fbpx

Vitamin B6 HCl: Sumber Terbaik, Kegunaan, dan Dosisnya

by | May 28, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Vitamin B6 HCl sebetulnya adalah salah satu jenis vitamin B kompleks. Zat gizi mikro ini memiliki ragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin yang memiliki nama lain Piridoksin ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan sistem saraf hingga otak. Bahkan, uniknya lagi, kekurangan vitamin B6 juga dapat berpengaruh terhadap tubuh yang kesulitan untuk menyerap kandungan vitamin B12 dalam tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi vitamin B6 secara optimal setiap hari. Dari mana saja sumber vitamin B6 tersebut? Dan apa saja manfaatnya?

Alasan Mengapa Harus Mengonsumsi Vitamin B6 HCl

Vitamin B6 bersama–sama dengan vitamin B kompleks lain dalam tubuh bekerja untuk mengolah makanan yang diserap menjadi energi. Tidak hanya itu, vitamin ini juga memiliki peran yang sangat besar untuk tubuh Anda. Nah, beberapa manfaat dari vitamin B6 HCl adalah:

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Vitamin B6 HCl memiliki manfaat untuk Anda yang memiliki rutinitas padat termasuk rajin berolahraga sangatlah penting. Pasalnya, vitamin B6 bekerja untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh termasuk memecah protein yang telah diserap tubuh. Dengan meningkatkan metabolisme dalam tubuh, Anda pun akan memperoleh tenaga yang cukup untuk beraktivitas harian. 

2. Meningkatkan Produksi Hemoglobin

Fungsi lain dari vitamin B6 adalah mendukung produksi hemoglobin. Sel darah merah atau hemoglobin dapat ditingkatkan jumlahnya ketika Anda rutin mengkonsumsi vitamin B6. Karena itulah dalam vitamin penambah energi tentu tidak akan pernah ketinggalan kandungan vitamin B kompleks satu ini. Dengan kemampuan vitamin untuk meningkatkan jumlah hemoglobin yang diproduksi di dalam tubuh, maka oksigen pun dapat disalurkan dengan lebih optimal. Alhasil, organ dalam tubuh akan lebih sehat karena mendapat pasokan oksigen segar setiap saat. 

3. Meningkatkan Kemampuan Otak

Fungsi otak untuk berpikir dan juga daya ingat ternyata juga dapat dibantu berkat konsumsi Vitamin B6 HCl secara rutin. Hal ini telah dinyatakan langsung oleh Universitas Maryland pusat Medis yang mengaitkan antara konsumsi vitamin B6 dengan pembuatan neurotransmitter. Neurotransmiter sendiri adalah zat kimia yang dapat membawa sinyal pada otak dari satu sel ke sel saraf lainnya. 

Dengan peningkatan neurotransmitter, otak pun dapat bekerja membawa informasi dan mengolahnya dengan lebih cepat. Bahkan, riset ilmiah menunjukkan defisiensi vitamin B6 terkait erat dengan penyakit Alzheimer. 

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi vitamin B6 dan juga vitamin B12 dalam jumlah cukup setiap hari sangat baik untuk menurunkan risiko serangan penyakit jantung. Manfaat vitamin B6 ini tentunya berkat kemampuannya untuk menurunkan jumlah homosistein yang ada di dalam tubuh. Homosistein sendiri secara alami diproduksi dalam darah dan termasuk asam amino. 

Ketika jumlahnya berlebih, maka homosistein berisiko merusak pembuluh darah arteri dan membentuk gumpalan di pembuluh darah. Dengan konsumsi vitamin B6 dalam jumlah mencukupi, maka produksi homosistein akan ditekan sehingga jumlahnya berkurang. Alhasil, penyumbatan pembuluh darah pun dapat dicegah.

Sumber Terbaik Vitamin B6 HCl

Kandungan vitamin B6 dapat ditemukan di berbagai sumber makanan alami. Karena sifat vitamin ini yang larut dalam air, otomatis vitamin ini tidak tersimpan di dalam tubuh. Untuk itu konsumsi vitamin B6 dalam jumlah mencukupi setiap hari menjadi suatu hal yang sangat penting. 

Sumber vitamin B6 sangat banyak dan dapat ditemukan baik dari hewani dan juga produk nabati. Produk hewani yang kaya akan vitamin B6 seperti hati sapi, daging ayam, dan juga daging ikan. Selain produk hewani, produk nabati seperti buah non sitrus hingga kacang – kacangan menjadi sumber terbaik bagi vitamin B6. Buah seperti pepaya, alpukat dan juga pisang menjadi opsi terbaik mendapatkan asupan vitamin B6.

Meski defisiensi vitamin B6 jarang terjadi, namun sangat penting bagi Anda memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap hari. Jumlah kebutuhan vitamin ini akan meningkat seiring dengan pertumbuhan tubuh seseorang. Untuk bayi dan anak kecil kebutuhannya berkisar 0,1 mg hingga 1,0 mg. Pada perempuan yang telah dewasa kebutuhan berkisar 1,3 hingga 1,5 mg. Sementara lelaki dewasa 1,3 mg hingga 1,7 mg.

Kebutuhan vitamin B6 HCl untuk ibu hamil lebih tinggi lagi yakni 1,7 mg. Sementara ibu menyusui berkisar 1,8 mg.

Jovee: Solusi Sehat Anda

Kini, untuk sehat bisa lebih mudah berkat hadirnya aplikasi Jovee di tangan Anda. Cukup install Jovee dan Anda bisa mendapatkan rekomendasi suplemen hingga gaya hidup sehat sesuai dengan kebutuhan Anda. Di Jovee, Anda juga bisa membeli ragam multivitamin dan juga suplemen yang dapat menunjang kebutuhan kesehatan Anda. Di Jovee juga terdapat suplemen mengandung vitamin B6 HCl dengan harga kompetitif dan juga gratis ongkir.

Referensi
Pyridoxine (Vitamin B6) Oral : Uses, Side Effects, Interactions, Pictures, Warnings & Dosing
Vitamin B6 – an overview

Brands