fbpx
BerandaKesehatan KulitDark Spot: Penyebab dan Cara Mengatasi

Mulai dari flek hitam, bekas jerawat, hingga sunspots, ada banyak jenis hiperpigmentasi kulit yang membuat penampilan jadi kurang maksimal. Meski tidak berbahaya, masalah-masalah kulit ini seringkali buat kurangnya rasa percaya diri, sehingga berbagai cara dilakukan untuk mengembalikan tampilan kulit bersih yang sehat dan cerah.

cara-mencegah-dark-spot

Salah satu yang paling sering membuat pusing adalah dark spot, yang disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari paparan sinar matahari hingga fluktuasi hormon, bagaimana cara mengatasi dark spot yang efektif? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah cara mencegah dan mengatasi dark spot muncul kembali. Yuk, simak selengkapnya!

Penyebab Dark Spot

Sebelum mengetahui cara mengatasi dark spot, penting untuk mengetahui akar penyebab dari munculnya masalah wajah yang satu ini. Dilansir dari Medical News Today, berikut ini sejumlah penyebab dark spot yang paling umum.

1. Paparan sinar matahari

Disebut juga dengan sunspots, lentigines, atau liver spots, dark spot akibat paparan sinar UV dari matahari ini dapat dialami oleh siapa saja. Ini terjadi akibat paparan sinar UV yang berlebihan, sehingga produksi melanin meningkat dan menciptakan bintik-bintik kecokelatan di area yang terekspos.

2. Perubahan hormon

Munculnya bercak-bercak kecokelatan di kulit merupakan gejala dari melasma. Kondisi ini lebih umum terjadi pada wanita, terutama selama masa kehamilan. Menurut American Academy of Dermatology, perubahan hormon dapat memicu kondisi ini.

3. Efek samping obat-obatan

Mengonsumsi sejumlah obat obatan tertentu, seperti obat yang tergolong dalam NSAID dapat meningkatkan risiko munculnya dark spot semakin tinggi.

4. Inflamasi

Peradangan kulit seperti jerawat, eksim, hingga psoriasis dapat meninggalkan bekas yang kecokelatan bahkan kehitaman. Efek radang dari gigitan serangga, bekas luka, dan luka terbakar juga dapat meninggalkan dark spot.

5. Iritasi

Perhatikan penggunaan produk kosmetik yang kamu gunakan. Reaksi alergi dan kulit sensitif memicu iritasi kulit, yang dapat meninggalkan dark spot.

6. Diabetes

Penyakit kronis seperti diabetes dapat membuat sejumlah area kulit menjadi lebih gelap. Ini dipicu resistensi insulin yang dialami penderita diabetes, yang dapat mengembangkan acanthosis nigricans. Acanthosis nigricans adalah kondisi kulit yang menggelap dan kasar, yang sering muncul di bagian belakang leher, selangkangan, dan ketiak.

Cara mengatasi dark spot

Dari perawatan mahal hingga bahan natural, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi dark spot.

1. Skincare untuk dark spot

Ada banyak jenis skincare yang bisa kamu gunakan untuk membantu menyamarkan dark spot. Carilah skincare yang mengandung alpha arbutin, vitamin C, retinol, atau niacinamide. Bahan-bahan ini terkenal sebagai agen pencerah, sehingga dark spot dapat disamarkan. Kamu bisa coba gunakan Avoskin Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed yang cocok untuk kulit sensitif dan kering.

Namun, cara mengatasi bekas jerawat yang satu ini membutuhkan konsistensi dan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang optimal.

2. Treatment kecantikan

Jika kamu punya budget lebih, sejumlah treatment kecantikan di bawah ini bisa jadi pilihan untuk menyamarkan dark spot.

  • Chemical peeling
  • Terapi laser
  • Mikrodermabrasi
  • Injeksi filler
  • Intense pulsed light (IPL)

Prosedur di atas hanya bisa dilakukan oleh tenaga profesional, jad pastikan klinik yang dipilih telah memiliki sertifikasi dan izin praktek ya Jovians.

3. Bahan natural

Bahan-bahan alami yang mudah ditemukan juga bisa dicoba sebagai cara mengatasi dark spot. Hanya saja, hasil yang didapat tentu tidak seoptimal penggunaan skincare dan treatment kecantikan. Kamu bisa coba gunakan:

  • Lemon
  • Tomat
  • Aloe vera
  • Green tea
  • Kunyit

Perlu diperhatikan, sejumlah bahan-bahan alami ini bisa memicu reaksi alergi. Pastikan untuk melakukan test patch terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare maupun bahan alami ya, Jovians!

Selain cara-cara di atas, menjaga kulit dari dalam juga dapat membantu dark spot untuk lebih tersamarkan. Konsumsi vitamin E yang kaya antioksidan seperti Konimex Ever E untuk menjaga kesehatan kulit.

Itulah informasi lengkap mengenai dark spot. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hydroquinone

Mengenal Apa Itu Hydroquinone dan Efeknya Bagi Kulit

Kesehatan Kulit   27/05/2023
skincare untuk menghilangkan urat di wajah

Skincare untuk Menghilangkan Urat di Wajah

Kesehatan Kulit   26/05/2023
manfaat masker beras untuk wajah

Manfaat Masker Beras untuk Wajah, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Kesehatan Kulit   25/05/2023
kenapa wajah jadi kusam setelah pakai skincare

Kenapa Wajah Jadi Kusam Setelah Pakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023
kenapa wajah gatal saat memakai skincare

Kenapa Wajah Gatal Saat Memakai Skincare?

Kesehatan Kulit   23/05/2023