fbpx
BerandaKesehatan LainnyaTradisi Valentine Unik dan Hadiah Valentine Sehat Buat Si Dia

Tiap tanggal 14 Februari, kita mengenal tradisi di mana orang-orang saling memberi hadiah Valentine spesial kepada yang mereka sayangi. Tradisi ini telah lama berlangsung dan diyakini dimulai pada tahun 1910 saat sebuah perusahaan Amerika mempopulerkan kartu ucapan Valentine. Hal ini pula yang kemudian diikuti oleh kebiasaan membagikan bunga, cokelat, dan benda romantis lainnya.

hadiah-valentine

Tradisi Hari Valentine

Meski tradisi bagi kado dan kartu ucapan disebut populer pada awal 1910, sesuai yang disebut laman Country Living, awal mula Valentine memiliki sumber yang berbeda. Kisah yang paling sering dikaitkan dengan peringatan Valentine berasal dari seorang yang dikenal sebagai St. Valentine. Meski begitu, kisah St. Valentine juga memiliki banyak versi.

Beberapa yang terkenal adalah tindakan diam-diamnya dalam menikahkan tentara Romawi di saat kerajaan tidak menyukai tentara yang punya istri. Hal ini mengakibatkan dirinya dihukum mati. Kisah lainnya juga menyebut Valentine sebagai seorang napi, yang sebelum kematiannya, menuliskan surat “From your Valentine” pada seorang gadis yang diduga anak sipir penjara.

Versi lainnya memercayai bila St. Valentine’s Day dirancang Paus Gelasius I untuk menggantikan festival kuno Romawi bernama Lupercalia. Festival tersebut dinilai brutal dan kejam karena di dalamnya mengandung pengorbanan hewan dan kegiatan mencambuk kaum hawa serta perjodohan yang dilakukan secara acak.

Kelamnya kisah di balik Valentine berangsur-angsur berubah menjadi sesuatu yang romantis. Kasih sayang menjadi tema utama dari orang-orang yang merayakannya. Di sisi lain, tidak semua tempat atau negara merayakan Valentine dengan sekedar memberi kartu ucapan, puisi, bunga, atau cokelat saja. Berikut beberapa tradisi berbeda di balik peringatan hari Valentine.

1. White Day dan Mie Hitam

Berbanding terbalik dengan Amerika Serikat, para cewek di Korea Selatan akan memberi dulu hadiah Valentine untuk cowok yang mereka sukai. Sebulan kemudian, cowok yang diberikan cokelat akan membalas dengan hadiah Valentine untuk cewek berupa permen.

Inilah yang disebut dengan White Day. Bagaimana dengan yang tidak mendapatkan cokelat sama sekali? Mereka akan berkumpul dengan temannya dan merayakan Black Day pada 14 April. Mereka memperingati dirinya yang single di hari tersebut dengan memakan mi hitam.

Tradisi Valentine dan White Day ini juga bisa ditemui di Jepang namun dengan sedikit perbedaan. Cewek akan memberikan cokelat kepada kolega atau teman kantornya sebagai tanda pertemanan, terima kasih, atau hutang budi. Cokelat ini disebut Giri Choco. Sedangkan, cewek akan memberi Honmei Choco kepada suami, pacar, atau gebetan sebagai bentuk pengakuan pada hari Valentine. Karena makna dalam yang dimilikinya, Honmei Choco biasanya dibuat sendiri oleh yang memberikannya.

Tentunya, cowok yang menerimanya akan membalasnya sebulan kemudian di White Day. Dan, cowok akan memberikan tambahan bunga sebagai tanda bahwa perasaan si cewek pemberi dibalasnya.

2. Tradisi Valentine untuk yang Berpasangan Saja

Tidak seperti kebanyakan tempat, hari Valentine di Italia hanya dirayakan mereka yang punya pasangan. Mereka yang merayakannya akan memberikan hadiah untuk pacar atau pasangan dengan sekotak cokelat. Cokelat tersebut biasanya berisi potongan hazelnut. Saat menukar cokelat, mereka juga akan menukar ciuman sebagai bagian dari tradisi.

3. Hari Cinta dan Pertemanan

Di Meksiko, tanggal 14 Februari tidak hanya jadi hari kasih sayang antara mereka yang punya pasangan. Sebab, waktu tersebut juga diperingati sebagai hari pertemanan. Baik itu teman atau pasangan, mereka sama-sama mendapat kado Valentine yang sama dan beragam, mulai dari balon, bunga, kartu ucapan, hingga boneka. Hal tersebut diyakini dapat mengusir kemandulan.

4. Valentine dan Babi

Jika hari Valentine identik dengan cokelat, beda halnya dengan Jerman. Hari Valentine dirayakan masyarakatnya dengan berbagi hadiah Valentine unik yang berkaitan dengan babi, entah itu dalam bentuk cokelat atau boneka.Alasan babi mewarnai hari Valentine di Jerman adalah karena binatang tersebut melambangkan keberuntungan dan nafsu. Di Jerman pula, hari Valentine hanya dirayakan khusus orang dewasa.

5. Hari Pernikahan Nasional

Mungkin Filipina jadi negara Asia yang paling meriah dalam merayakan hari Valentine. Sebab, banyak pasangan yang melangsungkan pernikahan di tanggal 14 Februari. Hal ini juga membuat acara pernikahan massal begitu populer di hari yang sama ini. Ratusan orang bisa terlihat memadati mal atau area publik lainnya untuk mengikrarkan janji suci mereka.

Rekomendasi Hadiah Valentine yang Unik dan Sehat

Memang sudah menjadi tradisi pula bagi orang-orang di sekitar kita untuk memberikan hadiah untuk pacar atau pasangan di hari Valentine ini. Namun, tidak hanya pasangan, kamu juga bisa membagikan hadiah untuk saudara, keluarga, atau teman di hari kasih sayang ini. Simak beberapa hadiah Valentine unik di bawah ini yang bisa jadi rekomendasimu di perayaan Valentine kali ini.

1. Buah Lapis Cokelat

Jika menurutmu memberi cokelat sebagai kado sudah biasa, cobalah mengombinasikannya dengan buah segar. Celupkan buah kesukaan pasanganmu ke dalam lelehan cokelat lalu bekukan di lemari es. Buah tentu merupakan makanan manis yang aman dan sehat bagi gigi atau bahkan pengidap diabetes.

Kandungan gula alami di dalamnya jadi alasan mengapa buah lebih baik dikonsumsi ketimbang makanan manis yang dijual di luar sana. Tapi, hal yang sama tidak berlaku pada buah kalengan ataupun jus buah yang diproduksi pabrik. Banyak dari produk tersebut telah ditambahkan pemanis dalam proses pembuatannya.

2. Tiket Pijat Berdua

Hadiah Valentine yang unik tidak selalu berupa barang. Kamu dan pasangan bisa menikmati Hari Valentine dengan mencoba pijat untuk berdua. Ini bisa jadi hadiah untuk pasangan yang bermanfaat. Apalagi kalau dia merasa letih dari pekerjaannya yang banyak.

Berdasarkan laman Mayo Clinic, pijat sendiri menawarkan khasiat untuk menurunkan stres dan menimbulkan perasaan rileks. Selain itu, rasa nyeri atau tegang di otot bisa diredakan selagi sirkulasi, energi, dan kewaspadaan tubuh dapat dipulihkan pula. Pijat juga diyakini dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan fungsi imun.Kamu juga bisa mencoba spa, pijat dari layanan daring, atau melakukannya sendiri dengan minyak pijat atau alat pijat.

3. Manikur dan Pedikur

Salah satu hadiah Valentine untuk cewek terbaik adalah paket perawatan kecantikan. Hadiah Valentine yang unik ini tidak hanya bisa dinikmati cewek saja. Cowok juga bisa lho mendapatkan perawatan bagi kebaikan dan kesehatan penampilan luarnya ini karena ada beberapa tempat yang memang menawarkan manikur dan pedikur untuk cowok.

4. Makan Malam Romantis

Ulangi kembali momen romantis saat pertama pacaran dengan mengadakan candle light dinner dengan pasangan. Hal ini pun bisa jadi hadiah untuk pasangan yang bagus jika kamu masih khawatir untuk makan di luar saat pandemi masih belum berakhir.

Buat yang cewek, kamu bisa memperlihatkan kemampuan memasakmu dan menjadikan hasil masakanmu sebagai hadiah Valentine untuk cowok terbaik yang pernah didapatkannya. Perhatikan dan seimbangkan pula gizi yang terkandung di dalam masakanmu supaya pasangan makin sayang dengan perhatianmu nantinya.

5. Kado Vitamin Valentine Jovee

Di masa pandemi ini, kesadaran orang-orang akan kesehatan mulai meningkat. Tak ayal bila minat terhadap berbagai produk kesehatan seperti suplemen dan vitamin meningkat. Di Jovee, kamu bisa nih memberikan pasangan hadiah berupa vitamin atau suplemen dalam hampers seperti Jovee Hampers New Normal Gift – Immunity Xtra (30), Stimuno & Blackmores Odorless Fish Oil (90) (Rp517.200).

Kado Valentine Jovee juga bisa dijadikan hadiah untuk saudara, teman, atau keluarga. Kamu bisa memilih vitamin apa saja yang kamu dan orang tersayang inginkan. Cek variasi kado vitamin Valentine kamu di sini.

Memang sudah sewajarnya kita menunjukkan kasih sayang kita kepada orang terkasih dengan memberikan hadiah. Tapi, ingatlah juga bahwa kado darimu tentunya akan makin spesial ketika ada nilai dan manfaat di dalamnya bagi yang pasangan.

Baca juga

Couple Workout di Hari Valentine, Manfaat dan Rekomendasi

Inilah 12 Suplemen Anti-Aging Terbaik

10 Suplemen yang Wajib Diminum dengan Makanan

Ingin berikan vitamin dan suplemen sebagai hadiah untuk saudara, teman, pacar, atau keluarga? Unduh aplikasi Jovee di Play Store atau App Store dan dapatkan vitamin rekomendasi terbaik! Dengan Jovee, kamu juga bisa melihat rekomendasi suplemen dari Tim Nutrisionis Jovee. Temukan berbagai vitamin asli dan terbaik, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.

Referensi

Pertanyaan Seputar Jovee

+

Apa itu Jovee?

+

Apa yang membuat Jovee berbeda dengan yang lain?

+

Apa saja metode pembayaran yang tersedia di Jovee?

+

Berapa lama pengiriman vitamin saya?

+

Apakah Jovee memberikan gratis ongkir?

Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Yuk, segera

Konsultasi Sekarang

Callback
Logo

Dapatkan Vitamin sesuai Kebutuhanmu dengan Konsultasi GRATIS lewat Nutrisionist kami

Konsultasi Sekarang

Jaminan Jovee untuk Anda

Icon

100% Original

Semua Produk yang kami jual terjamin keasliannya dengan kualitas terbaik.

Icon

Dijamin Lebih Murah

Kami menjamin akan mengembalikan uang dari selisih perbedaan harga.

Icon

Gratis Ongkir

Tak perlu antre. Kami kirim ke alamat Anda. GRATIS*

Artikel Terkait

gatal-karena-tungau

Gatal Karena Tungau, Atasi dengan Cara Ini

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-cacar-air-menular

Cacar Air: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kesehatan Lainnya   19/05/2022
apakah-paracetamol-bisa-untuk-sakit-kepala

Apakah Paracetamol Bisa Mengatasi Sakit Kepala?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-wasir-bisa-sembuh-sendiri

Benarkah Wasir Bisa Sembuh Sendiri?

Kesehatan Lainnya   18/05/2022
apakah-ketombe-makhluk-hidup

Ketombe: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kesehatan Lainnya   13/05/2022