fbpx
BerandaMakanan Sehat7 Makanan yang Efektif Turunkan Kolesterol

Setiap orang tentu memiliki kolesterol yang ada dalam tubuh. Kolesterol yang ada dalam tubuh memiliki dua jenis yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL. Untuk jenis kolesterol LDL merupakan jenis kolesterol yang membahayakan tubuh. Sedangkan kolesterol HDL adalah kolesterol yang bisa melarutkan kolesterol jahat pada tubuh. Tahukah kamu batas normal kolesterol pada tubuh yaitu 160 hingga 200 mg? Oleh sebab itu, yuk simak cara menurunkan kolesterol berikut!

makanan-kolesterol-tinggi

Tips Menurunkan Kolesterol

Cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi yaitu:

1. Konsumsi jeruk nipis

Mengkonsumsi jeruk nipis pada pagi dan malam hari dapat menjadi cara untuk menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan jeruk nipis memiliki kandungan flavonoid yang berperan sebagai antioksidan dan membantu untuk melindungi tubuh dari adanya radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh terutama pada molekul yang tidak stabil karena bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang telah dicampur segelas air hangat pada pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Jika hal ini dilakukan secara teratur maka bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh yang tinggi.

2. Konsumsi jus anggur

Anggur memiliki kandungan antioksidan seperti resveratrol dan piceatannol. Kandungan jus anggur memiliki zat antimikroba dan flavonoid yang dapat menurunkan kolesterol jahat jika jus anggur dikonsumsi secara rutin sehari sekali. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat jus anggur segar atau bisa juga mengkonsumsi buah anggur secara langsung.

3. Jambu merah

Jambu merah sudah terkenal sebagai buah yang kaya akan vitamin A, C, B3, B6 dan kalium. Melalui kandungan buah jambu merah yang tinggi, kamu bisa mengkonsumsi buah ini secara rutin. Jambu merah untuk pengobatan kolesterol bisa dikonsumsi dengan membuat jus atau bisa juga langsung dimakan. Jika dikonsumsi setiap hari sebanyak sehari sekali maka manfaat kolesterol yang menurun bisa kamu rasakan.

4. Konsumsi kulit manggis

Makanan untuk penderita kolesterol selanjutnya adalah buah maggis. Ternyata, buah manggis tidak hanya memiliki rasa yang enak dan manis saja namun ternyata kulit manggis juga memiliki khasiat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.

Kulit manggis memiliki kandungan xanthone yang memiliki peran sebagai antioksidan dan antikanker yang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan vitamin C maupun E. Selain itu, kamu juga bisa memblender kulit manggis sendiri atau bisa membeli ekstrak kulit manggis yang sudah banyak dijual di pasaran.

5. Mengonsumsi biji-bijian utuh

Biji-bijian memiliki nutrisi yang utuh sebagai peningkat kemampuan sel yang ada dalam tubuh supaya bisa berkembang lebih baik dan melakukan pencegahan terhadap efek radikal bebas baik di dalam maupun di luar tubuh. Biji-bijian menyediakan nutrisi seperti zat besi, protein, magnesium, serat, seng, fosfor, mangan, tembaga, vitamin B dan selenium. Melalui kandungan nutrisi tersebut menjadikan biji-bijian paling efektif sebagai cara dalam menurunkan kolesterol tanpa obat-obatan.

6. Teh hijau

Minuman herbal yang terkenal ini dapat membantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam darah lho, Jovians! Kandungan katekin di dalamnya ditemukan sebagai senyawa yang mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

7. Susu kedelai

Makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat lainnya adalah susu kedelai. Hal ini dikarenakan susu kedelai mengandung isoflavon tinggi, yang juga bisa kamu temukan di dalam tempe dan tahu.

Selain cara diatas, kamu juga bisa menurunkan kadar kolesterol dengan konsumsi obat Hemaviton Cardio – Jantung & Penurun Kolesterol (Rp 61.504).Mengingat gaya hidup di zaman modern ini, maka hal ini menjadikan penyakit kolesterol tidak hanya menyerang pada orang tua saja. Akan tetapi untuk anak-anak, remaja maupun dewasa juga memiliki peluang terhadap penyakit kolesterol yang tinggi. Terlebih lagi bagi masyarakat yang tidak menjaga pola makannya dengan baik. Semakin mengkonsumsi banyak makanan berlemak maka akan memperbesar kadar pada kolesterol tubuh.

Ingin tahu apakah makanan yang anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022