fbpx

Sumber Alami Vitamin D dan Suplemen Pendukung yang Tepat

by | Nov 17, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Pharmacology & Pharmacotherapeutic, hampir 50% orang di dunia mengalami defisiensi vitamin D. Padahal, keberadaan mikro molekul satu ini sangat penting bagi tubuh. Sebelum mengetahui sumber vitamin D dari makanan, simak manfaat yang diberikan oleh vitamin D berikut ini.

Manfaat Vitamin D Bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Tulang

Banyak orang mengetahui manfaat esensial vitamin D untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan membantu penyerapan kalsium. Tanpa vitamin D, tubuh tidak akan mampu membentuk hormon kalsitriol yang berfungsi untuk menyerap kalsium dari sumber makanan. Akibatnya, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang dan mengakibatkan osteoporosis atau rakitis.

Menurut Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee, “Vitamin D juga berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh”

Mencegah Kanker

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Medical Association, vitamin D memiliki peran untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat mengganggu hormon tertentu yang memicu pertumbuhan tumor. Sistem kekebalan tubuh juga tetap terjaga dan meningkat berkat adanya vitamin D.

Mengendalikan Kadar Gula Darah

Hasil penelitian membuktikan bahwa keberadaan vitamin D mampu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin, sehingga mencegah resistensi insulin. Perlu Anda tahu, kondisi ini menjadi pertanda awal dari munculnya penyakit diabetes tipe 2. Beberapa ilmuwan pun mempercayai vitamin D

Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Seorang wanita hamil berisiko kehilangan kalsium karena kebutuhan janinnya. Oleh karena itu, wanita hamil memerlukan asupan vitamin D lebih banyak.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat lain dari vitamin D yaitu untuk menurunkan tekanan darah, terutama bagi orang-orang yang berisiko atau sudah mengalami hipertensi.

 

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin D

Mengingat pentingnya peran vitamin D bagi tubuh, maka asupan sumber nutrisi ini harus dijaga dengan baik. Berikut ini adalah beberapa sumber utama vitamin D yang mudah diperoleh di sekitar kita.

Salmon

Ikan laut satu ini memang dikenal memiliki nutrisi lengkap. Salah satu kandungannya yaitu vitamin D. Apabila diukur dalam 100 gram salmon masak, terdapat 447 IU Vitamin D. Akan tetapi, jenis salmon berpengaruh terhadap kandungan vitamin D didalamnya. Sebagai contoh, salmon liar mengandung 998 IU per 100 gramnya. Sangat banyak bukan?

Kuning Telur

Umumnya, orang-orang mengonsumsi putih telur karena mengandung banyak protein. Namun, bagi Anda yang hendak mengonsumsi lebih banyak lemak, vitamin, dan mineral, sebaiknya pilih bagian kuning telur. Perlu Anda tahu, didalam satu butir telur, terdapat 41 IU vitamin D.

Tuna Kaleng

Tuna kaleng juga termasuk salah satu sumber vitamin D yang praktis untuk disimpan. Di dalam 100 gram tuna kaleng, terdapat 268 IU vitamin D, niasin, dan vitamin yang diperlukan tubuh. Akan tetapi, berhati-hatilah saat memilih tuna kaleng karena beberapa jenisnya mengandung merkuri dan berpotensi menjadi racun yang berbahaya jika menumpuk dalam tubuh. Biar lebih aman, pilih jenis tuna kaleng light dengan batasan konsumsi maksimal sebanyak 170 gram dalam seminggu.

Jamur

Bisa dikatakan bahwa jamur merupakan tumbuhan dengan sumber vitamin D paling tinggi. Cara jamur mendapatkan kandungan vitamin D mirip dengan tubuh manusia, yaitu dengan diletakkan dibawah sinar matahari. Dari beragam pilihan jamur, maka jamur yang terpapar sinar mataharilah yang mengandung jumlah vitamin D paling banyak. Jenis vitamin D yang dihasilkan jamur adalah vitamin D2. Anda bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari aneka jamur, seperti jamur kancing, jamur maitake, jamur shitake, dan lainnya.

Susu Sapi

Hampir sebagian orang menyukai susu sapi. Hal ini karena banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya. Diperkirakan, ada sekitar 115-130 IU vitamin D dalam secangkir susu sapi. Tidak hanya itu, susu sapi juga memberikan nutrisi lain, mulai dari kalsium, fosfor, dan riboflavin.

Susu Kedelai

Mungkin, ada yang alergi susu sapi sehingga dialihkan untuk mengonsumsi susu kedelai. Umumnya, susu kedelai yang dijual telah mengalami penambahan vitamin D. Jadi, bagi para vegan, bisa mendapatkan asupan vitamin D dari susu kedelai.

Jus Jeruk

Tidak hanya makanan, rupanya jus jeruk juga memiliki kandungan vitamin D didalamnya. Perlu Anda tahu, satu buah cangkir jus jeruk terdapat 100 IU vitamin D.

Blackmores Vitamin D

Berbeda dengan sumber alami vitamin D di atas, Blackmores merupakan salah satu multivitamin yang memiliki nutrisi vitamin D. Produk ini diimpor langsung dari Australia dengan spesifikasi produk Blackmores vitamin D3 1000 IU. Fungsi multivitamin ini untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang, serta membantu mempertahankan kekuatan otot pada orang tua. Aturan pakai obat ini untuk orang dewasa yaitu 1 kapsul sehari dengan makanan atau sesuai arahan yang diberikan oleh dokter.

Nah, dari berbagai sumber vitamin D di atas, pastikan untuk memilih bahan yang tersedia di sekitar Anda. Selain mudah ditemukan, tubuh tetap sehat dan kuat dengan manfaat yang diberikan oleh vitamin D.

Dapatkan Blackmores Vitamin D melalui Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Brands