fbpx
BerandaKesehatan Lainnya13 Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Seiring bertambahnya usia, kulit wajah akan mengalami kekenduran. Hal ini bisa membuat penampilan menurun dan terkadang membuat tidak percaya diri. Walau tidak bisa dihindari, kita bisa menghambatnya dengan beberapa cara mengencangkan kulit wajah berikut ini.

Cara-Mengencangkan-Kulit-Wajah

Beberapa Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Permasalahan terkait wajah dan faktor usia adalah jumlah produksi kolagen yang akan menurun. Protein ini memegang peran penting dalam menjaga struktur kulit serta jaringan sendi antara tulang dan otot.

Hal yang sama juga berlaku terhadap lemak di lapisan kulit wajah. Sehingga, lemak yang mulai mengikis meninggalkan ruang yang membuat kulit mengendur.

Untuk menghindari atau menghambat permasalahan kulit yang bisa sewaktu-waktu mengendur, Anda bisa mengikuti beberapa cara mengencangkan wajah berikut.

Menggunakan Produk dengan Efek Mengencangkan Wajah

Cara-Mengencangkan-Kulit-Wajah

1. Krim kolagen

Kolagen termasuk bagian dari kulit yang membantu kelembaban dan keelastisan kulit. Walau begitu, keberadaan kolagen akan mengikis seiring bertambahnya usia. Kondisi ini membuat kulit menjadi mengendur dan kerutan pun akan muncul.

Karena itu, kamu bisa memanfaatkan peran kolagen tersebut lewat produk pelembab wajah yang mengandung peptida kolagen. Tipe produk ini akan mengisi kembali kolagen di kulit. Ia juga akan membuat kulit mengencang dan lebih lembab. Baca kemasan dan ikuti petunjuk yang tertera.

2. Serum Vitamin C

Vitamin C memiliki kebaikan yang berguna untuk mengencangkan kulit, memudarkan tanda akibat sinar matahari, penuaan, dan kemerahan, serta menyokong produksi kolagen. Agar bisa memperoleh kebaikan tersebut, kamu bisa menggunakan serum yang menyimpan konsentrasi vitamin C.

Aplikasi serum ini ke wajah memberi manfaat vitamin C yang lebih untuk wajah daripada mengonsumsinya dari makanan. Sebab, serum mengalami kontak langsung dengan wajah sehingga kulit bisa menyerapnya langsung. Umumnya serum ini dipakai 1-2 kali sehari sesuai dengan petunjuk yang tertera di kemasan.

3. Asam hialuronat

Asam hialuronat merupakan molekul yang diproduksi secara alami. Ia memiliki sifat mengikat air ke kolagen di kulit wajah. Molekul ini sama seperti kolagen, ia dapat surut dengan waktu yang bertambah. Pada akhirnya kulit akan rentan mengendur dan mengalami dehidrasi.

Penggunaan produk kecantikan berbahan asam hialuronat ini setiap hari akan memberi rehidrasi terhadap kulit sehingga bisa tampak lebih kencang dan sehat. Asam hialuronat juga terbilang aman untuk semua jenis kulit sehingga bisa dipakai setiap hari.

4. Asam glikolat atau laktat

Produk berbahan asam glikolat atau laktat bekerja dengan cara eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Karenanya, kamu harus hati-hati bila ingin memakai produk jenis ini. Konsentrasi asam seharusnya tidak melebihi 10 persen.

Jika kulitmu tidak tahan dengan sinar matahari dan menyebabkan kemerahan, produk ini tidak cocok karena ia dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar UV.

5. Retinol

Retinol jadi salah satu bahan yang paling dikenal dalam hal mengencangkan kulit. Krim retinol juga banyak ditemui di pusat kecantikan karena manfaat lainnya, seperti mengecilkan kerutan dan menyamarkan kulit yang rusak hingga memulihkan breakout.

Meski begitu, retinol juga punya efek samping. Bahan ini dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, sensitif terhadap sinar matahari, kemerahan, bengkak, dan melepuh.

Menurut tim dokter Jovee dr. Irma Lidia, retinol bisa diaplikasikan tiap malam. Namun, biasanya penerapan produk ini dimulai perlahan dengan cara menggunakannya 2-3 kali seminggu. Bila kulit menunjukkan tanda toleransi terhadap retinol, pemakaiannya bisa ditingkatkan menjadi tiap malam.

Pastikan juga menggabungkan perawatan retinol dengan pelembab dan sunblock di pagi hari. Cara ini akan mencegah kulit kering dan melindunginya dari sengatan sinar matahari.

Perawatan Ahli Tanpa Pembedahan

Cara-Mengencangkan-Kulit-Wajah

6. Pengelupasan Kulit dengan Bahan Kimia

Metode ini bekerja dengan cara menyingkirkan bagian terluar dari kulit. Stimulasi produksi serat kolagen dan air di kulit terjadi selama prosesnya. Perawatan ini bertujuan untuk menurunkan jumlah kerutan dan memperkuat elastisitas kulit.

7. Ultrasound

Teknik ultrasound baru-baru ini dipakai dalam bidang dermatologi. Metode terpusat ini diterapkan untuk mendorong produksi kolagen di dalam kulit. Dengan begitu, kulit akan terlihat cerah dari kerutan dan menjadi lebih kencang.

8. Radiofrequency Microneedling

Cara mengencangkan kulit wajah yang satu ini menerapkan energi dari frekuensi radio berintensitas tinggi yang ditembakkan melalui jarum-jarum yang ditusukkan ke kulit. Jarum tersebut menembus kulit dan memberikan energi tersebut ke jaringan kulit yang dalam.

Radiofrequency microneedling ini dapat menstimulasi pertumbuhan serat kolagen. Hasil dari stimulasi tersebut adalah kulit yang meningkat dari segi kualitas dan teksturnya.

Perawatan Ahli dengan Menjalankan Bedah

Cara-Mengencangkan-Kulit-Wajah

9. Botoks

Botoks merupakan salah satu metode pembedahan yang bisa membuat kulit wajah menjadi kencang. Metode ini umumnya bekerja dengan baik saat tanda awal penuaan mulai terlihat. Penerapannya adalah dengan penyuntikan botoks ke dalam kulit wajah.

Cara Alami Mengencangkan Kulit Wajah

Cara-Mengencangkan-Kulit-Wajah

10. Pijat Wajah dan Face Mask

Rutin memijat wajah bisa mendorong pertumbuhan sel dan meningkatkan aliran darah. Cara mengencangkan wajah ini hanya perlu dilakukan selama 5-6 menit setiap harinya. Pijatlah seluruh bagian wajah, termasuk pipi dan dahi.

Dengan melakukan rutinitas tersebut, produksi kolagen bisa naik dan sirkulasi darah menjadi lancar, sehingga proses penuaan bisa diperlambat.

11. Face Mask

Selain pijat wajah, kamu juga bisa memakai face mask atau masker wajah untuk menghidrasi kulit dan membantu produksi kolagen. Beberapa produk masker wajah menawarkan ciri anti-aging yang bagus untuk elastisitas kulit.

Kamu juga bisa meracik bahan-bahan alami sendiri di rumah untuk dijadikan face mask. Beberapa bahan yang populer adalah minyak kelapa, madu, dan lidah buaya.

Minyak kelapa dikenal karena antioksidannya yang dapat membasmi radikal bebas yang merusak jaringan kulit. Madu juga memiliki sifat antioksidan dan cukup sering diaplikasikan untuk banyak permasalahan kulit. Sedangkan lidah buaya dapat terlibat dalam produksi kolagen dan membantu mengurangi kerutan dan elastisitas wajah.

12. Cukupi Kebutuhan Air

Banyak yang tidak menyadari kalau air putih adalah resep awet muda alami nan praktis. Bila kamu rutin mencukupi cairan tubuh setiap harinya, kulitmu akan terlihat muda karena selalu terhidrasi. Sebaliknya, jika kulit sering kekurangan air, tanda-tanda penuaan akan mulai terlihat.

13. Menjaga Gaya Hidup Sehat

Selain melakukan perawatan terhadap kulit wajah, Anda juga perlu melakukan tindakan preventif guna memperlambat kulit yang mengendur dan masalah penuaan lainnya. Beberapa hal penting yang harus Anda hindari di antaranya:

  • merokok,
  • paparan sinar UVA/UVB,
  • kenaikan dan penurunan berat yang ekstrem, dan
  • banyak memakan menu olahan.

Dari banyaknya cara mengencangkan kulit wajah, kamu bisa memilah mana yang terbaik untuk kulitmu. Namun, perhatikan dulu apakah cara yang kamu pilih sudah aman atau belum. Khusus untuk perawatan melalui proses operasi, pastikanlah kamu memilih dokter dan tempat terpercaya yang sudah terverifikasi.

Jaga kesehatan kulitmu dengan konsumsi Wellness Vitamin E 400 IU – 150 softgel – Vitamin kecantikan kulit & antioksidan (Rp 570.000).

Ingin mulai gaya hidup sehat? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store atau App Store sekarang! Dengan Jovee, kamu bisa mendapatkan rekomendasi vitamin harian personal kamu, dari A ke Z(inc).

Penulis: Arofah Hafizh A.

 

Referensi:

Luba L. 2020. How to Tighten Face Skin.

Pound K. 2019. How To Tighten Loose Skin (Saggy) on Your Face?

Cleveland Clinic. n.d. Radio Frequency (RF) Microneedling.

Kathryn W. 2019. How to Tighten Skin on the Face and Neck.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

cara-agar-cepat-haid-saat-telat

Telat Haid? Coba 5 Cara Agar Cepat Haid Saat Telat Ini

Kesehatan Lainnya   09/08/2022
penyebab-jerawat-di-jidat

5 Penyebab Jerawat di Jidat dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   08/08/2022
jamur-di-selangkangan

Selangkangan Gatal? Hati-hati Infeksi Jamur Ini

Kesehatan Lainnya   04/08/2022
kanker-tenggorokan

Kanker Tenggorokan: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   03/08/2022

Wanita Wajib Tahu, Ini Dia Urutan Cara Make-up Natural

Kesehatan Lainnya   02/08/2022