fbpx
BerandaMakanan SehatMenthol: Manfaat dan Cara Konsumsinya

Menthol adalah salah satu senyawa kimia yang sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat. Senyawa menthol ini terdapat di dalam daun mint yang memiliki nama latin Mentha arvensis. Dari daun mint tersebut bisa didapatkan kristal menthol secara alami.

manfaat-mentol

Kegunaan menthol crystal atau daun mint itu pun telah banyak diaplikasikan dalam berbagai produk makanan. Karena itu pula, banyak dari kita yang mengira kalau menthol hanya digunakan pada makanan saja. Nyatanya, efek positif dari senyawa menthol juga sering dimanfaatkan pada produk kosmetik. Sensasi dingin, menyegarkan, dan beraroma segar saat digunakan membuatnya laris dijadikan sebagai bahan produk kecantikan.

Produk-produk yang umumnya menggunakan bahan menthol di antaranya:

  • Makanan dan minuman
  • Kosmetik
  • Salep
  • Balsem
  • Krim obat
  • Lozenge atau tablet hisap
  • Pasta gigi
  • Obat kumur
  • Permen karet
  • Semprotan kaki
  • Produk pereda nyeri
  • Sampo
  • Minyak angin
  • Gel pendingin

Manfaat Menthol untuk Kesehatan

Senyawa menthol sangat umum dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi gangguan pada kesehatan. Kamu tentu sering menemukan produk kesehatan, baik berbentuk obat minum, oles, hingga obat tempel (koyo) yang mengandung senyawa menthol. Hal ini dikarenakan menthol memiliki beragam manfaat untuk kesehatan seperti di bawah ini.

1. Mengatasi Bau Mulut

Salah satu manfaat senyawa menthol adalah untuk mengatasi bau mulut dan membuat mulut menjadi lebih segar. Oleh karenanya, banyak produk perawatan gigi dan mulut berbentuk pasta gigi hingga obat kumur yang mengandung senyawa menthol.

Hal ini dikarenakan menthol punya efek menyegarkan untuk mulut dan memiliki aroma manis yang khas. Kamu juga dapat mengatasi hal ini dengan mengkonsumsi tablet hisap dengan aroma menthol seperti INTERLAC PRO D TABLET HISAP – Tablet Probiotik Untuk Kesehatan Rongga Mulut dan Tenggorokan (Rp406.000).

2. Mengatasi Keseleo dan Nyeri

Senyawa menthol banyak ditemukan di dalam produk-produk koyo ataupun salep yang difungsikan untuk meredakan rasa nyeri di persendian dan otot hingga keseleo.

Senyawa menthol memang memiliki kemampuan meredakan rasa sakit maupun keseleo dan nyeri di bagian otot serta persendian. Selain itu, senyawa menthol ternyata juga dapat meredakan memar hingga kram pada tubuh.

3. Meredakan Hidung Tersumbat dan Pilek

Obat yang mengandung senyawa menthol biasanya ditujukan sebagai pereda hidung tersumbat dan juga pilek. Obat ini umumnya tersedia dalam bentuk permen atau lozenge yang dapat dikonsumsi setiap tiga jam sekali setiap hari. Untuk menambah manfaatnya sebagai pereda hidung tersumbat, biasanya obat ini akan dicampurkan dengan minyak eucalyptus atau minyak kayu putih.

4. Melancarkan Saluran Pencernaan

Gangguan saluran pencernaan seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS) dengan gejala seperti sakit perut, gas, kembung, dan perubahan kebiasaan buang air besar dapat dibantu dengan minyak menthol. Zat kimia minyak menthol yang dihasilkan oleh peppermint dapat digunakan sebagai anti-spasmolitik, antiinflamasi, dan antibakteri. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh bagian Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung menunjukkan bahwa menthol dapat menghambat komponen-komponen inflamasi sehingga dapat dikatakan bahwa menthol memiliki efek antiinflamasi.

5. Kaya Antioksidan

Daun mint memiliki kadar antioksidan yang tinggi yang bermanfaat bagi perlindungan tubuh dari stress oksidatif. Stres yang dimaksud dikarenakan adanya kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, kandungan alkohol perillyl pada daun mint juga dianggap mampu mencegah dan memberhentikan penyebaran sel kanker pada tubuh.

Manfaat Senyawa Menthol pada Kosmetik

Senyawa menthol adalah bagian yang lazim digunakan dan sangat berperan dalam berbagai produk kosmetik. Hal ini dikarenakan efek pendinginan dari menthol yang sangat baik untuk kulit. Selain itu, senyawa menthol ternyata juga memiliki banyak kegunaan pada kosmetik, seperti berikut ini:

1. Meredakan Iritasi

Senyawa menthol dengan efek pendingin yang sangat baik untuk kulit ternyata juga dapat meredakan rasa sakit akibat iritasi di kulit. Hal ini berkat sensasi dingin dan menenangkan dari senyawa menthol. Untuk itu, senyawa menthol sangat umum ditemukan pada produk kosmetik untuk meredakan kulit meradang akibat jerawat ataupun masalah kulit lainnya.

2. Meredakan Rasa Gatal dan Terbakar

Efek menenangkan dan juga sensasi mendinginkan yang dimiliki senyawa menthol membuatnya sering diaplikasikan sebagai komponen tambahan dari produk kosmetik yang berguna untuk meredakan efek terbakar di kulit. Sun burning atau rasa panas akibat kulit terpapar sinar matahari terus-menerus dapat ditenangkan dengan menggunakan produk yang memiliki senyawa menthol.

Senyawa menthol juga umum ditemukan pada produk-produk krim atau salep yang berguna untuk mengurangi rasa gatal. Hal ini karena efek dingin yang kuat membuatnya dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gatal-gatal di kulit.

3. Menghilangkan Komedo

Komedo adalah salah satu masalah pada wajah yang sangat mengganggu. Pasalnya, komedo menyumbat pori-pori kulit dan sangat mungkin menyebabkan timbulnya jerawat di kemudian hari. Untuk mengangkat komedo, baik komedo hitam blackhead ataupun komedo putih whitehead, dapat menggunakan produk skincare yang mengandung senyawa menthol.

4. Manfaat Menthol untuk Mengurangi Bintik Hitam

Bintik hitam pada kulit dapat muncul baik dikarenakan paparan sinar matahari terus-menerus ataupun disebabkan oleh penuaan. Tanda-tanda penuaan bintik hitam di kulit wajah akan sangat mengganggu penampilan. Senyawa menthol memiliki kemampuan untuk mengurangi bintik hitam pada kulit baik karena paparan sinar matahari ataupun karena penuaan.

Untuk mencerahkan kulit dan melawan hiperpigmentasi, Anda juga dapat mencoba konsumsi Flourish Skin (Rp219.000) dari Jovee. Flourish Skin adalah paket lengkap 30 hari berisi vitamin E sangat baik untuk kulit karena dapat membantu menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam vitamin E dapat membantu mencegah penuaan sel dan kulit.

Dilengkapi dengan Evening Primrose Oil (EPO) yang dapat membantu melembabkan, mencerahkan kulit. Selain itu EPO juga bermanfaat dalam hiperpigmentasi serta menutrisi kuku. Evening Primrose juga dipercaya dapat mengobati jerawat sekaligus dapat mengurangi eksim. Paket ini diformulasikan khusus untuk kamu yang membutuhkan nutrisi ekstra untuk kulitmu agar tetap sehat.

5. Penyegar Kulit Wajah dan Penahan Minyak Berlebih

Zat kimia menthol memiliki sifat antiseptik dan juga antiradang. Sifat antiseptik dan anti radang yang terkandung pada pembersih muka dapat membantu menyegarkan kulit muka serta mengurangi produksi minyak berlebih. Dengan berkurangnya minyak berlebih pada wajah, maka wajah akan terhindar dari timbulnya jerawat.

Cara Penggunaan Menthol

2_khasiat_menthol

Senyawa menthol tersedia dalam berbagai bentuk di pasaran. Umumnya, obat ini dimanfaatkan sebagai campuran obat-obatan lainnya dalam bentuk koyo atau patch, obat oles atau salep, hingga obat oral untuk diminum.

Kamu dapat menemukan senyawa menthol di dalam tablet maupun sirup. Khusus untuk obat oles dan obat koyo, jauhi area kulit terbuka seperti luka karena bahaya yang mungkin ditimbulkannya.

Di sisi lain, jangan pernah gunakan menthol dalam bentuk kristal secara langsung ke kulit. Kegunaan menthol crystal hanya bisa didapatkan ketika sudah diolah dengan bahan lainnya dalam sebuah produk. Penggunaan secara langsung, baik itu di kulit atau konsumsi langsung, dapat menyebabkan iritasi.

Pemakaian menthol crystal dalam produk akhir pun tidak boleh melebihi 2% pada makanan dan 5% pada obat oles atau topikal. Sebab, menthol kristal merupakan bahan terkonsentrasi, yang hanya memerlukan sedikit dari sebagian besar porsinya.

Cara melarutkan menthol kristal mudahnya dilakukan dengan memasukkannya ke dalam alkohol atau minyak esensial. Kedua cairan tersebut akan dengan cepat menghancurkan menthol kristal tersebut. Cara melarutkan menthol kristal juga bisa melalui medium air yang telah dipanaskan. Menthol kristal dapat meleleh secara sempurna pada suhu 44ºC.

Efek dingin dan menyegarkan merupakan kelebihan dari menthol yang sering digunakan dalam banyak produk. Manfaat menthol ini pun bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai pengobatan masalah kulit seperti iritasi dan luka bakar hingga mengatasi bau nafas serta hidung yang pilek.

Mulai Hidup Sehat dan Bahagia Bareng Jovee

Ingin gaya hidup sehat dengan suplemen yang cocok denganmu? Unduh aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan dapatkan vitamin personalmu! Dengan Jovee, kamu juga bisa melihat rekomendasi suplemen dari tim nutrisionis Jovee. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

buah-jujube-adalah

Buah Jujube, Buah Merah Kaya Manfaat untuk Kesehatan

Makanan Sehat   17/11/2022
manfaat-sirih-cina

6 Manfaat Sirih Cina untuk Kesehatan

Makanan Sehat   15/11/2022
contoh-makanan-vegetarian

7 Contoh Makanan Vegetarian untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Makanan Sehat   04/10/2022
hari-vegetarian-sedunia

Hari Vegetarian Sedunia: Yuk, Kenali Apa Itu Vegetarian!

Makanan Sehat   01/10/2022
manfaat-temu-ireng

7 Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan

Makanan Sehat   30/06/2022