fbpx
BerandaKesehatan LainnyaApakah Sakit Pinggang Tanda Hamil? Ini Ciri-Ciri Kehamilan!

Terlambat menstruasi? Mual-mual terus? Badan rasanya lemas? Mungkinkah hamil? Cara paling mudah untuk mengetahui Anda hamil atau tidak, ya, dengan menggunakan alat tes kehamilan (test pack). Namun, sebelum telat haid sebenarnya tubuh sudah mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa Anda tengah mengandung. Apa saja ciri-ciri hamil tersebut? Simak di artikel berikut ini!

ciri-ciri-hamil

Ciri-ciri umum hamil yang paling sering dialami wanita

Ciri hamil muda yang mungkin dialami dan diketahui oleh sebagian besar wanita ialah jadwal menstruasi yang terlambat. Tapi, ada beberapa wanita yang memang siklus menstruasi tidak teratur. Akibatnya, mereka tidak menyadari bahwa mereka sedang hamil.

Khawatirnya, mereka akan menjalani aktivitas seperti biasa, yang mengganggu kehamilannya. Itulah sebabnya Anda perlu mengetahui ciri-ciri hamil sebelum telat haid.

Secara umum, selain terlambat menstruasi, ada juga tanda-tanda hamil yang belum diketahui atau tidak disadari seperti berikut ini:

  • Payudara bengkak dan sensitif. Tapi, ternyata gejala ini tidak selalu muncul.
  • Mual, baik disertai muntah atau tidak, tepatnya 3 minggu setelah pembuahan. Berbeda dengan namanya, morning sickness, gejala mual dan muntah ini sebetulnya bisa terjadi kapan saja. Gejala morning sickness muncul karena adanya perubahan hormon kehamilan.
  • Sakit pinggang tanda hamil, tepatnya pinggang bagian bawah, yang kemungkinan akan berlanjut selama kehamilan. Nyeri ini muncul, terutama, karena penambahan berat badan dan perubahan postur tubuh.

Tetapi, tidak semua tanda-tanda hamil yang tidak diketahui atau tidak disadari di atas dirasakan oleh ibu hamil. Gejala tersebut pun bisa berbeda-beda keparahannya pada tiap ibu. Sejumlah tanda awal hamil lain yang juga sering dikeluhkan adalah:

  • Sering buang air kecil
  • Kelelahan
  • Sensitif terhadap bau
  • Ngidam atau ingin makan makanan tertentu

Terkadang, Anda mungkin merasakan perut kembung dan mengalami sembelit karena perubahan hormon bisa memperlambat sistem pencernaan. Perubahan hormon saat hamil juga dapat memicu sakit kepala.

Pada dasarnya, menentukan ciri hamil muda, terutama minggu ke-1, terbilang agak sulit. Anda dapat memastikannya ke dokter kandungan beberapa minggu kemudian.

Baca juga: Bentuk Perut Ibu Hamil dan Arti Sebenarnya

Ciri-ciri umum hamil lain yang juga sering dialami wanita

ciri-hamil-sebelum-telat-menstruasi

1. Terlambat menstruasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa terlambat menstruasi adalah ciri-ciri umum hamil yang paling sering dialami oleh wanita. Saat menstruasi, sel telur yang turun dari indung telur (ovarium) menuju rahim tidak dibuahi. Pada akhirnya, sel telur tersebut luruh bersama dinding rahim dan keluar dari vagina berupa darah haid.

Tetapi, jika sel telur yang turun tersebut dibuahi oleh sperma. Ketika pembuahan berhasil, sel telur akan menempel di dinding rahim dan berkembang menjadi janin hingga bayi dalam waktu 9 bulan.

Bila Anda berhubungan seksual dan terlambat menstruasi selama 5 – 7 hari, bisa jadi proses pembuahan sudah berlangsung. Setelah penempelan sel telur, tubuh Anda akan melepaskan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) yang bertugas menjaga kehamilan.

Hormon ini jugalah yang memberi sinyal kepada indung telur untuk berhenti memproduksi sel telur baru ketika Anda hamil. Alhasil, tidak ada sel telur yang luruh dan darah menstruasi tidak keluar. Namun, telat haid tidak selalu menjadi ciri-ciri umum hamil, karena bisa pula disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Baca juga: Penyebab Wanita Telat Menstruasi

2. Perubahan payudara dan puting

Ciri-ciri umum hamil muda lain yang umum terjadi adalah payudara dan puting menjadi kencang, bahkan terasa nyeri juga tidak nyaman.

Di beberapa minggu pertama kehamilan, payudara Anda terasa lebih besar, berat, kencang, dan keras dari biasanya. Payudara mungkin pula jadi lebih sensitif dan nyeri, serta menyesakkan. Plus, muncul garis-garis urat pada area di sekitar puting susu. Bagian areola puting juga bisa berubah warna lebih gelap dan makin lebar.

Tanda kehamilan tersebut muncul akibat perubahan hormon kehamilan yang meningkatkan aliran darah menuju area tersebut demi mempersiapkan produksi ASI.

Perubahan payudara biasanya mulai terjadi di usia kehamilan 4 – 6 minggu, sementara perubahan warna puting dan areola mulai sekitar minggu ke-11.

3. Mual dan muntah

Mual-mual menjadi ciri orang hamil muda yang sering sekali dirasakan wanita. Sekitar 80% wanita hamil mengalami morning sickness di di trimester pertama kehamilannya. Sebagian wanita hamil akan terus mengalami mual dan muntah sampai trimester kedua, bahkan sampai menjelang persalinan.

Mual dan muntah umumnya baru muncul setelah kehamilan memasuki minggu ke-6. Tapi, tidak menutup kemungkinan wanita dengan usia kehamilan yang lebih muda juga merasakan hal ini. Misalnya saja, minggu ke-1 atau ke-2 atau segera setelah pembuahan terjadi. Morning sickness akan mereda perlahan seiring bertambahnya usia kehamilan Anda.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

4. Sensitif terhadap bau-bauan

Kepekaan hidung untuk mencium bau akan meningkat drastis selama kehamilan. Jika sebelum hamil Anda tidak terganggu dengan aroma sesuatu, saat hamil Anda mungkin akan lebih sensitif.

Biasanya, gejala ini disertai oleh pusing, mual dan muntah. Ada pula ibu hamil yang malah bad mood setelah mencium bau tertentu. Kondisi ini juga dapat memengaruhi ibu hamil saat ngidam. Selera makan ibu hamil mungkin berubah karena mencium bau makanan tertentu.

5. Flek darah

Lho, bukannya saat hamil tidak ada sel telur yang luruh? Lalu, bercak darah yang keluar ini dari mana? Flek coklat sebagai tanda hamil ini disebut perdarahan implantasi dan berbeda dengan darah yang keluar ketika menstruasi.

Flek ini merupakan ciri hamil muda yang kerapkali disalahartikan. Flek coklat sebagai tanda hamil muncul karena embrio yang berhasil menempel membuat dinding rahim terkikis dan mengakibatkan keluarnya bercak darah. Tidak selalu berwarna cokelat, bercak darah yang keluar tersebut bisa berwarna merah muda kekuningan.

Perdarahan implantasi umumnya terjadi dalam 10 – 14 hari setelah pembuahan dan berlangsung selama 1 – 3 hari. Darah hanya akan keluar 1 – 2 tetes, jadi bila flek yang keluar lebih banyak dan berlangsung selama seminggu, segera hubungi dokter.

6. Kram perut

Kram perut adalah ciri-ciri umum hamil yang terjadi akibat proses penempelan embrio. Karenanya, kram perut sebagai tanda hamil biasanya muncul berbarengan dengan flek darah.

Perbedaan kram perut yang terjadi saat hamil dan menstruasi terletak pada intensitas dan lokasi sakitnya. Kram perut sebagai tanda hamil cenderung tidak terlalu parah dibandingkan kram menstruasi.

Gejala ini bisa muncul segera setelah ovulasi dan mereda dalam hitungan jam. Sementara area perut yang kram terpusat di satu titik saja. Misalnya, kalau Anda merasakan kram di perut kiri, berarti si embrio menempel di dinding rahim sisi kiri.

Berbeda dengan kram perut ketika menstruasi yang berlangsung selama berhari-hari dan terjadi di seluruh area perut.

7. Badan lemas dan gampang lelah

Jika Anda merasa lelah dan lemas, padahal sebelumnya tidak melakukan aktivitas berat, bisa jadi ini merupakan ciri-ciri hamil. Ibu hamil dapat mengalami kelelahan luar biasa walaupun usia kehamilannya baru 1 minggu.

Gejala ini wajar terjadi, dan kemungkinan besar akan berlangsung sampai menjelang persalinan. Hal tersebut disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron secara drastis yang mengubah metabolisme tubuh.

Ditambah lagi, sistem imun Anda otomatis akan dilemahkan oleh tubuh guna menjaga embrio tetap melekat di dinding rahim. Jika tidak dilemahkan, sistem kekebalan tubuh Anda akan menangkap embrio sebagai benda asing yang perlu dibasmi. Dampak dari melemahnya sistem imun ini adalah mudah lelah.

Rasa lelah juga menjadi hal yang lazim dialami pada masa kehamilan karena tubuh ibu akan bekerja lebih keras. Ibu hamil akan memerlukan energi lebih banyak untuk menunjang tumbuh kembang dan kesehatan janin di dalam kandungan. Makanya, ibu hamil sering disarankan untuk banyak beristirahat.

8. Nafsu makan naik-turun

Pada trimester awal, perubahan nafsu makan Anda mulai terlihat. Ada yang tidak selera makan karena morning sickness yang muncul menimbulkan gejala mual dan muntah. Tetapi, ada pula yang justru lebih nafsu makan karena tidak mengalami morning sickness.

Peningkatan nafsu makan wajar saja terjadi karena janin dalam kandungan sedang mengalami pertumbuhan. Jika sudah begini, ibu hamil disarankan untuk:

  • Banyak minum, sekitar 10 – 13 gelas sehari.
  • Makan makanan bernutrisi.
  • Meningkatkan frekuensi makan, tapi porsinya kecil saja.
  • Sering ngemil. Ingat, konsumsi camilan yang bergizi, misalnya buah atau kacang-kacangan matang.

Baca juga: Diet Sehat dan Tinggi Nutrisi untuk Ibu Hamil

9. Sakit pinggang

Hamil muda merupakan salah satu penyebab sakit pinggang. Ciri-ciri pinggang orang hamil adalah mengalami nyeri, yang tepatnya berpusat di bagian bawah punggung.Tanda-tanda hamil ini bisa terjadi akibat dampak dari kram implantasi, perut kembung, dan sembelit di awal masa kehamilan.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya konsultasi pada dokter. Nantinya dokter akan meresepkan obat untuk meredakan sakit pinggang.Selain itu, perlu untuk mengetahui perbedaan sakit pinggang haid dan hamil. Jaga posisi tidur ibu hamil di malam hari dengan benar agar mencegah sakit pinggang bertambah parah.

10. Keputihan

Keputihan sebagai tanda hamil ini tidak mengganggu dan tidak terasa nyeri ataupun gatal. Keputihan sebagai tanda hamil merupakan cara alami tubuh ibu untuk melindungi dan menjaga jalan lahir dari infeksi.

Seperti yang dituturkan oleh dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Tanda kehamilan awal lainnya seorang wanita mungkin mengeluhkan keputihan yang serupa cairan putih susu dari vaginanya. Ini disebabkan terjadinya penebalan dinding vagina, yang dimulai segera setelah adanya pembuahan. Peningkatan pertumbuhan sel yang melapisi vagina menyebabkan keluarnya cairan,”

Ia juga menambahkan bahwa keputihan ini dapat berlanjut selama kehamilan dan biasanya tidak berbahaya serta tidak perlu pengobatan.

Akan tetapi, Anda perlu mewaspadai keputihan yang muncul ternyata akibat infeksi. Segera hubungi dokter jika keputihan selama kehamilan memiliki ciri-ciri:

  • berwarna kekuningan atau kehijauan,
  • berbau tidak sedap, atau
  • muncul beserta gejala lain, seperti vagina gatal dan nyeri,
  • nyeri saat berkemih atau berhubungan seks, dan
  • demam.

“Tapi jika ada bau tidak sedap atau sensasi terbakar dan gatal, beri tahu dokter untuk diperiksa apakah ada infeksi jamur atau bakteri.” lanjut dr. Irma lagi.

Pastikan ke dokter kandungan

Bila Anda merasakan tanda-tanda kehamilan di atas, sebaiknya segera cek dengan test pack. Tingkat keakuratan alat ini cukup tinggi, yaitu sebesar 97%. Namun, kehamilan baru dapat terdeteksi secara akurat oleh alat setidaknya 10 hari setelah Anda telat haid. Gunakan alat sesuai instruksi pada kemasan untuk hasil yang akurat.

Waktu terbaik untuk memastikan kehamilan lewat test pack adalah pagi hari karena hormon HCG sedang tinggi-tingginya.

Jika hasil test pack menunjukkan Anda positif hamil, buat jadwal untuk periksa kandungan secara rutin dan bicarakan ciri-ciri hamil yang sudah dialami.

Sayangnya, sebagian besar tanda-tanda di atas tidak selalu menunjukkan bahwa Anda tengah hamil. Beberapa diantaranya mungkin merupakan gejala masalah kesehatan tertentu, bahkan ciri-ciri PMS. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perbedaan sakit pinggang haid dan hamil. Namun, tetap saja, bila Anda telat haid dan menyadari tanda-tanda hamil di atas, silahkan cek menggunakan test pack dan pastikan dengan dokter kandungan.

Anda ingin memenuhi kebutuhan nutrisi untuk si kecil selama hamil? Konsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold (Rp 510.865). Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah suplemen yang mengandung 17 nutrisi esensial untuk membantu memenuhi nutrisi ibu dan buah hati selama kehamilan hingga menyusui.

Suplemen ini dapat mendukung perkembangan bayi pada 1000 hari pertama kehidupan. Dosis disesuaikan berdasarkan kebutuhan ibu hamil dan menyusui di Indonesia. Dan dikenal sebagai odourless fish oil yang tidak berbau dan tidak mengakibatkan rasa mual.

Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan harga yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, dan Tokopedia. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

hatha yoga untuk kecantikan

Manfaat Hatha Yoga untuk Kecantikan dan Kesehatan Perempuan

Kesehatan Lainnya   18/12/2023
cara cepat hamil setelah menikah

Cara Cepat Hamil Setelah Menikah

Kesehatan Lainnya   14/12/2023

Penyebab Menguap dan Fakta-fakta yang Menarik Diketahui

Kesehatan Lainnya   11/12/2023
manfaat daun binahong merah untuk wajah

Mengenal Manfaat Daun Binahong Merah untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Kesehatan Lainnya   28/11/2023
efek bleaching rambut

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Seputar Efek Bleaching Rambut

Kesehatan Lainnya   26/11/2023