fbpx

Menthol: Manfaat bagi Kesehatan dan Cara Memanfaatkannya

by | Apr 22, 2020 | Vitamin & Suplemen | 0 comments

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S.Gz.

Menthol merupakan salah satu senyawa kimia yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Banyak orang yang menghubungkan antara mentol dan juga daun mint. Nyatanya, senyawa mentol memang terdapat di dalam daun mint seperti yang memiliki nama latin Mentha arvensis. Dari daun mint Mentha arvensis umumnya bisa didapatkan kristal mentol secara alami.

Senyawa mentol banyak dimanfaatkan di berbagai produk konsumsi. Mungkin selama ini banyak dari kita yang mengira mentol hanya digunakan pada makanan saja, nyatanya senyawa mentol banyak digunakan pada produk lainnya seperti minuman, rokok, obat hingga produk kecantikan seperti kosmetik. Efeknya yang dingin saat digunakan membuatnya menjadi idaman pada produk kosmetik

Manfaat Menthol untuk Kesehatan

Senyawa mentol sangat umum dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi gangguan pada kesehatan. Anda tentu sering menemukan produk kesehatan baik berbentuk obat minum, oles hingga obat tempel (koyo) mengandung senyawa mentol. Hal ini dikarenakan mentol memang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini.

1. Mengatasi Bau Mulut

Salah satu manfaat senyawa mentol adalah untuk mengatasi bau mulut dan membuat mulut menjadi lebih segar. Oleh karenanya Anda sering menemukan produk perawatan gigi dan mulut baik berbentuk pasta gigi hingga obat kumur yang mengandung senyawa mentol. Hal ini dikarenakan mentol memiliki efek menyegarkan ke dalam organ mulut dan memiliki aroma manis yang khas.

2. Mengatasi Keseleo dan Nyeri

Senyawa mentol banyak ditemukan di dalam produk-produk koyo ataupun salep yang difungsikan untuk meredakan rasa sakit berupa nyeri persendian dan otot hingga keseleo. Senyawa mentol memang memiliki kemampuan sebagai pereda rasa sakit seperti keseleo dan juga nyeri otot dan persendian. Selain itu, senyawa mentol ternyata juga mampu meredakan memar dan juga kram pada tubuh.

3. Meredakan Hidung Tersumbat dan Pilek

Obat yang mengandung senyawa mentol biasanya ditujukan sebagai Pereda hidung tersumbat dan juga pilek. Obat ini umumnya tersedia dalam bentuk permen atau lozenge yang dapat dikonsumsi setiap tiga jam sekali setiap hari. Untuk menambah manfaat obat ini sebagai pereda hidung tersumbat, biasanya obat ini akan dicampurkan dengan minyak eucalyptus atau minyak kayu putih.

Manfaat Senyawa Menthol pada Kosmetik

Senyawa menthol sangat berperan di dalam berbagai produk kosmetik karena memiliki efek pendinginan yang sangat baik untuk kulit. Selain itu, senyawa mentol ternyata juga memiliki banyak kegunaan pada kosmetik seperti berikut ini:

1. Meredakan Iritasi

Senyawa mentol yang memiliki efek pendinginan yang sangat baik ke kulit ternyata juga sangat baik untuk menenangkan rasa sakit akibat iritasi di kulit. Hal ini berkat kemampuan pendinginannya dan menenangkan yang dimiliki oleh senyawa mentol. Untuk itu senyawa mentol sangat umum ditemukan pada produk kosmetik untuk meredakan kulit meradang akibat jerawat ataupun masalah kulit lainnya.

2. Meredakan Rasa Gatal dan Terbakar

Efek menenangkan dan juga sensasi mendinginkan yang dimiliki oleh senyawa mentol membuatnya sangat umum digunakan sebagai senyawa tambahan dari produk kosmetik yang berguna untuk meredakan efek terbakar di kulit. Sun burning atau rasa panas akibat kulit terpapar sinar matahari terus-menerus dapat ditenangkan dengan menggunakan produk yang memiliki senyawa mentol.

Senyawa mentol juga umum ditemukan pada produk-produk krim atau salep yang berguna untuk mengurangi rasa gatal. Hal ini karena efek dinginnya yang kuat membuatnya dapat berguna untuk mengurangi rasa gatal di kulit.

3. Menghilangkan Komedo

Komedo adalah salah satu masalah pada wajah yang sangat mengganggu. Pasalnya, komedo menyumbat pori-pori kulit dan sangat mungkin menyebabkan timbulnya jerawat di kemudian hari. Untuk mengangkat komedo baik komedo hitam blackhead ataupun komedo putih whitehead dapat menggunakan produk skincare yang mengandung senyawa mentol.

4. Mengurangi Bintik Hitam

Bintik hitam pada kulit dapat muncul baik dikarenakan oleh paparan sinar matahari terus-menerus ataupun disebabkan oleh penuaan. Tanda-tanda penuaan bintik hitam di kulit wajah akan sangat mengganggu penampilan. Senyawa menthol memiliki kemampuan untuk mengurangi bintik hitam pada kulit baik karena paparan sinar matahari ataupun karena penuaan. 

Cara Penggunaan Menthol

Senyawa mentol tersedia dalam berbagai bentuk di pasaran. Umumnya, obat ini dimanfaatkan sebagai campuran obat-obatan lainnya dalam bentuk koyo atau patch, obat oles atau salep hingga obat oral untuk diminum. Anda dapat menemukan senyawa mentol di dalam tablet maupun sirup. Khusus untuk obat oles dan obat koyo, jauhi area terbuka pada kulit karena akan sangat berbahaya.

Mulai Hidup Sehat Dengan Jovee

Jovee merupakan aplikasi kesehatan pribadi yang dapat diunduh dan diinstal melalui smartphone Anda. Berbagai tips hingga rekomendasi suplemen bisa Anda dapatkan di sini termasuk produk suplemen yang mengandung senyawa menthol. Membeli produk suplemen di Jovee juga sangat mudah. Saat Anda sudah menginputkan data riwayat penyakit dan biodata, maka Jovee akan memberikan saran suplemen. Tinggal klik saja paket yang tersedia.

Reference: 

Menthol | C10H20O

Menthol – an overview

Brands