fbpx
BerandaMakanan Sehat10 Manfaat Buah Sawo yang Baik untuk Kesehatan

Manilkara zapota atau buah sawo adalah buah tropis yang umumnya mudah ditemukan di Indonesia. Sama seperti buah-buahan lainnya, buah sawo memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kaya akan mineral, manfaat buah sawo dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi buah sawo secara langsung.

manfaat-buah-sawo

Apa saja manfaat buah sawo untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai manfaat buah sawo untuk kesehatan yang telah Jovee rangkum berikut ini.

1. Menjaga kesehatan mata dan tingkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi buah sawo dalam takaran yang tepat dapat menjaga kesehatan mata sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat buah sawo yang satu ini diperoleh dari kandungan vitamin A dan C yang terkandung di dalamnya.

Vitamin A diketahui dapat mencegah timbulnya rabun senja dan dapat membantu memperlambat penurunan fungsi penglihatan yang berkaitan dengan usia. Sedangkan, vitamin C dikenal sebagai sumber antioksidan terbesar yang berperan vital dalam sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan energi

Kandungan fruktosa dan sukrosa alami pada sawo dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh. Fungsi zat ini adalah untuk membantu tubuh menghasilkan energi, menyimpan energi dalam bentuk glikogen, dan membentuk lemak dalam tubuh.

Jika kamu memiliki aktivitas yang padat, kamu dapat mengonsumsi buah sawo sebagai penambah energi alami.

3. Sebagai anti-inflamasi

Manfaat buah sawo bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai anti-inflamasi. Kandungan sawo yang kaya akan tanin, berfungsi sebagai anti inflamasi atau peradangan. Tanin dalam buah sawo bertindak seperti antioksidan yang dapat membantu menekan proses inflamasi dalam tubuh, sehingga nyeri dan pembengkakan dapat dikurangi.

Selain itu, tanin juga merupakan anti bakteri yang kuat. Tanin mampu melawan sejumlah patogen yang biasanya mengganggu sistem pencernaan. Bahkan, ketika dikombinasikan dengan antibiotik, tanin dapat melawan bakteri resisten antibiotik seperti Staphylococcus aureus (MRSA) yang resisten terhadap methicillin.

Menurut laporan dari Molecular Nutrition & Food Research, tanin juga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, yang merupakan salah satu penyebab paling umum dari sakit maag.

4. Melindungi sistem pencernaan

Manfaat buah sawo lainnya yaitu untuk melancarkan sistem pencernaan di usus. Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo akan memudahkan kerja usus dalam mencerna makanan. Serat membantu bakteri baik dalam sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Dengan mengonsumsi buah sawo, kamu bisa terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Sawo merupakan sumber mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi. Mineral ini merupakan sumber utama yang dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahannya. Dengan demikian, buah sawo bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan dan memperkuat tulang. Selain itu, buah sawo juga mengandung tembaga yang penting untuk pertumbuhan tulang dan otot.

Kekurangan tembaga meningkatkan kemungkinan osteoporosis, kelemahan otot, kerusakan, dan sendi yang lemah. Studi menunjukkan bahwa asupan tembaga dengan mangan, seng, dan kalsium yang cukup memperlambat keropos tulang.

Untuk memenuhi asupan kalsium yang cukup, kamu juga dapat mengonsumsi suplemen khusus untuk kesehatan tulang seperti Bio Calci 72- Suplemen Vitamin Tulang (Rp68.950).

6. Mengontrol tekanan darah

Manfaat buah sawo bagi kesehatan lainnya adalah sebagai pengontrol tekanan darah. Salah satu penyebab naiknya tekanan darah adalah konsumsi sodium yang berlebihan. Kandungan kalium dalam buah sawo dapat menyerap sodium dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui urin. Sehingga, sodium tidak terserap oleh tubuh dan tekanan darah tetap terjaga.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa kekurangan kalium dalam tubuh tidak hanya menaikkan tekanan darah, tetapi juga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

7. Mencegah risiko penyakit kanker

Salah satu penyebab terjadinya kanker adalah karena adanya zat radikal bebas di dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat membantu dalam mencegah dan melawan penyakit kanker, karena perannya sebagai pelindung sel-sel tubuh dari zat radikal bebas.

Buah sawo merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik. Dengan kandungan yang kaya akan vitamin dan serat, mengkonsumsi buah sawo dipercaya dapat mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker mulut.

8. Baik dikonsumsi bagi ibu hamil dan menyusui

Ada banyak manfaat buah sawo bagi ibu hamil dan menyusui. Sarat dengan vitamin A, C, asam folat, B6, dan sumber karbohidrat sederhana yang baik, buah sawo membantu mengatasi mual di pagi hari dan pusing.

Vitamin C dalam buah sawo membantu penyerapan zat besi pada tubuh ibu hamil. Dengan tercukupinya kebutuhan zat besi, bumil dapat terhindar dari anemia. Hal ini sangat penting karena anemia dapat menyebabkan masalah pada kehamilan, seperti bayi yang lahir dengan berat badan rendah.

Selain manfaat buah sawo di atas, kandungan asam folat dalam buah sawo juga membantu tumbuh kembang janin dan mencegah janin mengalami kecacatan.

9. Mengatasi anemia

Tahukah kamu buah sawo dapat mengobati penyakit anemia? Anemia merupakan kondisi kesehatan yang umum terjadi pada wanita di usia reproduksi yang disebabkan karena kekurangan zat besi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak mampu membuat hemoglobin sel darah merah yang mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh sel. Buah sawo yang sarat dengan zat besi dan tembaga dapat membantu meningkatkan kadar zat besi dan mengobati anemia.

10. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah sawo yang jarang diketahui adalah buah sawo dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kaya akan vitamin esensial A, C dan B, buah sawo meremajakan sel-sel kulit baru dan mengunci kelembapan kulit dari dalam. Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam buah sawo mencegah rusaknya sel-sel kulit yang sehat, memudarkan keriput, garis-garis halus, memperlambat penuaan, dan meningkatkan warna kulit dan cahaya secara alami.

Itulah manfaat buah sawo untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan dan manfaat buah lainnya, kamu dapat unduh aplikasi Jovee yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan juga rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan gaya hidup personalmu.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022