fbpx

Manfaat Buah Jeruk, Gizi, dan Risiko Mengonsumsinya

by | Oct 22, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Jeruk adalah salah satu buah paling populer sedunia. Buah ini tumbuh dari pohon jeruk (Citrus x sinensis) dan tergolong ke dalam kelompok buah-buahan sitrus. Asal jeruk masih menjadi misteri hingga kini, tetapi buah tersebut sudah mulai dibudidayakan di Asia bagian selatan sejak ribuan tahun lalu. Sekarang, buah jeruk banyak ditemukan di negara-negara hangat dan tropis. Merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin B1 dan folat, serta antioksidan kuat, jeruk memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Apa saja, ya?

 

Beragam manfaat yang bisa Anda peroleh dari buah jeruk untuk kesehatan

gambar buah jeruk

Bicara soal jeruk, pastilah kebanyakan orang langsung mengaitkannya dengan vitamin C. Memang, satu buah jeruk sudah bisa memenuhi hampir semua kebutuhan vitamin C harian Anda. Bahkan, jumlah ini dikatakan lebih banyak dibandingkan vitamin C pada buah sitrus lainnya.

Asam askorbat atau vitamin C pada jeruk memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Tidak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Selain vitamin C, jeruk juga diperkaya dengan beta karoten, kalsium, kalium, vitamin B1, dan asam folat.

Asam folat sendiri merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9 atau folat. Makanya, buah jeruk pun mempunyai manfaat untuk ibu hamil.

Berikut ini adalah sejumlah khasiat buah jeruk bagi tubuh Anda, antara lain:

 

1. Melawan radikal bebas

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C mampu melindungi sel-sel tubuh dengan menetralkan molekul radikal bebas yang berbahaya. Radikal bebas dapat terbentuk dari polusi udara, asap rokok, stres, pajanan zat kimia tertentu, sinar matahari, bahkan proses metabolisme dalam tubuh.

Molekul jahat tersebut diduga dapat menyebabkan stres oksidatif yang mengarah pada sejumlah penyakit kronis seperti diabetes melitus, jantung, hingga kanker.

Nah, antioksidan mampu merusak rantai radikal bebas dan, secara tidak langsung, menurunkan risiko penyakit-penyakit kronis tersebut. Mengonsumsi jeruk dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C sekaligus menambah asupan antioksidan.

 

2. Mengurangi risiko penyakit kanker

Beberapa penelitian mengatakan bahwa vitamin C pada jeruk mungkin dapat membantu menurunkan kemungkinan pembentukan sel kanker tertentu. Salah satunya adalah kanker usus. 

Vitamin C akan mencegah mutasi DNA yang diduga dapat memicu sel kanker. Studi menunjukkan, sekitar 10 – 15% pasien kanker usus memiliki mutasi suatu gen bernama BRAF.

Penelitian berbeda pada tahun 2013 dalam Jurnal Nutrition and Cancer menemukan tingginya kandungan vitamin C dan asam folat, bersama dengan antioksidan, pada buah jeruk bisa mengurangi kerusakan DNA. Pada gilirannya, ketiga senyawa ini dapat mengurangi risiko kanker.

 

3. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Satu lagi manfaat buah jeruk yang tidak kalah populer, yaitu meningkatkan sistem imun tubuh, berkat vitamin C-nya. Dengan begitu, kemampuan tubuh dalam melawan infeksi virus, bakteri, dan patogen lainnya jadi lebih optimal. Penelitian menunjukkan, vitamin C mampu membantu mencegah risiko penyakit flu dan pilek.

 

4. Membantu mencegah bayi lahir cacat 

Salah satu manfaat buah jeruk untuk ibu hamil adalah mencegah risiko cacat tabung saraf. Pada dasarnya, folat dibutuhkan untuk semua wanita, tetapi kebutuhannya menjadi amat penting ketika mereka tengah hamil ataupun sedang menjalankan program hamil.

Buah jeruk merupakan sumber folat yang baik, yang berperan untuk membantu mencegah terjadinya gangguan pembentukan otak serta tabung saraf, seperti anensefali dan spina bifida, pada bayi.

 

5. Mencegah sembelit

Jeruk juga merupakan sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Makanan tinggi serat dapat menghindarkan Anda dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Bukan cuma itu, tingginya serat pada jeruk juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga porsi makan pun berkurang. Plus, kandungan air yang terdapat pada buah satu ini membantu memenuhi kebutuhan cairan dan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi.

 

6. Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buah jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan bisa memberikan khasiat untuk tubuh, termasuk kulit dan rambut Anda. 

Tubuh memerlukan vitamin C untuk memproduksi kolagen, yaitu protein penting yang menjaga elastisitas atau kelenturan kulit. Memakan jeruk dapat menjaga kadar kolagen tetap cukup dan pada gilirannya akan menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Ditambah lagi, dengan sifat antioksidannya yang membantu melindungi sel kulit dari bahaya radikal bebas akibat paparan sinar UV. Makanya, mulailah perbanyak konsumsi jeruk guna memelihara fungsi serta kesehatan kulit dan rambut Anda.

 

7. Membantu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi alias hipertensi tentu akan berdampak buruk terhadap kesehatan, khususnya jantung dan hati Anda. Untuk mencegahnya, konsumsilah buah jeruk secara rutin.

Penelitian Cleveland Clinic membuktikan minuman rasa jeruk, dengan tambahan vitamin C, mampu menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki sumbatan pada pembuluh arteri. 

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung serat, kalium, dan kolin yang sama-sama bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebagai mineral elektrolit, peran kalium sangat penting terhadap fungsi normal sistem saraf.

Kekurangan mineral kalium dikaitkan dengan detak jantuk tidak teratur (atau aritmia), tekanan darah tinggi, dan penurunan kadar kalsium di dalam tulang.

Dengan menurunkan tekanan darah, kalium pada jeruk bisa membantu melindungi Anda dari risiko stroke. Namun, makanlah jeruk sewajarnya saja. Pasalnya, kelebihan kalium ternyata dapat menyebabkan kondisi hiperkalemia yang bersifat fatal.

Baca juga: 

10 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

7 Makanan dan Minuman Lezat untuk Penderita Hipertensi

 

8. Menurunkan risiko anemia

Vitamin C memainkan peran dalam memaksimalkan penyerapan mineral zat besi. Mineral tersebut diperlukan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah sehat. Jadi, kekurangan zat besi bisa meningkatkan risiko Anda mengalami anemia. Asam folat dalam jeruk juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

Baca juga: Bisa Menimbulkan Komplikasi, Cegah Anemia Sekarang Juga!

 

9. Membantu meningkatkan kesehatan otak

Salah satu khasiat yang ditawarkan oleh jeruk adalah bisa membantu menyehatkan otak Anda. 

Selain kaya akan vitamin C, jeruk ternyata mengandung kalium, folat, dan antioksidan yang cukup tinggi. Ketiganya dipercaya bisa membantu meningkatkan fungsi saraf otak. 

Bahkan, menurut penelitian dari American Academy of Neurology, minum jus jeruk bisa membantu menurunkan risiko kehilangan daya ingat pada pria. 

Laki-laki yang minum jus jeruk setiap harinya mempunyai potensi 47% lebih rendah terhadap penurunan kemampuan berpikir dibandingkan mereka yang minum satu kali sebulan. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah jeruk benar-benar bisa meningkatkan fungsi memori pada otak manusia. 

Khasiat yang ditawarkan oleh buah jeruk memang banyak, tetapi perlu diingat bahwa mengonsumsinya secara berlebihan bisa mengganggu pencernaan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan konsumsi buah jeruk Anda untuk mengurangi risiko tersebut.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Jessie S. (Live Science). 2019. Oranges: Facts About the Vibrant Citrus Fruit.

Atli A. (Healthline). 2019. Oranges 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Changzheng, Y., dkk. 2019. Long-term intake of vegetables and fruits and subjective cognitive function in US men. Neurology. 92 (1): e63-e75.

WebMD. 2019. Oranges.

Brands