fbpx

Manfaat Daun Kelor dan Cara Mengolahnya

by | Oct 5, 2020 | Makanan Sehat | 0 comments

Daun kelor adalah tanaman asli Asia yang juga tumbuh di India, Afrika, dan negara-negara beriklim tropis lain. Sejak dulu, tanaman ini telah digunakan sebagai obat herbal tradisional. Bagian-bagian tanaman Moringa oleifera dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diabetes, peradangan, nyeri sendi, penyakit jantung, bahkan  kanker. Daun kelor bisa dikonsumsi langsung ataupun dicampurkan ke dalam minuman, misalnya teh. Baik bentuk aslinya, suplemennya, ataupun teh daun kelor sama-sama dikatakan mempunyai manfaat untuk kesehatan. Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

 

Apa saja kandungan nutrisi dalam daun kelor?

Tanaman Moringa memiliki banyak vitamin dan mineral. Daun kelor mengandung vitamin C sebanyak 7 kali lebih besar daripada jeruk. Kandungan kalium pada kelor 15 kali lebih banyak dibandingkan buah pisang. 

Selain itu, Moringa pun mengandung protein, asam amino, kalsium, serta zat besi yang membangun otot dan membantu tubuh menyembuhkan diri. Daun kelor juga diperkaya oleh vitamin B2, B6, beta karoten, magnesium, serta quercetin dan Chlorogenic acid yang bertindak sebagai antioksidan.

Tumbuhan ini bisa Anda temukan dalam bentuk suplemen, baik bubuk maupun kapsul. Meski begitu, nutrisi terbaik dan terbanyak akan Anda dapatkan hanya dari tanaman aslinya.

Karena berbagai zat gizi yang terkandung di dalamnya, daun kelor memang diyakini punya banyak khasiat. Namun, Moringa pun disebut-sebut memiliki zat antinutrien, bernama zat fitat, yang cukup tinggi. Antinutrien tersebut diduga bisa mengurangi penyerapan mineral dan protein.

Menurut Kelvin Halim, nutrisionis Jovee, zat fitat juga terdapat pada beberapa kacang-kacangan dan padi-padian serta sayuran berdaun hijau tua. Biasanya zat fitat akan hilang setelah bahan makanan tersebut direndam dengan air panas dalam waktu lama, difermentasikan, dan dimasak hingga matang.

 

Bagaimana cara mengolah daun kelor?

cara-membuat-teh-daun-kelor

Di Indonesia sendiri, daun kelor sering kali diolah menjadi masakan seperti lalapan, sup bening, sayur tumis, nugget, bahkan rolade. Anda pun dapat merebus daun kelor bersama air putih matang dan meminumnya. Tapi ingat, sebaiknya Anda tidak merebus daun kelor terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

Cara lain mengolah daun tanaman ini adalah mengeringkannya dan mencampurkannya dengan teh. Cari tanaman kelor segar dan pisahkan daun dari batangnya. Lalu, cuci atau rendam daun kelor tanpa batang dalam air bersih dan keringkan. Selanjutnya, letakkan daun di nampan bersih dan simpan di udara terbuka, bukan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Setelah itu, tumbuh atau blender sampai halus dan masukkan ke dalam wadah khusus. Anda tinggal mencampurkan bubuk daun kelor ini dengan teh, dan menambahkan madu supaya rasanya lebih manis.

Namun, Anda sebaiknya tidak membuat bubuk daun kelor terlalu banyak. Pasalnya, bubuk kelor ini tidak menggunakan pengawet sehingga tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama. Anda pun perlu meletakkan bubuk daun kelor di tempat yang sejuk.

Untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan kulit wajah, Anda bisa mengolah daun kelor menjadi masker. Cara mengolah daun kelor sebagai masker pun mudah. Anda cukup menghaluskan daun kelor yang masih segar. Kemudian tambahkan madu, oleskan ke wajah, dan diamkan selama 15 – 20 menit.

 

Apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan?

Antioksidan pada daun kelor mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, senyawa antioksidan pun dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Ada pula bukti ilmiah yang menyatakan bahwa antioksidan daun kelor bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta mengurangi jumlah lemak tubuh.

Quercetin merupakan senyawa yang bertanggung jawab dalam menurunkan dan mengontrol tekanan darah tinggi. Sementara chlorogenic acid yang juga ditemukan pada kopi, dapat menjaga kadar gula darah setelah makan. Adapun sejumlah manfaat daun kelor lainnya, antara lain:

 

1. Menangkal radikal bebas

Salah satu manfaat daun kelor yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu adalah melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul jahat yang bisa memicu penuaan dini dan kerusakan organ tubuh. Pada gilirannya, molekul ini dapat meningkatkan risiko penyakit kronis. 

Daun kelor kaya akan antioksidan yang bisa mengikat radikal bebas sebelum diserap dan masuk ke dalam sel tubuh Anda. Secara tidak langsung, memperbanyak konsumsi makanan atau minuman tinggi antioksidan, misalnya teh daun kelor, dapat membantu mencegah kemungkinan penyakit kronis.

 

2. Menjaga kadar gula darah

Beberapa studi terdahulu menunjukkan protein mirip insulin yang terdapat dalam daun Moringa bisa menurunkan kadar gula darah. Ya, antioksidan pada daun kelor akan membantu tubuh menggunakan gula dengan lebih baik. Hal tersebut otomatis memengaruhi kemampuan tubuh dalam menghasilkan hormon insulin. 

Sebuah penelitian kecil terhadap 6 orang yang menderita diabetes membuktikan pemberian 50 gram daun Moringa pada makanan dapat menurunkan kadar gula darah hingga 21%..

Riset lain yang dilakukan terhadap 30 orang wanita menemukan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh atau sekitar 7 gram bubuk daun kelor setiap hari, selama 3 bulan, mampu mengurangi kadar gula darah sebesar 13,5%.

Para ahli percaya, manfaat daun kelor untuk kesehatan yang satu ini berkat senyawa tanaman yang dikandungnya, seperti isothiocyanates.

 

3. Meredakan peradangan

Peradangan ialah respons alami tubuh terhadap infeksi patogen dan luka atau cedera fisik. Pada saat yang sama, inflamasi yang terjadi dalam waktu yang lama bisa menjadi faktor risiko berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Contohnya saja, penyakit jantung dan kanker.

Para ahli meyakini bahwa isothiocyanates merupakan senyawa antiinflamasi yang terkandung dalam daun dan biji Moringa. Untuk meredakan berbagai peradangan, Anda bisa menyeduh daun kelor, yang juga kaya akan senyawa quercetin ini, dengan teh atau air panas. Daun kelor juga bisa dijadikan sayur atau dikonsumsi langsung.

 

4. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi berisiko menyebabkan penyakit jantung. Sementara, salah satu manfaat daun kelor bagi kesehatan adalah menyeimbangkan kadar kolesterol. Studi yang dimuat dalam Journal of Ethnopharmacology membuktikan bahwa daun kelor bisa menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL).

 

5. Melawan infeksi

Berdasarkan sebuah penelitian dalam Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, daun kelor mampu melawan pertumbuhan virus atau bakteri penyebab infeksi dalam tubuh Anda. Ini karena pohon kelor berfungsi sebagai agen antimikroba yang cukup ampuh.

 

6. Mencegah penyakit hati

Sebuah penelitian di laboratorium yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention mengungkap bahwa daun kelor bisa menjaga kesehatan hati Anda. Salah satu gangguan yang paling sering dialami organ liver adalah fibrosis, yang berarti kerusakan jaringan. 

Nah, daun kelor dikatakan mampu memperbaiki jaringan yang rusak dan luka pada organ hati. Rutin mengonsumsi daun kelor pun diduga bisa mencegah kerusakan jaringan hati berkembang jadi sirosis alias gagal hati.

 

7. Membantu mencegah pertumbuhan sel kanker

Studi pada tahun 2014 menyimpulkan bahwa dengan rutin mengonsumsi daun kelor bisa memicu produksi jenis enzim tertentu dalam tubuh Anda. Enzim tersebut berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh Anda dari zat karsinogen penyebab kanker. Dengan begitu, risiko pertumbuhan sel kanker dalam tubuh pun dapat ditekan.

Dilansir juga dari laman WebMD, sebuah percobaan di laboratorium menunjukkan ekstrak daun kelor mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker pankreas. Disamping itu, ekstrak tumbuhan tersebut juga tampaknya dapat meningkatkan kinerja kemoterapi kanker.

Uji laboratorium lainnya menemukan adanya efek antikanker pada kulit pohon, daun, serta akar Moringa. Bahkan peneliti percaya bahwa tanaman tersebut dapat menjadi obat alternatif. Walau begitu, masih diperlukan bukti ilmiah kuat terkait efektivitas daun kelor ini.

 

8. Memelihara kesehatan kulit wajah

Khasiat satu ini tidak kalah penting dengan berbagai manfaat daun kelor untuk kesehatan di atas. Daun tanaman moringa kerap dijadikan bahan utama produk perawatan wajah. Efek positif ini hadir berkat kandungan vitamin A, yang merupakan asal dari retinol. Bentuk aktif dari vitamin A tersebut memang sudah dikenal sebagai rahasia kulit tampak awet muda dan bercahaya. 

Guna mendapatkan efeknya, Anda bisa menggunakan ekstrak daun ini sebagai masker wajah. Saat Anda memakainya langsung di kulit, vitamin A menunjang perbaikan sel-sel kulit dengan cepat. Masker daun kelor akan membantu mengatasi serta mempercepat penyembuhan jerawat, menyamarkan noda hitam, dan mengurangi kerutan halus di wajah—berkat si retinol tersebut.

Masker daun kelor bertindak sebagai antimikroba yang mampu meredakan peradangan akibat bakteri—alias jerawat. Zat antimikroba tersebut dapat menenangkan kulit wajah, dan pada akhirnya menghaluskan teksturnya.

Meskipun kaya akan vitamin dan mineral, konsumsilah daun kelor sewajarnya. Pilihlah daun kelor yang masih segar dan berwarna hijau, serta masaklah hingga matang.

Baca juga:

Cegah Defisiensi Vitamin C dengan Konsumsi Buah dan Sayur Ini

10 Buah dan Sayuran yang Kaya Antioksidan

9 Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan

Itulah sederet manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda peroleh. Meski kebanyakan khasiat di atas belum terbukti dengan kuat, sah-sah saja kalau Anda ingin mengonsumsinya. Tapi ingat, sebelum Anda meminum kelor dalam bentuk suplemen, konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli gizi.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

 

Ditulis oleh: Alifia Daariy

 

Referensi:

Atli A. (Healthline). 2018. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera.

WebMD. 2019. Health Benefits of Moringa.

Razis, Ahmad FA. 2014. Health Benefits of Moringa oleifera. Asian Pacific Journal of Cancer Prevention. 15(20): 8571-8576.

ELLE. 2019. 4 Reasons Why You Should Be Putting Moringa On Your Face (And Everywhere Else) ASAP.

Brands