fbpx

4 Makanan Sehat yang Ramah Jantung dan Lambung

by | Oct 15, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Jantung dan lambung merupakan organ penting dalam tubuh manusia. Kedua organ ini menjalankan fungsinya masing-masing sehingga seseorang dapat beraktivitas normal seperti biasa. Apa saja daftar makanan sehat untuk jantung dan lambung yang harus kita konsumsi?

Ada kalanya fungsi jantung atau lambung seseorang terganggu karena berbagai sebab. Jika diabaikan, hal ini dapat berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

Berbagai penyakit yang mungkin terjadi karena organ jantung yaitu serangan jantung dan gagal jantung. Sudah banyak penderita jantung yang meninggal karena penyakit ini. Sementara itu, gangguan organ lambung seperti asam lambung atau maag juga tidak boleh dibiarkan karena menyebabkan seseorang mengalami gejala berupa mual, muntah, perut kembung, dan sensasi panas di perut atau makanan yang kembali naik ke kerongkongan.

 

Daftar Makanan Sehat Untuk Jantung dan Lambung, Apa Saja?

Nah, untuk menghindari hal tersebut, setiap orang harus menjaga kesehatan jantung dan lambungnya dengan mengonsumsi makanan yang aman berikut ini.

 

1. Rempah-rempah

Organ jantung sangat sensitif terhadap kadar garam yang tinggi dalam asupan makanan Anda. Oleh karena itu, apabila Anda menambahkan rempah-rempah dalam masakan sebagai alternatif garam, maka Anda sudah membuat pilihan yang tepat untuk kesehatan jantung.

Rempah-rempah mampu menambahkan cita rasa yang nikmat, tanpa mengakibatkan dampak buruk. Jadi, biasakan gunakan bumbu non garam dari sekarang ya!

Disisi lain, jenis tanaman rempah seperti jahe ini rupanya tidak hanya memberikan kehangatan, namun juga mengurangi risiko timbulnya gejala asam lambung. Hal ini karena jahe mengandung zat anti inflamasi yang mampu mengatasi masalah pencernaan dan menjadi obat alami untuk penyakit maag atau asam lambung.

Anda dapat mengonsumsi jahe ini dengan cara dipotong atau diparut, kemudian diolah jadi minuman hangat. Maka dijamin gejala asam lambung akan berangsur mereda.

Baca juga: Punya Asam Lambung? Coba Atasi dengan Turmeric

 

2. Sayuran Hijau

Sudah tidak diragukan lagi jika sayuran hijau memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berbagai jenis sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan sawi terkenal akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidannya yang tinggi. Sebagai jenis sayuran yang kaya vitamin K dan nitrat, sayuran hijau ini sangat bagus untuk membantu melindungi arteri jantung.

Selain itu, sayuran hijau juga dipercaya dapat menjaga tekanan darah, mengurangi kekakuan sel, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Hasil penelitian pun membuktikan bahwa orang yang rajin mengonsumsi sayuran hijau lebih rendah risikonya terkena penyakit jantung.

Adakah manfaat lain dari mengonsumsi sayuran hijau? Sudah pasti ada, salah satunya mengatasi sakit maag atau asam lambung. Ya, sayuran berwarna hijau ini seperti sawi, bayam, dan kangkung mengandung gula dan lemak yang rendah sehingga mampu mengurangi peningkatan kadar asam lambung.

Mekanismenya, makanan dengan kadar lemak yang rendah akan mempercepat pengosongan lambung dan sistem pencernaan. Dengan begitu, maka kemungkinan asam lambung naik kembali ke kerongkongan dapat diminimalisir.

Tidak perlu bingung dengan proses penyajiannya. Jika bosan dengan cara memasak yang itu-itu saja, Anda bisa coba berkreasi dengan membuat semangkuk salad sayuran hijau yang telah direbus sebelumnya.

Kemudian, kombinasikan sayuran ini dengan minyak zaitun dan sayuran lain biar lebih menarik sehingga nafsu makan meningkat.

 

3. Pisang

Jika Anda sedang malas untuk memasak menu makanan yang baik bagi kesehatan jantung dan lambung, cobalah makan pisang yang ada di dapur. Ya, pisang mengandung kalium yang sangat baik bagi kesehatan jantung.

Peran kalium dalam tubuh adalah mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah jantung. Makan satu buah pisang sehari artinya Anda sudah memenuhi 9 persen anjuran asupan harian kalium. Pisang juga kaya akan serat.

Tahukah Anda, serat ini mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh?

Secara rinci, kandungan gizi dalam satu buah pisang adalah 109 kalori energi, 0.8 gram protein, 0.5 gram lemak, 26.3 gram karbohidrat, 5.7 gram serat, vitamin dan berbagai mineral. Menariknya, pisang tidak hanya baik bagi jantung, tapi juga dianjurkan bagi penderita sakit maag (lambung).

Hal ini juga diungkapkan oleh Gerard E Mullin, seorang gastroenterologi yang menyatakan bahwa pisang memiliki kandungan asam yang rendah sehingga baik dimakan oleh penderita asam lambung.

Tekstur pisangnya yang lumat juga mampu meredakan gejala maag dengan memberikan lapisan pelindung pada esofagus atau kerongkongan yang teriritasi.

Ditambah lagi, kandungan seratnya yang tinggi membantu menangkal gangguan pencernaan yang sering dialami penderita asam lambung atau GERD.

Baca juga: 

Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

10 Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

 

4. Pepaya

Sama halnya dengan buah pisang, pepaya juga kaya akan serat dan kalium sehingga baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang membantu melancarkan sistem pencernaan dengan cara mempermudah proses pemecahan protein. Hasilnya, asam amino lebih mudah dipecah oleh tubuh. Dengan kata lain, enzim papain ini membantu mengurangi beban kerja sistem pencernaan. Meski demikian, tetap saja pepaya dinilai baik untuk penderita sakit maag.

Dari sekarang, mulai susun menu makanan sehat untuk jantung dan lambung di atas dengan baik ya! Jangan lupa, imbangi dengan olahraga yang rutin.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Beli di Aplikasi Jovee

Aplikasi Jovee berbasis data science.
Cukup jawab beberapa pertanyaan, dan Jovee akan merekomendasikan beberapa paket sesuai kebutuhan dan gaya hidup Anda

Belanja di Jovee Shop

Jovee Shop menawarkan paket suplemen dalam bentuk sachet untuk konsumsi 30 hari atau 7 hari. Suplemen dari Jovee adalah suplemen terbaik, asli dan berlisensi dari partner domestik dan internasional