fbpx
BerandaVitamin & SuplemenTanda, Gejala, dan Dampak Kekurangan Vitamin D

Kalau Anda tidak pernah berjemur di bawah sinar matahari, mempunyai alergi laktosa dalam susu sapi, ataupun menjalani diet vegetarian, Anda berisiko mengalami penyakit akibat kekurangan vitamin D. Sebetulnya, istilah defisiensi dan kekurangan vitamin D itu berbeda.

Kekurangan Vitamin D Bisa Menyebabkan Gangguan Tulang

Kekurangan vitamin D terjadi ketika kebutuhan hariannya tidak terpenuhi dari konsumsi makanan sehari-hari. Dikutip dari The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, kekurangan vitamin D terjadi saat serum 25OHD dalam darah < 30 ng/ml. Sedangkan, defisiensi terjadi saat serum 25OHD dalam darah < 20 ng/ml dan menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih berat seperti rakitis dan osteomalacia.

Apa saja penyakit kekurangan vitamin D pada anak?

Umumnya, kekurangan vitamin D tingkat ringan tidak menampakkan gejala yang khas. Ketika kondisinya sudah parah, kekurangan vitamin D pada bayi bisa menyebabkan kekakuan otot, kejang-kejang, hingga kesulitan bernapas.

Pada dasarnya, kekurangan vitamin D tidak memiliki gejala yang spesifik. Tetapi, ada beberapa tanda dan gejala yang umum muncul ketika si kecil kekurangan vitamin D, yaitu:

  • Sesak napas
  • Kram dan kejang otot
  • Pertumbuhan lebih lambat
  • Terlambat tumbuh gigi dan berjalan
  • Nyeri tulang
  • Bentuk kaki menjadi bengkok
  • Lebih mudah sakit

Sementara itu, masalah kesehatan karena penyakit yang kekurangan vitamin D bisa terjadi pula pada anak, seperti:

  • Rakitis. Kelainan pertumbuhan tulang ini bisa menimbulkan rasa nyeri pada tulang kaki dan otot, serta kelemahan otot. Rakitis juga dapat menyebabkan bentuk kaki anak menyerupai huruf O atau X.
  • Gangguan pertumbuhan tinggi badan.
  • Terhambatnya pertumbuhan gigi.
  • Perubahan suasana hati dan mood.
  • Menjadi lebih rentan terhadap infeksi, termasuk pada sistem pernapasan.
  • Cardiomyopathy atau kelainan pada otot jantung. Kondisi kelainan ini membuat kemampuan jantung untuk memompa darah jadi berkurang.

Bagaimana dengan orang dewasa?

Kekurangan vitamin D ringan pada orang dewasa bisa ditandai dengan gejala:

  • Kelelahan
  • Pegal hingga nyeri otot, punggung, serta tulang
  • Rasa tidak enak badan
  • Mudah sakit
  • Bad mood, sampai timbul gejala depresi
  • Luka sulit sembuh
  • Rambut rontok

Sedangkan penyakit kekurangan vitamin D yang bisa terjadi pada orang dewasa, meliputi:

  • Osteomalacia. Ini merupakan permasalahan defisit vitamin D yang membuat tulang jadi rapuh dan nyeri. Kelainan tulang kekurangan vitamin D ini juga memicu kecenderungan mudah patah selain juga melemahkan otot.
  • Depresi. Para ahli percaya bahwa defisiensi vitamin D berkaitan dengan munculnya gejala depresi. Menurut studi tahun 2017, konsumsi suplemen vitamin D membantu meningkatkan mood, meredakan depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan pada wanita dengan diabetes tipe 2.
  • Demensia. Para ahli percaya bahwa vitamin D berperan dalam menghambat pembentukan plak di otak yang dikaitkan dengan demensia. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.
  • Skizofrenia. Sebuah temuan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan orang dengan defisiensi vitamin D berisiko 2 kali lipat untuk mengalami gangguan kejiwaan skizofrenia dibandingkan dengan orang yang kebutuhan vitamin D-nya tercukupi.
  • Penyakit jantung. Berdasarkan penelitian di Jurnal Circulation Research, ada hubungan antara kadar vitamin D dalam darah yang rendah dengan penyakit jantung. Peneliti meyakini bahwa defisiensi vitamin D berpotensi menyebabkan masalah jantung seperti tekanan darah tinggi, bahkan stroke.
  • Komplikasi kehamilan. Kekurangan vitamin D pada ibu hamil berisiko terhadap terjadinya diabetes kehamilan (diabetes gestasional), preeklampsia, dan kelahiran prematur.

Cegah defisiensi vitamin D dengan memenuhi asupannya

Vitamin D diproduksi tubuh dari paparan sinar matahari pada kulit manusia. Sinar ultraviolet B (UVB) akan mengubah kolesterol di bawah kulit menjadi vitamin D3 atau cholecalciferol, yaitu bentuk aktif dari vitamin D. Untuk mendapatkan asupan vitamin ini, Anda disarankan berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 15 – 30 menit, sebanyak 2 – 3 kali seminggu.

Tidak hanya diperoleh dari matahari, makanan sehari-hari seperti susu sapi dan kedelai, yoghurt, telur, dan minyak ikan, ikan sarden serta tuna juga merupakan sumber vitamin D yang baik untuk dikonsumsi. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin D seperti NUTRIMAX VITAMIN D3 1000IU ISI 60 KAPSUL (Rp 139.380).

Meski penting bagi tubuh, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi vitamin D dalam bentuk suplemen secara berlebihan. Karena vitamin D akan dicadangkan di dalam tubuh, kelebihan konsumsi vitamin ini bisa menyebabkan keracunan. Karenanya, konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda ingin mengonsumsi suplemen.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin-untuk-paru-paru

4 Vitamin untuk Memelihara Kesehatan Paru-paru

Vitamin & Suplemen   28/11/2022
vitamin-untuk-anak-telat-bicara

5 Jenis Vitamin untuk Anak Telat Bicara

Vitamin & Suplemen   27/09/2022
vitamin-untuk-anak-terlambat-jalan

4 Rekomendasi Vitamin untuk Anak Terlambat Jalan

Vitamin & Suplemen   23/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-sering-batuk-pilek

7 Vitamin untuk Anak yang Sering Batuk Pilek

Vitamin & Suplemen   12/09/2022
vitamin-untuk-anak-yang-susah-buang-air-besar

Bantu Atasi Sembelit, Ini 3 Vitamin untuk Anak yang Susah BAB

Vitamin & Suplemen   07/09/2022