fbpx
BerandaVitamin & SuplemenManfaat Chondroitin untuk Radang Sendi

Chondroitin adalah komponen penyusun sendi yang secara alami terdapat di jaringan ikat manusia dan hewan. Zat ini menunjang fungsi dan kesehatan tulang rawan dengan menyerap air serta menahannya sehingga menjaga elastisitas tulang tersebut. Dalam bentuk suplemen, chondroitin terkenal memiliki manfaat untuk meredakan nyeri sendi pada penderita osteoarthritis.

Manfaat Chondroitin untuk Radang Sendi

Peran chondroitin dalam mengurangi gejala osteoarthritis

Penelitian menunjukkan bahwa chondroitin memiliki sifat anti peradangan dan telah lama digunakan sebagai suplemen alami untuk menghambat terjadinya penguraian kolagen serta enzim penyebab rusaknya tulang rawan sendi. Sebagai obat penyakit osteoarthritis, biasanya suplemen chondroitin dikombinasikan dengan temannya, yaitu glucosamine. Sudah banyak studi yang meneliti efektivitas chondroitin untuk pengobatan osteoarthritis dan hasilnya pun beragam.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa chondroitin mampu meredakan gejala nyeri sendi dan kebutuhan untuk mengonsumsi obat pereda sakit, serta meningkatkan pergerakan sendi pada penderita osteoarthritis. Namun, tidak sedikit pula penelitian yang menunjukkan bukti yang kurang kuat terkait peran chondroitin terhadap osteoarthritis.

Selain untuk osteoarthritis, ternyata suplemen chondroitin juga banyak digunakan untuk membantu mengatasi gangguan jantung, osteoporosis, serta kolesterol tinggi. Chondroitin yang digunakan ini berfungsi mengurangi rasa nyeri dan berbentuk salep dengan kandungan chondroitin sulfat.

Apakah chondroitin bisa didapatkan dari makanan?

Secara alami, chondroitin terdapat pada jaringan hewan, khususnya di jaringan ikat. Tulang rawan hewan memiliki kadar chondroitin yang tinggi. Meskipun diekstrak dari sumber hewan, seperti tulang rawan sapi dan ikan hiu, kadar chondroitin dalam bentuk suplemen jauh lebih rendah daripada di sumber aslinya. Tapi jika ingin mengonsumsi suplemen, Jovee rekomendasikan Welmove 5 Kap – Suplemen Kesehatan dan Kelenturan Sendi (Rp18.606).

Seberapa banyak yang harus dikonsumsi?

Perlu diperhatikan bahwa informasi di bawah ini tidak bermaksud menggantikan resep dokter. Dosis chondroitin ini akan berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung usia, kondisi kesehatan, dan lain-lain. Oleh karena itu, sebaiknya diskusikan dahulu dengan dokter untuk mendapatkan manfaat chondroitin yang maksimal sesuai dengan kebutuhan. Untuk orang dewasa, dosis yang dianjurkan sebanyak:

  • 800 miligram dan dikonsumsi 2 – 3 kali setiap hari, atau
  • 1.200 mg untuk konsumsi satu sekali per harinya selama 3 tahun.
  • Khusus untuk orang dengan kondisi osteoarthritis: gunakan salep yang mengandung 50 mg/g chondroitin sulphate, 30 mg/g glucosamine sulphate, 140 mg/g tulang rawan, dan 32 mg/g camphor.

Konsumsi chondroitin bersamaan dengan obat-obatan lain berpotensi mengubah cara kerjanya sehingga tidak dapat bekerja maksimal, bahkan menimbulkan efek keracunan pada tubuh. Beberapa obat yang sebaiknya jangan dikonsumsi bersama chondroitin adalah:

  • Obat pengencer darah, contohnya warfarin.
  • Obat pereda nyeri, salah satunya NSAID.
  • Suplemen ginkgo biloba, bawang putih, dan tanaman saw palmetto.

Efek samping konsumsi chondroitin

Pada sebagian orang, konsumsi chondroitin bisa menyebabkan gejala sakit perut dan mual ringan. Selain itu, suplemen ini bisa juga menimbulkan efek samping:

  • perut kembung,
  • sakit perut, diare,
  • konstipasi,
  • sakit kepala,
  • rambut rontok hingga kebotakan, serta
  • ruam dan gatal-gatal pada kulit.

Chondroitin juga bisa mempengaruhi fungsi tubuh dalam mengontrol kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes atau gangguan hormon insulin. Bagi orang dengan alergi kerang, sebaiknya hati-hati ketika mengonsumsi suplemen ini. Suplemen chondroitin tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita asma dan kanker prostat sebelum konsultasi kepada dokter.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Ditulis oleh: Alifia Daariy

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

vitamin untuk mengecilkan kista ovarium

Mengenal Jenis-jenis Makanan, Suplemen, dan Vitamin untuk Mengecilkan Kista Ovarium

Vitamin & Suplemen   16/07/2023
vitamin untuk kebas dan kesemutan

Vitamin Untuk Kebas dan Kesemutan, Wajib Tahu Nih!

Vitamin & Suplemen   15/07/2023
vitamin untuk meningkatkan hormon testosteron

Jenis-jenis Vitamin untuk Meningkatkan Hormon Testosteron

Vitamin & Suplemen   14/07/2023
vitamin untuk kepala kliyengan

Vitamin untuk Kepala Kliyengan, Cewek-cewek Wajib Tahu!

Uncategorized   13/07/2023

Pilihan Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Menyusui

Vitamin & Suplemen   27/02/2023