fbpx
BerandaKesehatan LainnyaMengenal Kondisi Kesehatan dari 9 Warna Lidah

Tahukah kamu warna lidah bisa menunjukan kondisi kesehatan tubuh? Warna lidah yang normal menunjukkan warna merah muda, dengan tonjolan papila (bintik-bintik lidah) yang normal. Perubahan warna dan kondisi papila dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan pada tubuh.

warna-lidah-normal

Makanya, penting untuk mengenali warna lidah dan kondisi yang mendasarinya. Yuk simak macam-macam warna lidah dan penjelasannya di bawah ini!

1. Lidah berwarna merah muda

Meski warna lidah setiap orang berbeda, umumnya ciri-ciri warna lidah yang normal dan sehat adalah warna merah muda. Lidah yang sehat juga bisa memiliki lapisan tipis putih di permukaannya. Selain itu, kondisi papila yang normal juga menunjukkan kondisi lidah yang sehat.

2. Lidah berwarna putih

Apakah bercak putih pada warna lidah termasuk normal? Umumnya, lidah berwarna putih bukanlah kondisi yang berbahaya. Biasanya, perubahan warna lidah normal ini sering berkaitan dengan kebersihan mulut. Bakteri, jamur, kotoran, makanan, dan sel mati dapat terperangkap di antara papila yang membesar. Kotoran yang terkumpul inilah yang membuat lidahmu jadi berwarna putih.

Dilansir dari Healthline, sejumlah hal berikut bisa menjadi penyebab kondisi ini.

  • Menyikat gigi dan lidah yang kurang bersih
  • Mulut kering
  • Bernapas melalui mulut
  • Dehidrasi
  • Konsumsi banyak makanan lembut
  • Demam, terutama demam tifoid
  • Merokok dan konsumsi alkohol

Hanya saja, pada beberapa kasus gejala ini dapat menandakan kondisi yang lebih serius. Misalnya, infeksi lidah atau merupakan gejala awal kanker. Selain itu, penyakit lain seperti leukoplakia dan ruam lichen planus juga bisa menjadi penyebab lidah berwarna putih.

3. Lidah berwarna hitam

Lidah berwarna coklat tua ataupun kehitaman menandakan kebiasaan yang tidak sehat, seperti merokok. Penumpukan keratin bisa menjadi penyebab kondisi ini. Menurut Genetic and Rare Diseases Information Center, penumpukan keratin dan gangguan pergantian sel dapat sebabkan lidah jadi menghitam dan berbulu.

Beberapa faktor yang bisa menimbulkan gangguan ini di antaranya:

  • Kebersihan mulut yang buruk
  • Merokok
  • Terapi radiasi pada area kepala dan leher
  • Kebiasaan minum kopi
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antiobiotik dan steroid

Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah hitam bisa menunjukkan kondisi yang lebih serius, seperti tanda penyakit diabetes, HIV, hingga kanker.

4. Lidah berwarna ungu

Lidah yang berubah warna menjadi keunguan dapat menandakan sirkulasi darah yang tidak baik (statis atau berhenti) atau bisa berkaitan dengan kondisi jantung. Menurut Department of Health and Human Services, lidah yang keunguan juga dapat menjadi gejala dari penyakit Kawasaki, penyakit langka yang sebabkan peradangan di pembuluh darah. Selain itu, lidah keunguan juga menjadi salah satu tanda dari penyakit kanker ovarium.

5. Lidah berwarna merah

Lidah juga bisa berwarna merah dengan tekstur licin (akibat hilangnya papil lidah). Kalau kamu alami hal ini, bisa jadi kamu kekurangan vitamin B, zat besi, ataupun asam folat.

Selain itu, perubahan warna lidah normal menjadi merah ini juga bisa menandakan reaksi alergi terhadap obat atau makanan. Pada kasus yang lebih serius, lidah merah merupakan gejala dari glositis, radang lidah dan juga penyakit Kawasaki.

6. Lidah berwarna abu-abu

Menurut National Organization for Rare Disorders, suatu kondisi yang disebut ‘Lidah Geografis’ dapat menimbulkan bintik putih keabuan di lidah. Garis-garis putih akan berkembang dari bintik-bintik ini, yang terlihat seperti peta di lidah.

Eksim juga dapat menyebabkan perubahan warna lidah menjadi keabuan. Studi tahun 2017 yang melibatkan 200 orang penderita eksim menunjukkan bahwa 43.5% peserta memiliki lidah yang berwarna abu-abu atau pucat.

7. Lidah berwarna kuning

Warna lidah yang tidak normal lainnya adalah lidah berwarna kuning. Biasanya, hal ini disebabkan oleh pertumbuhan bakteri dan jamur. Kebersihan mulut yang buruk dan mulut kering dapat memicu pertumbuhan bakteri yang berlebihan di lidah.

Pada kasus yang jarang terjadi, kondisi kesehatan seperti diabetes dan penyakit kuning juga bisa menyebabkan lidah berubah warna menjadi kuning.

8. Lidah berwarna hijau

Kebersihan mulut berperan besar dalam pertumbuhan bakteri. Sama halnya seperti lidah kuning dan putih, lidah yang berwarna hijau umumnya disebabkan oleh peradangan pada papil lidah atau pertumbuhan bakteri dan jamur yang berlebihan.

9. Lidah berwarna biru

Kamu pernah alami lidah kebiruan? Lidah yang berwarna biru menandakan kurangnya oksigen dalam darah. Kondisi juga bisa mengindikasikan bahwa adanya:

  • Kelainan darah
  • Penyakit pembuluh darah dan jantung
  • Penyakit ginjal

Tingkat oksigen yang rendah dalam darah merupakan kondisi gawat darurat dan membutuhkan pertolongan medis segera. Selain kekurangan oksigen, eksim juga menjadi kemungkinan penyebab lain dari lidah biru.

Beberapa penyebab berubahnya warna lidah yang normal disebabkan oleh pertumbuhan bakteri dan kebiasaan hidup yang tidak sehat. Jagalah kebersihan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari, serta berkumur setelah makan dan sebelum tidur.

Demikianlah penjelasan mengenai macam warna lidah dan kondisi yang mendasarinya. Cek artikel seputar kesehatan lainnya hanya di Jovee, pusat vitamin harian personalmu. Follow juga media sosial Jovee, @jovee.id di Instagram dan Tiktok untuk dapatkan promo menarik dan informasi kesehatan lainnya.

Apa Itu Jovee?

Jovee adalah pusat suplemen dan vitamin yang menawarkan produk original, lengkap, dengan harga yang murah. Kamu bisa temukan vitamin dan suplemen berdasarkan kebutuhan nutrisi tubuh dengan hargavti yang lebih murah dan gratis ongkir.

Setiap vitamin dan suplemen yang dijual di Jovee telah mendapatkan nomor BPOM, sehingga dijamin keaslian produknya. Jovee menawarkan pengalaman beli vitamin dan skincare yang mudah, hemat, dan gratis ongkir.

Kamu bisa membeli vitamin dan kebutuhan kesehatan melalui Jovee Official Store di Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Nikmati belanja lebih mudah, promo lebih banyak, serta gratis ongkir hanya di Jovee Official Store melalui platform e-commerce ternama dan terbesar di Indonesia.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

pakai-koyo-saat-hamil

Bolehkah Pakai Koyo Saat Hamil?

Kesehatan Lainnya   29/08/2022
ciri-ciri-jerawat-akan-sembuh

Seperti Apa Ciri-ciri Jerawat Akan Sembuh?

Kesehatan Lainnya   26/08/2022
sakit-kepala-di-bagian-belakang

Sakit Kepala Bagian Belakang: Penyebab & Cara Mengatasi

Kesehatan Lainnya   24/08/2022
mimisan-saat-hamil

Sering Mimisan Saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kesehatan Lainnya   23/08/2022
toxic-relationship-adalah

Kenali Penyebab Utama dan Cara Penularan HIV/AIDS

Kesehatan Lainnya   22/08/2022