKesehatan LainnyaCara Menebalkan Alis secara Alami Tanpa Obat-obatan

Alis adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki pesona tersendiri. Karena itulah, banyak orang yang ingin memiliki alis tebal agar penampilannya tampak lebih menarik. Berbagai cara menebalkan alis pun dicoba agar alis dapat tumbuh. Misalnya dengan melakukan sulam alis atau transplantasi alis.

cara-menebalkan-alis

Namun, alih-alih menumbuhkan alis dengan metode sulam atau transplantasi alis, banyak orang yang lebih memilih cara menebalkan alis secara alami. Kalau kamu ingin memiliki alis tebal tanpa obat-obatan atau pun tindakan yang menimbulkan rasa sakit, berikut ini Jovee punya tiga cara menebalkan alis dengan bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan di rumah:

Cara menebalkan alis dengan kemiri

Kemiri adalah salah satu bahan dapur yang dipercaya bermanfaat untuk membantu menumbuhkan dan melebatkan rambut. Tetapi ternyata bukan hanya untuk rambut, kemiri juga bisa digunakan untuk membantu menebalkan alis.

Kemiri adalah rempah-rempah berbentuk biji berwarna kekuningan. Dilansir dari jurnal penelitian yang diterbitkan di Kne Medicine, kandungan minyak dalam biji kemiri adalah sekitar 50-60 persen.

Di dalam minyak kemiri mengandung berbagai asam lemak, antara lain palmitat asam, asam stearat, asam oleat, dan asam linoleat. Selain itu, minyak kemiri juga mengandung protein yang merupakan asam amino esensial. Kandungan-kandungan inilah yang berfungsi membantu memperkuat akar rambut dan alis.

Cara menebalkan alis dengan kemiri adalah dengan memanfaatkan minyaknya. Kamu bisa membuat minyak kemiri dari kemiri yang disangrai dan dihaluskan, kemudian dipanaskan hingga mengeluarkan minyak. Tetapi jika kamu ingin yang lebih praktis, saat ini di pasaran sudah banyak dijual berbagai minyak kemiri siap pakai.

Agar alis dapat tumbuh tebal dengan bantuan minyak kemiri, kamu bisa mengoleskan setetes minyak kemiri pada bagian alis di malam hari sebelum tidur. Pijat-pijat dengan lembut bagian alis agar minyak kemiri meresap dengan baik. Ingat, kamu tidak perlu mengoleskan minyak kemiri terlalu banyak asalkan dioleskan secara merata. Lakukan secara rutin setiap malam agar hasilnya maksimal.

Hindari agar minyak kemiri tidak mengenai bagian dalam mata ya. Segera bersihkan dengan air apabila mengenai mata. Jika terjadi reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan, hentikan penggunaan segera.

Cara menebalkan alis dengan bawang merah

Bawang merah telah lama populer sebagai salah satu rempah-rempah yang digunakan untuk perawatan rambut. Bawang merah digunakan untuk membantu mengatasi kerontokan rambut, rambut berketombe, rambut yang tipis, hingga membantu mengatasi alopecia (kebotakan). Studi memperlihatkan bahwa rambut kembali tumbuh setelah 4 minggu dengan penggunaan bawang merah.

Bawang merah mengandung sulfur, unsur nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Komponen sulfur digunakan oleh tubuh kita bersama dengan asam amino, salah satunya untuk membentuk keratin. Protein yang menyusun rambut kita.

Sulfur pada bawang merah juga membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen sendiri membantu produksi sel kulit yang sehat dan mendukung pertumbuhan rambut.

Untuk kamu yang memiliki alis tipis atau pun alis yang mudah rontok, kamu bisa mencoba perawatan alis menggunakan bawang merah di rumah.

Cara menebalkan alis dengan bawang merah:

  1. Ambil empat butir bawang merah, kupas, cuci, potong kecil-kecil.
  2. Haluskan dengan blender.
  3. Ambil kain tipis atau saringan tahu. Letakkan bawang merah yang sudah halus di atasnya, lalu peras hingga mendapatkan sarinya.
  4. Oleskan sedikit demi sedikit ke bagian alis (hindari terkena bagian mata) di malam hari sebelum tidur.
  5. Bilas bagian alis di pagi hari dengan air bersih.

Untuk kamu yang pemula, sebaiknya coba oleskan jus bawang merah sedikit terlebih dahulu selama beberapa jam untuk melihat apakah ada alergi atau kemungkinan iritasi. Jika tidak ada gejala apapun yang timbul, kamu bisa melanjutkan perawatan dengan terlebih dahulu mengaplikasikan pelembab ke bagian alis.

Cara menebalkan alis secara alami

Selain minyak kemiri dan bawang merah, ada berbagai cara menebalkan alis secara alami yang dapat kamu coba menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di sekitar.

Berikut ini beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk membantu menebalkan alis secara alami, antara lain:

  • Minyak kelapa murni
  • Tea tree oil
  • Minyak lavender
  • Minyak zaitun

Untuk mendukung pertumbuhan alis, yang tak kalah penting adalah menerapkan pola hidup sehat, misalnya dengan meminimalisir stres, mengatur pola makan yang sehat, dan menjaga kebersihan area sekitar wajah dengan rajin membersihkan bekas pensil alis setiap kali selesai bermake up.

Baca juga: Ini 8 Cara Menebalkan Alis yang Tipis

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

KB yang Bagus untuk Ibu Menyusui dan Tidak Bikin Gemuk

Kesehatan Lainnya   26/02/2023

Penyakit Kulit di Tangan Bernanah, Apa Penyebabnya?

Kesehatan Kulit   26/01/2023

Urutan Pemakaian Shampo, Conditioner, dan Hair Mask yang Tepat Agar Rambut Sehat Terawat

Kesehatan Lainnya   17/01/2023
lipstik transferproof

Mengenal Lipstik Transferproof dan Tips Awet Menggunakannya

Kesehatan Lainnya   12/01/2023
letak-jerawat-dan-penyebabnya

4 Arti Letak Jerawat dan Penyebabnya

Kesehatan Lainnya   11/01/2023